Persamaan Serta Letak Jalur Soket Kiprok Honda Sonic 150 dan Supra GTR 150

Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi diblog dan channel youtube otomotif roda dua, kali ini kita akan ngomongin masalah kiprok Honda Sonic 150. mulai dari jalur kiproknya, posisi kiprok dan persamaan kiprok. Tapi sebelumnya gua mau minta bantuan lo ya bro, supaya lo subscribe channel dan blog sejeworks. Agar channel dan blog ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi, kiprok pada sepeda motor merupakan komponen elektrik yang sangat vital. Kerusakan pada kiprok akan mempenagruhi sistem penerangan lampu utama atau lampu depan dan sistem pengisian aki. Jadi aki akan cepat ngedrop, sehingga membuat motor tidak bisa dihidupkan sama sekali. Tapi seumpama motor bisa dihidupkan, tarikan motor akan berebet tidak ada tenaganya sama sekali. Karena sumber tenaga kelistrika dan pengapian motor berasal dari aki atau batrey.   

Letak Kiprok Honda Sonic 150

Mencari posisi kiprok Honda Sonic lumayan susah sebab posisinya berada diibawah box filter udara. Jadi harus melepas jok, cover body kanan kiri dan box filter udara, bagaimana ribet ngga bro. Tapi ya emang kono kahanane (memang begitu keadaannya) he…. Sing sabar bae (yang sabar saja) ya bro...

Persamaan dan Jalur Soket Kiprok Honda Sonic 150

Sonic 150 merupakan sepeda motor tipe ayago pabrikan Honda, motor ini telah menggunakan sistem injeksi untuk pengkabutan bahan bakarnya. Selain itu lampu depan, dan spidometer motor ini telah memakai LED, sementara untuk lampu sen dan lampu belakang masih menggunakan bohlam biasa. Sementar untuk jalur soket Honda Sonic hampir mirip dengan saudara – saudaranya seperti Honda Supra GTR 150, New CB150R LED dan CBR150R LED. Tapi dari keempat motor tersebut terdapat 2 model kiprok, yaitu 1600- K15-921 untuk Honda New CB150R dan New CBR150R. Sedangkan 31600-K56-N01 untuk Honda Sonic dan GTR 150, dari 2 kiprok ini sebenarnya jika dilihat secara fisik tidak ada perbedaan sama sekali. Yang membedakannya hanya kode part / angka pada bungkus kiprok, nah …. maka akan timbul pertanyaan apakah bisa saling substitusi alias saling pinjam satu sama lain ?. Sebenarnya kalau dipasang bisa tinggal plug and play, yang menjadi masalah apakah tidak ada kendala untuk sistem pengisian dan penerangan pada motor – motor tersebut.


Untuk pertanyaan diatas gua belum bisa menjawabnya ? Sebab terus terang gua ngga berani mengoplos kiprok motor diatas. Ada perbedaan kelistrikan antara kubu CBR150R LED, CB150R LED dengan kubu Sonic, GTR 150. Perbedaan tersebut terletak pada lampu sen dan lampu rem, jika CB, CBR menggunakan lampu LED sedangkan untuk Sonic, GTR menggunakan bohlam biasa. 

Berikut warna jalur kabel kiprok Honda Sonic 150:

Putih berasal dari kabel spul pengisian.

Hijau berasal dari kabel ground / massa.

Coklat / Putih kabel dari lampu depan.

Putih / Hijau berasal dari lampu dimmer spidometer dan lampu depan.

Merah / Hitam berasal dari kabel kunci kontak.

Merah / Putih berasal dari kabel sekring 20 ampere.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan, komen, like dan sharenya. 




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar