Ongkos Bongkar Serta Persamaan Komstir / Race Steering Kit Honda ADV 150 dan PCX 150

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin komstir atau race steering kit pada Honda PCX 150 dan ADV 150. Komstir atau biasa disebut sebagai kones, mempunyai istilah kerennya yaitu race steering kit, fungsi dari komstir sendiri sebagai bantalan penggerak dan penghubung antara segitiga shockbreaker depan dengan rangka / sasis. Komstir mempunyai beragam model tergantung fungsi dan tujuan motor itu sendiri untuk digunakan, apakah untuk kompetisi balap, dipakai harian dijalan asphal atau di jalan berlumpur ?. 



Komstir / race steering kit akan mengalami kerusakan/ keausan seiring dengan jangka waktu pemakain dari motor tersebut, selain itu jalan yang terjajal dan bergelombang akan memper cepat kerusakan pada komstir. Biasanya komstir akan mengalami kendala saat sepeda motor memasuki usia satu tahun pemakaian atau 12.000 km, jika diukur dengan menggunakan spidometer. Kendala yang umum terjadi yaitu komstir terasa berat / mbagel saat motor dikendarai, jadi serasa stang kemudi melawan dan susah dikendalikan. Jika kondisi motor lo seperti ini maka langkah penyelesaiannya bisa dilakukan penyetelan komstir atau pengendoran stelan komstir. Tapi penyetelan komstir yang terlalu longgar akan membuat bunyi cetak – cetok saat motor melakukan rem depan, jadi ada plus minusnya bro. Pada intinya saat penyetelan komstir harus benar – benat memakai feeling yang bagus, karena akan membuat 2 kemungkinan yang akan terjadi pada komstir.

Persamaan Komstir Honda PCX 150 dan ADV 150

Komstir Honda PCX 150 dan Honda ADV 150 menggunakan komstir GN5 sama seperti komstir motor Honda tipe bebek dan matic, jadi komstir GN5 biasa dipakai pada Honda BeAT, Scoopy, Supra dan masih banyak lagi. Tapi perlu digaris bawahi ada perbedaan pada komstir tersebut, letak perbedaannya ada pada dudukan /  pengikat peluru baja pada komstir bawaan Honda ADV 150 dan PCX 150. Dudukan peluru baja tersebut sangat berguna saat perakitan komstir, jadi ngga perlu khawatir peluru baja lompat atau tidak pas saat pemasangan. Selain itu saat pemasangan komstir tersebut kita tidak perlu khawatir jumlah peluru baja terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Jadi pada intinya komstir Honda PCX 150 dan ADV 150 menggunakan komstir GN5 yang biasany dibandrol sekitar Rp 98.000, untuk spare part original. Tapi saat pemasangan komstir tersebut pada bagian peluru baja bisa memakai dudukan pelor bawaan motor. Caranya cukup melepas pelor / peluru baja satu persatu dan menggantinya dengan peluru baja terbaru dari race steering kit GN5. Bagaimana jika tidak memakai dudukan pelor bawaan motor, tidak masalah bro tapi kita harus menata peluru baja dengan jumla yang benar seperti pada motor Honda BeAT, Supra dll.

Sebenarnya saat pemasangan lebih gampang menggunakan dudukan plastik pelor dari pada menatanya peluru baja tersebut seperti layaknya motor  Honda BeAT. Komstir / race steering kit yang pelornya terdapat dudukan plastik biasanya terdapat pada motor – motor Yamaha dan part komstir arter market / kw. Masalah komstir sudah sering banget kita bahas bro, jadi kali ini kita tidak akan membahas jenis – jenis komstir yang biasa dipakai pada sepeda motor. Silahkan buka video atau artikel lainnnya ya bro, kalau penjelasan komstir kurang jelas. 

Biaya Ganti Komstir Honda PCX 150 dan ADV 150 di Bengkel AHASS.

Nah, kalau sudah ngomongin biaya alias ongkos berarti kita akan ngomongin duit ya bro, he…. Sebenarnya kalau sudah membahas ongkos bongkar pasang kayaknya kurang yakin bro, sebab ada banyak faktor mengenai harga / ongkos pengerjaan bongkar pasang komstir Honda PCX 150 dan ADV 150. Pertama masalah lokasi bengkel, besar kecilnya bengkel dan masih banyak lagi, tapi kita akan gebug rata saja ya bro. Untuk biasanya penggantian komstir Honda PCX 150 dan ADV 150 dibengkel AHASS wilayah JABODETABEK sekitar   Rp 150 ribu. Jadi total biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 300 ribuan dengan perincian sebagai berikut :

Komstir / Race Steering Kit Rp 98.000,

Grease / Pelumas padat Rp 20.000,

Ongkos bongkar pasang Rp 150.000,

Supaya lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro, tapi jangan lupa bantu gua dengan like, share dan subscribenya. Agar channel dan blog sejeworks ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep, riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...      

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Kok dicirebon harga komstir 450'an ya?

    BalasHapus
  2. Sebelum lebaran 2022 di tawarin ahass ganti komstir 270rb sudah sama masang, eh kemaren tgl 2 010 2022 jadi 400rb

    BalasHapus