Penyebab dan Ciri – Ciri Bosh Klep, Payung Klep dan Pelatuk Klep Rusak atau Aus

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi diblog dan channel Youtube otomotif roda dua yang mengupas seluk beluk sepeda motor. Mulai dari trobel, spare part, tutorial bongkar pasang dan review sepeda terbaru, ok untuk kali ini kita akan ngomongin masalah klep rusak dan komponen terkait lainnya. Seperti payung klep, bosh klep dan pelatuk klep rusak, tapi sebelumnya bantu gua dengan like, komen dan share. Klep, bosh klep dan payung klep adalah komponen yang saling terkait, rusaknya satu spare part tersebut kadang akan membuat komponen lainnya ikut rusak. Sebab komponen – komponen tersebut langsung bersinggungan atau bergesekan satu sama lainnya, gesekan antar komponen yang terjadi dalam waku yang lama akan membuat part tersebut menjadi aus / terkikis. Pada mesin sepeda motor secara kontruksi umumnya terdapat komponen seperti payung klep, bosh klep, rocker arm, peer klep dan noken as. Pada setiap artikel serta video dari blog dan channel youtube kami, nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro...

Payung Klep Aus atau Rusak

Ada banyak faktor yang membuat payung klep menjadi rusak dan aus, seperti rantai mesin / keteng yang kendor sehingga piston dan klep bertabrakan. Batang klep yang mbaret dan terkikis, tapi hal ini jarang sekali kecuali payung klep yang terkikis karena sering kali dilakukan skir klep dan bongkar mesin. Payung klep yang rusak parah akan membuat kompresi menjadi bocor, biasanya payaung klep seperti ini terjadi karena benturan keras sehingga payung klep menjadi bengkok.

Sementara klep yang terkikis / mbaret karena termakan umur cukup sulit untuk mengetahui kerusaknnya, sebab payung klep akan terlihat seperti tidak ada kerusakan. Tapi jika dilihat lebih teliti, pada batang klep, payung klep dan ujung batang klep. Akan terdapat bekas lecet / mbaret pada bagian – bagian klep tersebut. Untuk memperbaiki payung klep yang rusak lumayan susah bahkan kayaknya jarang yang melakukan perbaikan jika klep / payung klep rusak. Sebab ada banyak kendala yang bisa terjadi setelah mesin selsai dirakit, kendala tersebut seperti mesin ngebul putih, bocor kompresi dan suara mesin menjadi kasar.

Oleh sebab itu banyak para mekanik yang lebih mengganti klep yang rusak dengan klep terbaru, karena biasanya membuat kerjaan menjdi 2 sampai kali bongkar mesin. Hal tersebut lumayan melelahkan dan membuang banyak waktu tenaga, pikiran, duit.  

Pelatuk Klep Rusak

Pelatuk klep atau rocker arm (RRA) alias piano klep dan masih banyak lagi sebutannya, platuk klep adalah part yang berfungi untuk meneruskan gerak putaran  noken as menjadi tekanan atau dorongan dari adjuster alias baud stelan klep ke batang klep. Platuk klep yang rusak biasanya disebabkan karena oli mesin tidak naik kebagian head cylinder sehingga tidak ada pelumasana pada platuk klep dan noken as. Pada paltuk klep terdapat baud stelan klep / adjuter klep yang sering kali aus / terkikis karena benturan antara adjuster dengan batang klep. Benturan ini sebenarnya hal biasa karena sistem kerjanya, tapi yang menjadikannya cepat rusak sering kali disebabkan karena ukuran celah stelan klep yang terlalu renggang / longgar.

Bosh Klep Rusak

Bosh klep atau bushing klep merupakan salah satu part yang sering banget mengalami kerusakan, bosh klep biasanya rusak saat sepeda motor menginjak 5 tahun. Tapi hal ini jangan dijadikan patokan ya bro, karena banyak juga sepeda motor lebih dari 10 tahun tidak mengalami masalah dengan bosh klep. Bosh klep yang oblag akan membuat suara mesin menjadi menggelitik, saat mesin mulai panas dan saat gas digeber / diblayer. 

Untuk mengetahui kerusakan pada bosh klep lumayan susah – susah gampang bro, susahnya kalau kondisi mesin belum dilakukan pembongkaran. Sebab suara mesin menggelitik bisa berasal dari banyak faktor seperti stelan klep kendor, piston, keteng dan klep sedikit menambrak piston. Cara gampang untuk mengetahui bosh klep rusak, yaitu dengan melepas semua peer klep dan seal klep. Jadi biarkan payung klep terpasang setengahnya pada head cylinder dan gerakan secara perlahan payung klep ke sisi kanan dan kiri. Bosh klep yang rusak akan membuat payung klep bisa bergerak ke kanan dan kekiri. 

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro.




Akhir kata dari gua, tetap keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphal selalu. Wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar