Honda BeAT Injeksi Starter Mogok Mendadak dan Berkedip 7 Kali, Ini Cara Mengatasinya

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali para bro semua dari mas bro dan mba bro yang kebetulan mau mampir di Blog dan Channel Youtube otomotif yang membahas dan fokus pada sepeda motor roda dua. Untuk special kali ini kita akan ngomongin Honda BeAT Injeksi starter kasar, ya biasa juga disebut sebagai BeAT injeksi generasi pertama. Kebetulan motor BeAT starer kasar yang sedang kita bahas mempunyai banyak trobel / masalah pada sistem kelistrikannya, sehingga motor tersebut dalam keadaan mogok saat dibawa ke bengkel. Selain itu lampu indikator injeksi atau biasa dikenal lampu MIL, berkedip – kedip sebanyak 7 kali. Dengan pola kedipan pendek sebanyak 7 kali, jadi jika ada error pada sistem injeksi. Lampu MIL akan berkedip dengan pola kedipan pendek dan kedipan panjang, nah untuk mengetahui berapa jumlah kedipan motor tersebut silahkan baca artikel – artikel terdahulu dari blog ini. Karena kita tidak akang membahas kedipan MIL, jadi ngga ada remidi pelajaran aja ya bro… he… he….

Sebenarnya trobel / masalah seperti ini juga bisa terjadi pada Honda BeAT ESP, BeAT eco, Scoopy Donat dan Scoopy Esp. Tapi untuk masalah spul magnet / sensor CKP, ada perbedaan trobel / masalahnya ya bro. Pada Honda BeAT Injeksi starter kasar yang berwarna putih ini, mengalami banyak sekali kendala bro, padahal malam sebelumnya motor ini tidak ada masalah sama sekali. Dipakai kerja, beli galon, beli gas, beli batagor dan masih banyak lagi he…, tapi pagi harinya motor tiba – tiba mogok dan anehnya lagi lampu injeksi atau lampu MIL. Yang posisinya berada dispidometer menyala berkedip – kedip, hal ini aneh, benar – benar aneh he… Jika kebetulan motor lo seperti diatas maka baca sampai selesai artikel ini dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro.

Penyebab Honda BeAT FI Mogok Secara Mendadak dan Lampu MIL Berkedip

Untuk mengetahui penyebab Honda BeAT injeksi mogok secara mendadak, kita bisa melihatnya dari jumlah kedipan lampu injeksi. Sebab setiap ada kerusakan pada sistem injeksi, lampu MIL akan berkedip untuk memberi tahu kepada biker’s. Bahwa motor mengalami kondisi abnormal atau ada kerusakan. Setelah mengetahui jumlah kedipan MIL, langkah selanjutnya memeriksa jalur kabel sensor yang berkedip tersebut. Cukup dengan melihat sekilas saja, terkadang kita akan menemukan penyebab dari kedipan lampu MIL tersebut. 

Kebetulan pada motor ini kabel sensor suhu atau sensor EOT (engine oil temperature), putus karena digigit tikus. Sehingga lampu MIL akan menyala sebanyak 7 kali kedipan pendek, untuk mengatasi hal ini caranya sangatlah mudah. Yaitu dengan menyambung kebel sensor EOT, kemudian melakukan reset ECU atau ECM. Putusnya kebel EOT pada Honda BeAT tetap akan membuat motor bisa hidup, tapi terkadang agak susah saat dinyalakan pertama kali.

Berarti Honda BeAT injeksi yang kebetulan mogok ini bukan berasal dari sensor EOT, besar kemungkinan berasal dari sensor standar samping dan sensor CKP (spul pulser). Sebelum kita melakukan pengecekan satu persatu, kita akan melakukan pengecekan pada busi dan kabel koil terlebih dahulu. Jika saat kunci kontak On, kemudian dilakukan engkol kick starter dan lakukan pengecekan busi. Apakah ada api yang dipantikan / pletikan dari busi ? Kalau tidak ada percikan api, coba lepas cangklong busi untuk memeriksa percikan api dari koil. Jika masih tidak ada api yang dipercikan dari koil, maka besar kemungkinan penyebabnya bisa berasal dari swit standar samping dan spul pulser / ckp. Dari 2 penyebab busi tidak memercikan api, terdapat gejala yang berbeda. Jika penyebabnya berasal dari swit standar samping, maka pompa bensin mendengung, busi tidak dipercikan dari koil / busi dan sistem starter tidak akan bekerja atau tidak ada respon sama sekali saat elektrik starter dipencet.

Sementara jika penyebab hilangnya sistem pengapian pada Honda BeAT FI, berasal dari spul pulser / ckp. Saat kunci kontak On, pompa bensin / fuel pump mendengung, koil tidak memercikan api dan sistem elektrik starter bekerja secara normal (dinamo starter berputar). Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam operx dan salam satu asphal selalu wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar