Penyebab Serta Akibat Oli Mesin Bercampur Dengan Air Radiator Pada Honda Vario 125 dan Vario 150

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi di blog dan channel youtube otomotif roda. Untuk kali ini kita akan ngomongin penyebab air radiator yang bercampur dengan oli mesin, dan akibat yang terjadi jika air radiator bercampur dengan oli mesin. Tapi sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu gejala air radiator bercampur dengan oli mesin, nah untuk lebih jelasnya baca artikel kali ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibagian bawah artikel ini ya bro. Jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro… ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel youtube ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Sebenarnya artikel ini bersifat umum bro, bisa terjadi pada motor – motr yang menggunakan pendingin liquid (cair / radiator), tapi karena yang jadi bahan video motornya Honda Vario 125. jadi gua harus menyesuaikan antara artikel dan video supaya singkron he… Tapi untuk gejala, penyebab dan akibat air radiator bercampur dengan oli mesin ini bisa terjadi pada motor Yamaha Jupiter MX, Yamaha Vixion, Yamaha NMAX, Honda Vario 150 dan Masih Banyak lagi.

Gejala Air Radiator Bercampur dengan Oli Mesin

Lampu Indikator Suhu Menyala Merah, menjadi gejala pertama yang akan terjadi jika air radiator telah berkurang volumenya. Nah, jika motor lo mengalami hal seperti ini harus sigap dan waspada, sebab jika dibirakan saja tanpa adanya perbaikan maka akan merembet ke komponen mesin lainnya.

Air Radiator Cepat Habis

Setelah lampu indikator menyala merah akan diberangi dengan air radiator yang habis, kemudian dilakukan pengisian air radiator / coolant. Entah pada bagian radiator utama atau pada reservoir (tangki cadangan), jika setelah dilakukan pengisian coolant / air radiator dalam waktu yang tidak lama coolant kembali habis. Maka hal ini sebagai kemungkinan air radiator bercampur dengan oli mesin, untuk mengecek hal tersebut. Bisa dilakukan dengan cara memperhatikan apakah ada tetesan air radiator / coolant saat kondisi motor parkir, jika ada tetesan air radiator yang terdapat dilantai maka penyebab kemungkinan besar air radiator tidak bercampur dengan oli mesin. Tapi jika tidak ada air radiator / coolant yang menetes dilantai, maka kemungkinan air radiator bercampur dengan oli mesin.   

Takaran Oli Mesin Bertambah Banyak

Biasanya kondisi oli mesin yang bercampur dengan air radiator, akan membuat kaget para biker saat ganti oli mesin. Sebab oli mesin tersebut akan bertambah banyak dan berubah warna menjadi ke hijau – hijauan atau malah berwarna seperti susu creamer. Jika kebetulan kondisi oli mesin motor lo sudah seperti ini, maka cepet – cepatlah perbaiki. Karena akan sangat berpengaruh kebagian mesin bro, dari segi keawetan mesin atau umur mesin.

Penyebab Air Radiator Bercampur dengan Oli Mesin

Sebenarnya yang menyebabkan air raditor bercampur dengan oli mesin berasal dari seal machanical dan seal oli pada waterpump, kedua seal tersebut berfungsi sebagai pembatas dan penjaga air radiator / coolant bocor serta bercampur dengan oli mesin. Untuk mengatasi hal ini maka bisa dilakukan penggantian kedua seal tersebut pada water pump, cuman yang sering menjadi masalah yaitu waterpump mengalami retak dan pecah saat proses bongkar pasang seal tersebut. Semisal waterpump tidak pecah, air radiator biasanya akan kembali bocor dan ujung – ujungnya menggantinya dengan waterpump assy. 

Akibat Air Radiator Bercampur dengan Oli Mesin 

Pelumasan Kurang Maksimal

Oli mesin yang seharusnya melumasi mesin secara maksimal, akan mengalami penurunan kualitas pelumasan karena air radiator ikut bercampur dengan oli mesin. Sehingga gaya gesek antar komponen / part yang ada didalam mesin akan menjadi besar, akibatnya akan mempercepat kerusakan pada komponen yang ada didalam mesin.

Suara Mesin Kasar

Seperti penjelasan diatas berkurangnya kualitas pelumasan pada oli mesin akan mempercepat kerusakan pada komponen – komponen yang ada didalam mesin, hal ini akan ditandai dengan timbulnya suara kasar / noise pada mesin sepeda motor.

Nah, untuk lebih jelasnya tonton saja video dibawah ini ya bro, tapi jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro. Ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini agar bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua, tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...

Posting Komentar

1 Komentar