Stang Goyang dan Oblag, Ini Cara Paling Gampang Menyetel Komstir Honda Genio

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, lama tidak nongol diblog khusus yang membahas dunia otomotif roda ini. Pada pehujung tahun ini kita akan ngomongin yang ringan – ringan saja ya bro, seperti stang kemudi yang goyang dan oblag. Kebetulan kali ini kita akan ngomongin cara menyetel komstir Honda Genio, nah jika kebetulan motor lo Honda Genio maka baca dan tonton video ini sampai selesai ya bro. Tapi sebelumnya gua mau minta bantuan lo supaya subscribe, like, share dan komennya, ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini agar bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Nah untuk lebih singkatnya langsung saja check it dot ya bro…


Kenapa Harus Dilakukan Penyetelan Komstir

Sebelum kita melakukan penyetelan komstir atau malah penggantian komstir, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu. Stelan komstir bagaimanakah yang pas dengan dengan keadaan stang kemudi motor lo, check langsung bro..

Setang Kemudi Terasa Kaku / Goyang

Jika kondisi stang kemudi motor lo terasa goyang dan susah dikendalikan maka bisa dilakukan stel kendor pada komstir lo, cara ini cukup berefektif jika motor baru berumur 1 tahun atau kilometer 10.000. tapi jika sudah diatas 20.000 atau 2 tahun. Sebaiknya dilakukan penggantian komstir, agar sesuai dengan kondisi awal sepeda motor.

Setang Kemudi Bunyi Cetak – Cetuk

Bunyi stang cetak – cetuk saat dijalan berlunbang / terjal dan saat melakukan rem depan secara mendadak. Sering kalii diakibatkan karena stelan komstir terlalu longgar, sehingga ada banyak jarak antara peluru baja dengan mangkok komstir. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan penyetelan komstir dengan mengencangkan (puter kanan) stelan komstir tersebut.   Tapi jika stelan komstir dikencangkan membuat stang menjadi goyang / gregel, maka harus dilakukan penggantian komstir.

Cara Menyetel Komstir Honda Genio

Sebelum kita melakukan penyetelan komstir, kita persiapkan terlebih dahulu peralatan ya bro. Seperti palu, obeng min, obeng plus, ring 10mm dan kunci T10, jika semua kunci telah siap langsung saja kita eksekusi ya bro.

Langkah pertama lepas plat nomor, untuk masalah baud plat nomor setiap motor kayaknya beda – beda ya bro, tergantung pemiliknya menggunakan baudnya. Tapi biasanya yang digunakan baud 10 mm, maka kunci yang digunakan kunci ring 10 mm.

Setelah itu gunakan obeng plus untuk melepas 4 baud cover / baud cacing yang berada dibagian samping belakang dari cover lampu depan. 

Kemudian lepaskan dudukan plat nomor dengan menggunakan kunci T 10mm.

Langkah selanjutnya lepaskan 2 clip pengunci cover lampu depan yang posisinya berada dibagian bawah dari dekat dengan shock depan. Cara melepas clip tersebut dengan mendorong kedalam bagian tengah clip dan dorong semua clip keluar dari cover lampu depan tersebut.

Jika baud plus, baud 10mm dan clip cover sudah terlepas semua, maka langkah selanjutnya melepas cover lampu depan dengan cara menariknya kearah depan. Tapi perlu diingat ya bro, saat menarik cover tersebut harus dilakukan secara hati – hati. Jangan sampai cover tersebut rusak atau patah, sebab harganya lumayan mahal bro he… he…

Langkah pamungkas yaitu melakukan stel komstir, cara getok bagian stelan komstir secara tegak lurus dengan menggunakan obeng min dan palu. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu stelan apakah motor yang akan distel komstirnya, apakah stelan kenceng atau malah stelan kendor. 

Jika sudah dilakukan penyetelan komstir bisa dilakukan test drive, agar mengetahui hasil penyetelan tersebut.

Nah, untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.  

Posting Komentar

0 Komentar