Jalur Box Sekring Honda BeAT Esp, Scoopy Esp, Beat eco dan Scoopy Donat

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi diblog dan channel otomotif roda dua yang membahas seluk beluk roda dua. Kali ini kita akan ngomongin jalur sekring, jalur relay, ukuran sekring, harga sekring dan penyebab sekring sering putus. Ok sebelum kita ngomong ngalor – ngidul, gua mau minta bantuan lo semua bro, untuk subscribe, like dan share dari artikel dan video dibawah ini. Agar blog dan channel youtube ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi, simpel bangetkan bro… ngga bikin lo tekor aki he… he…



Untuk kali ini kita akan lebih fokus ngomongin Honda BeAT esp, BeAT POP, BeAT ECO, Vario 110 esp, Scoopy esp dan Scoopy Donat, intinya keluarga Honda BeAT yang starternya halus ngga ada bunyi cetak… tak… Berarti untuk Honda BeAT injeksi starter kasar tidak termasuk dari jenis motor yang sedang kita bahas ya bro. Karena Beat FI starter kasar menggunakan 2 sekring seperti motor – motor karburator, ukuran sekring BeAT FI yaitu 15 ampere untuk sekring utama dan 10 ampere untuk sekring beban. 

Ukuran Sekring Lampu BeAT esp, BeAT POP, BeAT ECO, Scoopy esp dan Donat

Pada Honda BeAT esp dan ganknya mempunyai 5 sekring dan bahkan bisa lebih seperti pada Honda Scoopy donat yang menggunakan 7 sekring. Setiap sekring mempunyai fungsi dan ukuran yang berbeda – beda, seperti sekring / fuse 25 ampere untuk main (sekring utama). Selain itu ada sekring 10 ampere untuk sistem beban (klakson, lampu sen, lampu rem dan lampu senja) dan sistem pengapian . Sedangkan sekring 5 ampere untuk bagian ECU / ECM, backup, lampu depan dan acesoris.  

Sekring Lampu Honda BeAT Injeksi 

Pada Honda BeAT esp dan teman genknya mempunyai sekring yang berbeda – beda, kebetulan untuk bagian lampu depan motor tersebut menggunakan sekring 5 ampere. Yang berasal dari relay utama / iso micro kemudian dialirkan ke kabel warna hitam / merah, kabel hitam / merah tersebut akan menuju swith dimmer (saklar lampu jauh dan dekat). Kemudian akan dilirkan ke kabel putih ataupun hijau sesuai dengan posisi tombol dimmer tersebut.  

Sekring Honda BeAT Injeksi Sering Putus

Sekring yang sering kali putus terkadang disepelekan oleh para biker, banyak yang kurang peduli atau kurang tanggap jika sekring sering putus. Biasanya para biker hanya akan mengganti sekring putus tersebut dengan menggunakan sekring yang amperenya lebih besar, dan parahnya lagi sekring yang putus disambung dengan serabut kabel. Jadi sekring tersebut tidak akan bisa putus sama sekali, padahal fungsi sekring sendiri sebagai jembatan yang menyambung dan memutus arus listrik jika mengalami hubungan arus pendek. 

Sekring / fuse yang tidak bisa putus akan membuat arus listrik yang konslet atau korslet tetap menyambung, hingga akhirnya kabel akan terbakar dan ECU jebol alias rusak. Maka dari itu jangan sekali – kali menyambung sekring yang sering putus, sebab hal tersebut akan berakibat fatal bagi sepeda motor.     

Jalur Kabel Sekring / Fuse Honda BeAT Esp

Perlu diketahui pada box sekring Honda BeAT esp terdapat kabel besar dan kabel kecil, dimana kabel besar berwarna merah tersebut berasal dari aki secara langsung. Sedangkan kabel merah / hitam besar merupakan ouput dari relay yang menuju ke ECU, sementara untuk kabel kecilnya terdapat beberapa warna. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja lihat gambar dan tonton video dibawah ini ya bro, dan jangan lupa tinggalkan komen like dan sharenya.  

 1. Kabel gede warna merah berasal dari positif aki yang langsung menuju ke relay kaki 5 (relay starter), selain itu kabel warna merah besar tersebut menyambung juga ke sekring / fuse 25 ampere.

2. Kabel gede warna Merah / Hitam, kabel ini berasal dari relay kaki 5 (relay starter) yang menuju ke ECM / ECU.

3. Kabel Merah / Putih, terdapat sekring 5 ampere yang bertuliskan ECM / ECU.    

4. Kabel Hitam / Coklat, jalur kabel ini berasal dari sekring 10 ampere yang bertuliskan tail, horn. Pada sekring ini akan mengalirkan asrus listrik saat kunci kontak on, fungsi kabel ini sebagai sekring sistem beban seperti klakson, lampu rem, lampu senja dan lampu sen.

5. Kabel Hitam / Merah, pada jalur kebel warna hitam / merah terdapat sekring 10 ampere yang beruliskan headlight. Jalur kabel tersebut menuju lampu utama / lampu depan yang kemudian akan diubah fungsinya oleh swit dimmer lampu jarak jauh atau lampu jarak dekat.

6. Kabel Hitam / Putih, jalur kabel ini terdapat sekring 10 ampere dan terdapat tulisan ign, fuel pump. Kabel warna hitam / putih terdapat beberapa jalur kabel pada beberapa part / komponen yang terkait, seperti pompa bensin, coil dan injektor.

7. Kabel Hitam, jalur kabel warna hitam berasal dari kunci kontak yang terdapat pada relay kaki 4 dan relay kaki 5.

8. Kabel Hijau / Putih, terdapat pada relay kaki 4 yang berasal dari ECU / ECM. kabel tersebut berfungsi untuk mencari massa (-). Terkadang kabel hijau / putih sering disebut sebagai negatif ECM / ECU.

9. Kabel Kuning, terdapat pada relay kaki 5 yang terhubung langsung ke ECM.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya. Ya itung – itung lo banyuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan  salam satu asphal, selalu wor… wor...

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Mas kalo mau pasang lampu led lejenis proji biled. Bagusnya ambil arus positif dari mana biar lampu awet trimaksih..

    BalasHapus
  2. Mohon bantuannya . .. saya baru pasang lmpu projei BILED sya ambil dari kabel kunci kontak apakah aman . Mohon saranya.. agar lampu lednya lebih awet

    BalasHapus
  3. Kenapa kabel warnar hitam/coklat meleleh dmna masalahnya yg sebenarnya

    BalasHapus
  4. mas kalo beat street suka hilang 2

    BalasHapus
  5. mas mohon bantuan gimana cara mengatasi beat street yang bok sekring nya udah nggak ada

    BalasHapus
  6. Bang kalo sekring dipasang trus lampu nya nyala trus itu gimana ya??

    BalasHapus
  7. Mau tanya bang. Misal kbel hitam coklat hitan merah hitam putih gak ada arus saat kontak on. Apa yg harus dikerjakan

    BalasHapus