Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, awal november tahun 2020 Astra Honda Motor selaku ATPM (agen tunggal pemegang merk) melakukan launching Honda Scoopy terbaru. Motor matic yang dibekali mesin 110 cc ini, dibandrol dengan harga sekitar Rp 19.950.000, untuk model sporty dan fashion.
Sedangkan untuk model staylish dan prestige yang menggunakan kunci smart key dibandrol dengan harga Rp 20.750.000,- di Jabodetabek. Scoopy terbaru ini mempunyai banyak sekali perbedaan jika dibandingkan dengan Scoopy Donat tahun 2018, perbedaan itu meliputi mesin, kelisitrikan, rangka / sasis dan tampilan dari motor tersebut. Nah untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro.
Spesifikasi Honda Scoopy Tahun 2021
Dimensi Honda Scoopy Tahun 2021
Panjang X Lebar X Tinggi : 1.864 x 683 x 1.075 mm
Tinggi tempat duduk : 746 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.251 mm
Jarak Terendah Ketanah : 145 mm
Berat Kosong : 95 kg / 94 kg (tipe smart key)
Kapasitas Bensin : 4,2 liter
Mesin Honda Scoopy Tahun 2021
Tipe Mesin : 4 – langkah, SOHC dengan pendingin udara, esp
Volume Langkah : 109,5 cc
Symtem Bahan Bakar : PGM-FI
Diameter X Langkah : 47 x 63,1 mm
Tipe Transmisi : Otomatic, V-matic
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 6,6 kw (9 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum : 9,3 Nm (95 kgf.m / 5.500 rpm
Tipe Starter : Elektrik (smart key) / elektrik & kick starter (STD)
Tipe Kopling : Automatic Centrifugal Clucth Dry Type
Kapasitas Oli Mesin : 0,65 liter (penggantian periodik)
Rangka Honda Scoopy Tahun 2021
Tipe Rangka : Underbone – ESAF (enhanced smart architecture frame)
Ukuran Ban Depan : 100 / 90 – 12 59 J (tubless)
Ukuran Ban Belakang : 110 / 90 – 12 64 J (tubeless)
Tipe Rem Depan : Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Tipe Rem Belakang : Teromol
Sistem Pengereman : Combi brake System
Tipe Suspensi Depan : Telescopic
Tipe Suspensi Belakang : Swing Arm dengan suspensi tunggal
Kapasitas Bagasi : 15,4 Liter
Kelistrikan Honda Scoopy Tahun 2021
Sistem Pengapian : Full Transisterized
Tipe Aki : MF 12 V – 5 Ah
Tipe Busi : NGK MR9C -9N
Power Charger : USB 5 V 2,1 A
Konsumsi Bahan Bakar : 59 km / L (euro 3 iss On)
Akselerasi (0-200m) : 12,73 sec
Kecepatan Maksimum : 91,5 km / h (upright position)
Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy Tahun 2021
Ngomongin kelebihan dan kekurangan Honda Scoopy tahun 2021 ngga bakalan ada habis, sebab kalau sudah ngomong plus minus itu keselera masing – masing ya bro. Tapi secara garis besarnya dan menurut kami berikut kelebihan dan kekurangan Honda Scoopy Tahun 2021.
Kelebihan Scoopy Tahun 2021
Spidometer Canggih
Spidometer Scoopy tahun 2021 terbilang keren dan canggih, ada banyak informasi yang ditampilkan dari spidometer tersebut. Seperti penunjuk kecepatan yang masih menggunakan analog, jadi….. kesannya racing – racing gitulah. Sementara untuk signal lampu – lampu (lampu sen, lampu jarak jauh, lampu MIL, lampu ISS, ECO indikator) berbaris dibagian atas dari spidometer tersebut. Pada panel LCD spidometer terdapat odometer, indikator bahan bakar / bensin, jam, oil change dan tulisan Scoopy.
Lampu Depan LED
Sama dengan generasi sebelumnya, lampu depan Honda Scoopy menggunakan lampu LED yang secara otomatis sinar lampunya sangatlah terang jika dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. Keunggulan lain dari lampu LED ini yaitu sinar lampunya tidak akan berubah – ubah sesuai dengan bukaan grip gas, entah mau kecepatan tinggi ataupun kecepatan rendah. Sinar lampu depan akan tetap stabil, tapi lampu LED akan kurang maksimal saat melewati jalan berkabut dan hujan.
Tampilan Keren
Dari segi tampilan motor ini sangatlah cocok untuk nongkrong, sekolah atau bahkan kerja, akan ada banyak orang yang melirik motor ini saat diparkiran. So, buat lo yang mau meminang motor ini, harap berhati – hati dan memilih parkiran ya bro… Takutnya dipinjam sama orang yang tidak dikenal dan motor tidak kembali lagi.
Kunci Remote Smart Key
Untuk mencegah maling atau tindak kejahatan pihak pabrikan memberikan kunci smart key sebagai pengaman utamanya. Dengan memakai kunci smart key maka motor Scoopy terbaru tidak bisa dibobol, sebab dibutuhkan remote untuk memutar knob dan harus mengaktifkan ECU dan SCU terlebih dahulu. Tapi untuk model fashion dan sporty pada Honda Scoopy tahun 2021 masih menggunakan kunci kontak biasa / konvesional seperti Honda Scoopy donat generasi sebelumnya.
Charger HP
Mungkin jika dilihat dari acesoris charger HP, Honda Scoopy tahun 2018 hampir sama dengan tahun 2021 terbaru. Tapi ternyata ada perbedaannya bro, jika charger HP Scoopy tahun 2018 membutuhkan alat bantu connector sebelum menyambungnya ke kabel USB dan HP. Sedangkan untuk Scoopy tahun 2021 tidak memerlukan connector, jadi langsung colok saja pakai kebel USB tanpa harus membeli connector charger.
Bobot Ringan
Berat kosong dari Honda Scoopy terbaru tahun 2021 sekitar 94 kg, sedangkan berat Honda Scoopy donat tahun 2018 sekitar 99 kg. Nah…., ada perbedaan sekitar 5 kg dari berat kosong tersebut, untuk tarikan awal memang Scoopy tahun 2021 lebih enteng. Tapi urusan tenaga Scoopy donat lebih isi jika dibandingkan dengan Scoopy tahun 2021.
Kekurangan Scoopy Tahun 2021
Mahal
Bagi kebanyakan orang mendang – mending kaya gua, Honda Scoopy tahun 2021 terbilang mahal. Dengan mesin berpendingin udara paksa yang mempunyai volume cylinder 110 cm kubik, dibandrol dengan harga Rp 20.750.000, dan hampir mirip dengan harga Vario 120 remote terbaru yang bermesin 125 cc dengan pendingin liquid (cair / radiator).
Diamter Piston Kecil
Terus terang saja untuk urusan piston sebagai jantung mesin / pusat tenaga mesin, menjadi hal yang sangat mencolok bagi gua. Bagimana tidak Honda Scoopy 110 terbaru tahun 2021 dibekali piston dengan diameter 47 mm dengan pen piston 12 mm. Piston ini mempunyai ukuran yang sama dengan piston Honda C70 bro…. Lumayan Imut dan lucu kan bro ? Selain itu juga ukuran pen piston 12 mm, ini akan membuat pusing para modifikator knalpot mber gledek. Pusingnya lo bakalan susah mencari persamaan pen piston tersebut saat berniat untuk melakukan bore up ataupun ubahan didalam mesin.
Nah untuk lebih jelasnya, tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya ya bro… ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal wor… wor….
Komentar
Posting Komentar