Cara Ganti Vbelt dan Roller Pada Motor Matic Honda BeAT Sesuai SOP

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, dijaman serba cepat dan sesak ini. Segala sesuatunya akan berorientasi pada kemudahan dan kecapatan, seperti halnya sepeda motor. Para pabrikan sepeda motor berlomba – lomba membuat motor matic, yang cara pemakainnya lebih simpel, untuk menghadapi jalanan perkotaan yang serba macet. Banyak para pengguna motor bebek dan motorsport beralih ke motor matic, selain gampang mengendarainya juga banyak barang bawaan yang bisa dibawa. Dari jas hujan, sendal jepit, toolkit, buku – buku dan bahkan laptop, hal ini berbanding terbalik dengan motorspot yang apa – apanya susah untuk membawa barang.    

Pada artikel kali ini kita akan ngomongin cara merawat dan mengganti Vbelt sesuai dengan SOP dari pabrikan sepeda motor terutama Honda, karena yang menjadi bahan mator matic Honda BeAT esp. Memangnya ganti vbelt ada yang tidak memakai SOP ? Oooo … banyak banget bro. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengganti vbelt, mulai dari ganjel baud, getok – getok pakai palu dan memakai tool khusus. Untuk mengurangi basa – basi, baca saja artikel ini sampai selsai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro.   

Cara Merawat Vbelt Motor Matic

Pada umumnya perawatan vbelt dilakukan saat motor mulai menempuh 8.000 km atau bisa dikatakan setiap 4 bulan sekali. Perawatan tersebut bisa dilakukan dengan cara melepas vbelt roller dan membersihakan semua komponen CVT, dari debu, oli mesin, grease dan zat – zat lainnya. Untuk membersihkan komponen CVT bisa menggunakan angin spray gun, air sabun dan bensin. Jika dibersihkan dengan bensin dan air, usahakan semua komponen tersebut disprot dengan angin spray gun. Agar tidak ada sisa – sisa air ataupun bensin yang menempel pada part – part CVT.   

Selain itu bisa juga menggunakan cairan CVT Cleaner, cara ini terbilang sangatlah simpel tidak perlu melakukan pembongkaran pada komponen – komponen CVT. Yang perlu kita lakukan hanya menyemprotkan cairan tersebut ke vbelt, pulley depan dan pulley belakang. Jadi cara seperti ini bisa langsung dilakukan oleh biker’s dirumah, yang kebetulan tidak mempunyai alat – alat untuk membuka CVT. 

Cara Ganti Vbelt dan Roller Motor Matic Sesuai dengan SOP

Ada banyak cara untuk mengganti vbelt, tapi karena kita sedang ngomongin cara menganti vbelt sesuai dengan SOP dari pabrikan. Maka semua peralatan yang digunakan sesuai dengan standar pabrikan ya bro, bukan pakai baud atau gear belakang yang telah dimodifikasi dan masih banyak lagi.

Langkah pertama untuk mengganti vbelt dan roller yaitu melepas blok CVT, kunci yang digunakan bisa memakai T8 mm.

Setelah itu pasang fly wheel holder pada mangkok kopling dan kendorkan mur 19 mm dengan menggunakan kunci ring / shock 19 mm.

Langkah berikutnya pasang universal holder pada kipas pulley depan, kemudian gunakan kunci ring / shock 22 mm untuk melepas mur pulley depan.

Jika kedua mur 19 mm dan mur 22 mm telah terlepas, maka part – part dibagian pulley dan pulley belakang bisa dilepas satu persatu.

Kemudian periksa part – part pada bagian pulley depan dan pulley belakang, jika mengalami keausan atau kerusakan sebaiknya lakukan penggantian pada part tersebut. 

Susun roller pada rumah roller dengan arah yang sama, kemudian pasang bosh rumah roller dan plat rumah roller dengan kondisi pice slide yang seret. Jika kondisi pice slide longgar, biasanya akan membuat suara motor menjadi tok – tok.

Kemudian pasang vbelt, ring pulley bagian depan dan kipas pulley depan. 

Selanjutnya pasang gear pinion, ring pulley dan mur 22mm, jangan lupa torsi kekencangan dari mur tersebut sekitar 59 newton. Alat yang digunakan bisa memakai universal holder dan kunci shock 22mm 

Pasang pulley belakang dan kencangkan mur 19 mm dengan torsi 49 newton. 

Supaya lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal wor.. wor...

Posting Komentar

0 Komentar