Suara Mesin Vario 125 dan Vario 150 Ngorok, Cek bagian Pulley Belakang

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, suara mesin ngorok dan kasar pada motor matic sering kali terjadi, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti bagian mesin piston, lifter tensioner, klep, noken as dan masih banyak lagi, selain itu bunyi mesin kasar juga bisa disebabkan oleh rumah roller oblag, bearing pulley, bearing blok cvt, bearing transmisi dan gear transmisi. Saking banyaknya penyebab suara mesin motor matic kasar, kadang bisa membuat salah prediksi penyebab dari suara kasar tersebut.

Untuk kali ini kita akan ngomongin penyebab suara kasar pada motor Honda Vario 125 dan Vario 150, jadi kalau kebetulan motor lo Honda Vario 125 dan Vario 150. Baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibagian bawah artikel ini suapay ada gambaran ya bro.. jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro.. Suara kasar atau ngorok pada Honda Vario 125 dan Vario 150 sering kali berasal dari bagian CVT, suara ngorok tersebut akan terdengar dengan jelas saat motor melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk memastikan sumber dari suara ngorok pada motor Honda Vario 125 dan Vario 150, bisa dilakukan pengecekan lebih detail.

 

Cara Mengecek Suara Kasar Pada Motor Vario 125, Vario 150

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengecek sumber suara kasar pada motor Vario 125 dan Vario 150 dengan membuka blok CVT, kemudian cek dengan cara memutar roda belakang. Apakah suara masih kasar atau ngorok? jika tidak maka sumber suara kasar tersebut berasal dari bearing blok CVT. Tapi kalau suara masih kasar, maka buka mangkok kopling untuk mengecek laher bambu atau laher pulley belakang.

Untuk membuka mangkok kopling bisa menggunakan flywheel holder dan kunci ring 19 mm, setelah itu lepaskan / tarik pulley belakang dan sampirkan / kesampingkan vbelt / van velt.

Kemudian putar roda belakang tanpa pulley belakang, perhatikan suara yang dihasilkan dari putaran roda tersebut. Jika suara putaran roda belakang kasar maka bisa dipastikan bearing dan gear transmisi aus atau rusak. Sebaliknya saat suara putaran roda belakang halus, lakukan langkah berikutnya dengan memasang pulley belakang tapi tanpa vbelt ya bro..

Putar roda belakang yang bagian as roda telah terpasang pulley belakang, jika timbul suara kasar. Penyebabnya berasal dari bearing bambu yang mempel pada pulley belakang, solusinya bisa dengan mengganti bearing bambu dan bearing 6200. Atau dengan mengganti driven face assy yang posisi bearing bambu dan bearing 6200 sudah menempel pada driven face tersebut.

 Cara Mengatasi Suara Kasar Pada Motor Vario 125 dan Vario 150

Dari penjelasan diatas maka bisa disimpulkan penyebab dari motor Vario 125 dan Vario 150 berasal dari bearing bambu pulley belakang dan bearing 6200. Solusinya bisa menggantinya dengan ketengan (hanya bearingnya saja) atau mengganti driven face assy, saran terbaiknya yaitu mengganti driven face assy. Sebab harga driven face assy tidak terlalu jauh dengan bearing bambu dan bearing 6200, driven face assy dibandrol sekitar Rp 150 ribu belum ongkos bongkar pasang, penggantian grease dan penggantian seal driven face. Sedangkan harga bearing bambu dan bearing 6200 dijual sekitar Rp 70 ribuan tergantung toko dan kualitas KW tersebut. Kok kualitas KW, iya bro … asal tahu saja AHM selaku ATPM Honda tidak menjual bearing bambu dan bearing 6200 secara ketengan. 

Nah itu grease CVT dan 4 seal driven face, apa wajib diganti ? Sebenarnya ngga juga tergantung duit konsumen juga bro. Kalau punya duit mending diganti, biasanya saat pembongkaran pulley belakang akan membuat grease CVT pada rembes.   

Nama Komponen CVT  Vario 125 dan Vario 150  

Pada motor matic bagian CVT secara garis besar mempunyai 3 bagian yaitu pulley depan, pulley belakang dan Vbelt (penghubung antar pulley). Sedangkan untuk pulley depan terdapat beberapa komponen yaitu, roller, rumah roller, bosh rumah rollet, plat rumah roller, pice slide, kipas cvt, ring dan mur 22 mm. Komponen motor matic bagian pulley belakang terdiri dari part – part seperti, kampas kopling, mangkok kopling, peer kopling, peer CVT, klip pengunci kampas kopling, plat kampas kopling, dudukan kampas kopling, driven face, drive face, seal driven face dan bearing pulley. Nah untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan jejak pada video berikut.




Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor….

Posting Komentar

0 Komentar