Warna Kabel Serta Cara Mengecek Jalur Kabel Fuel Pump BeAT FI dan Scoopy FI

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi di blog otomotif roda dua dan youtube channel sejeworks. kali ini kita akan ngomongin jalur fuel pump / pompa bahan bakar pada motor Honda BeAT FI, BeAT ESP, Scoopy FI, Scoopy ESP, Vario 110 FI, Vario 110 ESP, Vario 125, Vario 150 dan Spacy 110 FI. Jalur kabel fuel pump atau pompa bensin pada motor – motor tersebut mempunyai 4 jalur kabel, ada jalur kabel yang menuju ECU / ECM, sekring / fuse dan pelampung bahan bakar. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro. 

Fuel Pump BeAT FI, Scoopy FI dan Vario 125 Mati

Ada beberapa hal yang membuat fuel pump Honda BeAT FI dan Scoopy FI mati, tapi sebelumnya kita samakan dulu persepsinya ya bro. Yang kita maksud fuel pump mati yaitu kondisi dimana fuel pump / pompa bensin tidak berbunyi dengung, getar dan tidak menyemprotkan bahan bakar ke selang bahan bakar / bensin. Semenatara fuel pump lemah yaitu keadaan dimana kondisi fuel pump / pompa bahan bakar yang mempunyai tekanan bahan bakar yang lemah, lebih gampangnya semprotan pompa bensin kurang kenceng atau deras.

Fuel pump yang mati akan ditandai dengan tidak adanya suara dengung pada tangki bensin, tidak ada getaran dari tangki bensin dan tidak ada bahan bakar yang disemprotkan oleh pompa bensin. Pompa yang mati sering kali disebabkan oleh jalur kabel ke presure regulator putus, sekring FI putus dan rotak tersebut rusak. Sementara pompa bensin / fuel pump yang lemah akan disebabkan karena kotoran bahan bakar, filter bensin mampet dan rotak / presure regulator sudah malai rusak. Untuk mengetahui apakah pompa bensin / fuel pump mati atau lemah bisa dilakukan pengukuran tekanan bahan bkar dengan presure guage. Selain itu kita bisa juga mengecek jumlah tegangan listrik yang kan masuk ke pompa bensin / fuel pump, caranya bisa menggunakan avometer dan kabel jumper yang telah dipasang lampu sen / senja. 

Warna Kabel Pompa Bensin BeAT FI, Scoopy FI, Vario 125 dan Vario 150

Pompa bensin / fuel pump Honda BeAT FI dan Scoopy FI mempunyai 2 fungsi, yaitu pelampung bensin sebagai indikator jumlah bensin dan presure regulator / rotak sebagai pompa bahan bakar dari tangki bahan bakar (bensin) ke selang bahan bakar. Selain itu pada soketan  kabel body ke fuel pump mempunyai 4 jalur kabel, setiap kabel mempunyai warna dan fungsi yang berbeda – beda. Berikut warna kabel jalur pompa bensin Honda BeAT FI, Scoopy FI dan ganknya, yaitu kebel warna hitam / putih, coklat / hitam untuk jalur kabel rotak / presure regulator. Sedangkan kabel berwarna hijau / hitam dan kuning / putih untuk jalur kabel indiktor bensin / ampere bensin.

Pada kabel hitam / putih saat kunci kontak On terdapat arus listrik dengan tegangan sesuai dengan tegangan aki yaitu 12 volt, untuk kondisi aki yang masih baik sedangkan aki yang sudah soak tegangannya bisa dibawah 12 volt. Untuk mengukur tegangan listrik pada kabbel hitam / putih kita bisa menggunakan avo meter, taspen dc atau piting lampu sen, yang posisi positif tempelkan ke kabel hitam / putih. Sedangkan untuk massa / kabel negatif kita bisa menggunakan kabel hijau / hitam atau menempelkannya ke sasis. 

Tekanan Fuel Pump BeAT FI dan Scoopy FI

Pompa bensin / fuel pump secara kinerja hampir sama dengan pompa air, yang membedakannya yaitu zat yang disemburkan oleh pompa tersebut. Pompa bensin yang semburannya kenceng akan membuat pasokan bahan bakar tetap stabil, istilahnya tidak telat bensin / bahan bakar. Pada motor Honda BeAT FI dan Scoopy FI mempunyai tekanan fuel pump sekitar 300 kpa / 40 psi, sebenarnya angka tersebut adalah standar tekanan bahan bakar untuk semua motor injeksi Honda. Jika kurang dari 260 kpa maka bisa dipastikan tekanan pompa bensin telah lemah dan akan membuat motor tersendat – sendat saat digunakan. Nah, untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...   

Posting Komentar

0 Komentar