Motor Matic, Ini Cara Memperbaiki Engkolan yang Tidak Mau Balik Saat Diselah

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, balik maning (kembali lagi) diblog dan channel youtube otomotif yang khusus membahas sepeda motor roda dua. Mulai dari review motor – motor terbaru, tutorial bongkar pasang, trobel perbaikan dan masih banyak lagi. Untuk kali ini akan ngomongin masalah yang sering banget terjadi pada motor – motor matic, yaitu kick starter atau engkolan alias selahan yang sering banget tidak balik saat dipakai. Nah, jika kebetulan motor lo mengalami hal seperti ini maka baca artikel ini sampai selsai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro. Tidak lupa tinggalkan jejak dengan like, komen, share dan subscribenya ya bro..   

Penyebab Kick Starter Tidak Mau Balik 

Sebenarnya penyebab kick starter pada motor matic yang tidak balik atau macet, disebabkan oleh karat dan debu yang menempel pada pinion kick starter dan kawat pinion. Pergerakan pinion starter yang seharusnya lancar, akan terhambat oleh kawat pinion starter yang berkarat. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya sangatlah mudah, cukup dengan melumasi oli mesin atau grease pada kawat pinion dan pinion kick starter. Mudah bangetkan bro, tapi untuk melakukan hal ini semua, kita harus membongkar atau melepas blok CVT. 


Peralatan yang digunakan yaitu kunci T8 mm, jika kebetulan motor yang diperbaiki tersebuat, Honda BeAT, Scoopy, Spacy dan Vario 125. Cara seperti ini juga bisa dipakai pada motor – motor Yamaha, tapi untuk kunci untuk membuka blok CVT biasanya ada tambahannya ya bro. Tinggal menyesuaikan sepeda motornya, kadang ada kunci L5, obeng plus dan masih banyak lagi.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memperbaiki Kick Starter Seret

Sering kali saat memperbaiki kick starter yang serer dan macet, para biker melepas kawat pinion starter dan membenggang (melonggarkan) kawat tersebut. Hal ini mungkin mempunyai tujuan yang baik, tapi akan mengakibatkan masalah dilain waktu. Sebab kawat pinion starter yang terlalu longgar, akan membuat kawat tersebut lepas. Kalau sampai kawat pinion lepas maka akan membuat banyak kemungkin, yang pertama menempel pada mur pulley depan sehiingga membuat suara krek – krek. Selain itu kawat pinion starter yang lepas, juga membuat pulley depan tidak bisa bergerak (terkunci) dan mematahkan dudukan stopper kawat yang blok CVT tersebut. 

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar