Review Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy Terbaru Tahun 2021

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, awal november tahun 2020 Astra Honda Motor selaku ATPM (agen tunggal pemegang merk) melakukan launching Honda Scoopy terbaru. Motor matic  yang dibekali mesin 110 cc ini, dibandrol dengan harga sekitar Rp 19.950.000, untuk model sporty dan fashion.



 Sedangkan untuk model staylish dan prestige yang menggunakan kunci smart key dibandrol dengan harga Rp 20.750.000,- di Jabodetabek. Scoopy terbaru ini mempunyai banyak sekali perbedaan jika dibandingkan dengan Scoopy Donat tahun 2018, perbedaan itu meliputi mesin, kelisitrikan, rangka / sasis dan tampilan dari motor tersebut. Nah untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro.

 

Spesifikasi Honda Scoopy Tahun 2021

Dimensi Honda Scoopy Tahun 2021

Panjang X Lebar X Tinggi : 1.864 x 683 x 1.075 mm

Tinggi tempat duduk : 746 mm

Jarak Sumbu Roda         : 1.251 mm

Jarak Terendah Ketanah : 145 mm

Berat Kosong         : 95 kg / 94 kg (tipe smart key)

Kapasitas Bensin         : 4,2 liter

Mesin Honda Scoopy Tahun 2021

Tipe Mesin         : 4 – langkah, SOHC dengan pendingin udara, esp

Volume Langkah : 109,5 cc

Symtem Bahan Bakar : PGM-FI

Diameter X Langkah : 47 x 63,1 mm

Tipe Transmisi : Otomatic, V-matic

Perbandingan Kompresi : 10 : 1

Daya Maksimum : 6,6 kw (9 PS) / 7.500 rpm

Torsi Maksimum : 9,3 Nm (95 kgf.m / 5.500 rpm

Tipe Starter         : Elektrik (smart key) / elektrik & kick starter (STD)

Tipe Kopling         : Automatic Centrifugal Clucth Dry Type

Kapasitas Oli Mesin : 0,65 liter (penggantian periodik)

Rangka Honda Scoopy Tahun 2021

Tipe Rangka         : Underbone – ESAF (enhanced smart architecture frame)

Ukuran Ban Depan         : 100 / 90 – 12 59 J (tubless)

Ukuran Ban Belakang : 110 / 90 – 12 64 J (tubeless)

Tipe Rem Depan         : Cakram Hidrolik, Piston Tunggal

Tipe Rem Belakang : Teromol

Sistem Pengereman : Combi brake System

Tipe Suspensi Depan : Telescopic

Tipe Suspensi Belakang : Swing Arm dengan suspensi tunggal

Kapasitas Bagasi         : 15,4 Liter

Kelistrikan Honda Scoopy Tahun 2021

Sistem Pengapian : Full Transisterized

Tipe Aki                 : MF 12 V – 5 Ah 

Tipe Busi         : NGK MR9C -9N

Power Charger         : USB 5 V 2,1 A

Konsumsi Bahan Bakar : 59 km / L (euro 3 iss On)

Akselerasi (0-200m) : 12,73 sec

Kecepatan Maksimum : 91,5 km / h (upright position)

Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy Tahun 2021

Ngomongin kelebihan dan kekurangan Honda Scoopy tahun 2021 ngga bakalan ada habis, sebab kalau sudah ngomong plus minus itu keselera masing – masing ya bro. Tapi secara garis besarnya dan menurut kami berikut kelebihan dan kekurangan Honda Scoopy Tahun 2021.

Kelebihan Scoopy Tahun 2021

Spidometer Canggih 

Spidometer Scoopy tahun 2021 terbilang keren dan canggih, ada banyak informasi yang ditampilkan dari spidometer tersebut. Seperti penunjuk kecepatan yang masih menggunakan analog, jadi….. kesannya racing – racing gitulah. Sementara untuk signal lampu – lampu (lampu sen, lampu jarak jauh, lampu MIL, lampu ISS, ECO indikator) berbaris dibagian atas dari spidometer tersebut. Pada panel LCD spidometer terdapat odometer, indikator bahan bakar / bensin, jam, oil change dan tulisan Scoopy.    

Lampu Depan LED

Sama dengan generasi sebelumnya, lampu depan Honda Scoopy menggunakan lampu LED yang secara otomatis sinar lampunya sangatlah terang jika dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. Keunggulan lain dari lampu LED ini yaitu sinar lampunya tidak akan berubah – ubah sesuai dengan      bukaan grip gas, entah mau kecepatan tinggi ataupun kecepatan rendah. Sinar lampu depan akan tetap stabil, tapi lampu LED akan kurang maksimal saat melewati jalan berkabut dan hujan. 

Tampilan Keren

Dari segi tampilan motor ini sangatlah cocok untuk nongkrong, sekolah atau bahkan kerja, akan ada banyak orang yang melirik motor ini saat diparkiran. So, buat lo yang mau meminang motor ini, harap berhati – hati dan memilih parkiran ya bro… Takutnya dipinjam sama orang yang tidak dikenal dan motor tidak kembali lagi.

Kunci Remote Smart Key

Untuk mencegah maling atau tindak kejahatan pihak pabrikan memberikan kunci smart key sebagai  pengaman utamanya. Dengan memakai kunci smart key maka motor Scoopy terbaru tidak bisa dibobol, sebab dibutuhkan remote untuk memutar knob dan harus mengaktifkan ECU dan SCU terlebih dahulu. Tapi untuk model fashion dan sporty pada Honda Scoopy tahun 2021 masih menggunakan kunci kontak biasa / konvesional seperti Honda Scoopy donat generasi sebelumnya.  

Charger HP

Mungkin jika dilihat dari acesoris charger HP, Honda Scoopy tahun 2018 hampir sama dengan tahun 2021 terbaru. Tapi ternyata ada perbedaannya bro, jika charger HP Scoopy tahun 2018 membutuhkan alat bantu connector sebelum menyambungnya ke kabel USB dan HP. Sedangkan untuk Scoopy tahun 2021 tidak memerlukan connector, jadi langsung colok saja pakai kebel USB tanpa harus membeli connector charger. 

Bobot Ringan

Berat kosong dari Honda Scoopy terbaru tahun 2021 sekitar 94 kg, sedangkan berat Honda Scoopy donat tahun 2018 sekitar 99 kg. Nah…., ada perbedaan sekitar 5 kg dari berat kosong tersebut, untuk tarikan awal memang Scoopy tahun 2021 lebih enteng. Tapi urusan tenaga Scoopy donat lebih isi jika dibandingkan dengan Scoopy tahun 2021. 

Kekurangan Scoopy Tahun 2021

Mahal

Bagi kebanyakan orang mendang – mending kaya gua, Honda Scoopy tahun 2021 terbilang mahal. Dengan mesin berpendingin udara paksa yang mempunyai volume cylinder 110 cm kubik, dibandrol dengan harga Rp 20.750.000, dan hampir mirip dengan harga Vario 120 remote terbaru yang bermesin 125 cc dengan pendingin liquid (cair / radiator).

Diamter Piston Kecil

Terus terang saja untuk urusan piston sebagai jantung mesin / pusat tenaga mesin, menjadi hal yang sangat mencolok bagi gua. Bagimana tidak Honda Scoopy 110 terbaru tahun 2021 dibekali piston dengan diameter 47 mm dengan pen piston 12 mm. Piston ini mempunyai ukuran yang sama dengan piston Honda C70 bro….  Lumayan Imut dan lucu kan bro ? Selain itu juga ukuran pen piston 12 mm, ini akan membuat pusing para modifikator knalpot mber gledek. Pusingnya lo bakalan susah mencari persamaan pen piston tersebut saat berniat untuk melakukan bore up ataupun ubahan didalam mesin.

Nah untuk lebih jelasnya, tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya ya bro… ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang  menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal wor… wor…. 

Posting Komentar

0 Komentar