Cara Mencegah dan Penyebab Ulir Busi Basah Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin oli mesin yang masuk keruang bakar, sehingga membuat ulir busi menjadi basah oli mesin. Ada banyak sekali penyebab oli mesin masuk keruang bakar sehingga membuat ulir busi menjadi hitam dan basah. Selain itu akibat yang disebabkan dari oli mesin yang masuk ke ruang bakar, yaitu motor menjadi ngebul, oli mesin cepat habis, motor sering mati – matian, suara mesin kasar dan masih banyak lagi. Nah, untuk mempersingkat waktu baca artikel ini sampai selesai dan  jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro.    

Penyebab Ulir Busi Basah

Ada banyak penyebab ulir busi menjadi basah dan setiap motor mempunyai penyebab yang berbeda – beda ya bro. Untuk mengetahui apa saja penyebab dari ulir busi basah, bisa dilihat  saat kita melakukan perawatan berkala. Seperi penggantian oli mesin dan kuras air radiator, untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas ya bro.

Busi Basah Oli Mesin

Kondisi busi yang basah oli mesin akan membuat banyak sekali masalah jika tidak segera diperbaiki,seperti oli mesin cepat habis, mesin terasa sangat panas, motor sering mati – matian, suara motor kasar dan motor menjadi ngebul. Selain itu penyebab dari busi yang basah oli mesin juga lumayan banyak bro, tapi ngga semua penyebab tersebut terjadi pada setiap sepeda motor. Untuk memastikan penyebab dari oli mesin yang masuk keruang bakar dan membuat busi menjadi basah oli mesin, harus dilakukan pembongkaran dan pengecekan pada komponen – komponen terkait. Jadi ngga bisa asal tebak saja, tanpa dilakukan pembongkaran mesin atas terlebih dahulu.    

Busi Basah Bahan Bakar / Bensin

Busi yang basah bensin biasanya disebabkan karena stelan throthel body atau karburator terlalu boros, akibatnya campuran bahan bakar dengan udara tidak ideal. Perbandingan bahan bakar ideal pada sepeda motor, sekitar 1:15 kurang lebihnya. Tapi pada kenyataannya dan pada umumnya perbandingan bahan bakar dengan udara pada motor – motor injeksi, sekitar 1:14 dengan rincian 1 gram bahan bakar bercampur dengan 14 gram udara. Sedangkan pada motor – motor karburator mempunyai campuran bahan bakar sekitar, 1:13 atau bahkan bisa kurang dari itu. Jadi secara otomatis, motor karburator lebih boros jika dibandingkan dengan motor – motor injeksi. Bahan bakar terlalu boros akan membuat ulur busi basah bensin dan gosong kerak karbon, jadi ngga semua busi yang basah disebabkan karena dari oli mesin. Untuk membedakannnya bisa dengan melihat asap knalpot dan bau dari ulir busi tersebut.    

Busi Basah Air Radiator

Penyebab selanjutnya dari ulir busi basah air raditor, kasus seperti ini hanya terjadi pada motor – motor yang menggunakan pendingin air radiator. Air radiator yang masuk keruang bakar disebabkan oleh beberapa hal, seperti paking head cylinder rusak, head cylinder mlengkung dan blok cylinder mlengkung. Untuk masalah seperti ini sudah sering kali kita bahas ya bro, jadi silahkan baca postingan gua yang lainnya. 

Penyebab Ulir Busi Basah Oli Mesin

Ada banyak faktor yang menyebabkan ulir busi basah oli mesin, seperti ring piston lemah, piston / seher mbaret, blok cylinder mbaret, seal klep rusak dan batang klep lecet. Untuk mengetahui penyebab utamanya, kita harus melakukan bongkar mesin atas. Bukan hanya menerka – nerka atau menebaknya, nah untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro. Dan jangan lupa tinggalkan, komen, like, share dan subscribenya bro…. Ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.





Akhir kata dari gua, tetep keep riding noa rogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. 

Posting Komentar

0 Komentar