Ukuran Klep dan Stel Klep Honda CRF150L, CB150Verza, Verza 150 Serta Megapro New 150

Sejework – Salam oprex dan salam satu asphal, ukuran celah klep akan berubah – ubah sesuai dengan jangka waktu pemakaian atau lamanya motor dikendarai, hal inilah yang membuat diperlukannya pengecekan dan penyetelan celah klep secara berkala. Pengecekan ini dilakukan setiap motor yang telah melawati kilometer 4.000 dan kelipatannya, jadi ngga setiap bulan dilakukan penyetelan dan pengecekan klep. Selain itu suhu mesin saat akan dilakukan penyetelan klep sangat menentukan hasil akhir pada celah klep tersebut. Usahakan juga saat penyetelan klep menggunakan fuller guage sebagai patokan celah klep tersebut, bukan menggunakan feeling ya bro..

Fuller guage dijual banyak dipasaran dan biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 30 – 50 ribu untuk satu set fuller guage, dan fuller guage tersebut mempunyai banyak ukurannya mulai dari 0,5 mm, 0,10 mm, 0,15 mm, 0,20 mm, 0,25 mm dan sampai 10 mm. Jadi ngga semua fuller guage tersebut dipakai ya bro, ukuran fuller yang akan kita pakai in 0,10 dan ex 0,10. Hal ini berlaku untuk semua celah klep Honda CRF150L, Megapro New, Verza 150 dan CB150Verza, nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..

Cara Menyetel Klep Honda CRF150L, Verza150, CB150Verza dan Megapro New

Sebelum menyetel klep siapkan dulu peralatannya bro, seperti kunci T10, L kapet, fuller guage, kunci ring 10 mm, kunci L 6 dan shock 19 mm (kalau punya). Jika ngga punya kunci shock 19 mm, kita bisa mengakalinya dengan memutar roda belakang saat posisi gigi 5 untuk memutar magnet.

Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu melepas baut L pada magnet dengan menggunakan kunci L6, tujuannya sebagai lubang intip untuk melihat tanda T pada magnet.

Setelah itu lepas baud 10 mm pada koil dengan menggunakan kunci T10, kenapa koil dilepas ? Sebab koil akan bertabrakan saat kita melepas cover head cylinder. Selain itu saat melepas koil perhatikan plat dudukan baud 10, jangan sampai terjatuh kedalam mesin ya bro..

Langkah berikutnya gunakan kunci ring 10 mm untuk melepas baud tutup / tutup head cylinder, dibawah baud tersebut terdapat O ring. Jangan sampai hilang dan salah posisi pemasangan ya bro.

Setelah itu tarik keatas cover head cylinder dan hati – hati jangan sampai seal cover head cylinder sobek, jika mengalami kesulitan saat melepas cover head cylinder bisa menggunakan gagang palu untuk memukul cover head cylinder tersebut.

Selanjutnya dengan kondidi kunci kontak off masukan gigi 5, kemudian putar roda belakang secara perlahan untuk memposisikan kondisi TOP kompresi. Jika dibandingkan dengan anggota gank Honda yang lagi kita bahas, CRF150L tidak mempunyai standar tengah. Maka solusinya dengan memiringkan motor kearah kiri sampai posisi roda belakang terangkat dan putar roda tersebut.

Untuk mengetahui apakah piston sudah dalam kondisi TOP kompresi maka bisa dengan memperhatikan posisi rocker arm / tempalr pada bagian IN, jika templar In masuk kemudian keluar lagi. Maka sedikit putaran magnet / roda belakang akan membuat piston dalam konsisi TOP kompresi. 

Setelah itu pasang fuller guage diantara klep dengan rocker arm, ingat klep IN dan EX pada motor CRF150L and the gank mempunyai ukuran 0,10 mm dengan batas toleransi kesalahan 0,02. Jadi bisa distel 0,08 sampai 0,12 mm untuk klep IN dan EX, usahakan juga klep IN lebih rapet dari pada klep EX ya bro…

Nah biar lebih jelasnya, silahkan tonton ideo dibawah ini ya bro, dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribe ya… ya itung – itung lo bantuin channel ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphala selalu ya bro..  

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Assalamualaikum Bang... tutor nya dong bang... kalo ada suara aneh saat rpm tinggi disettingan 0.10, itu gmn ya bang... setting yang paling ideal apakah IN EX sama 0.8 titik aman apa perlu ada perbedaaan kerenggangan diantara IN EX? mksh jawabanya bang,,,

    BalasHapus