Penyebab Motor Matic Ngejim Tidak Bisa Diengkol dan Starter Macet

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, motor matic yang tiba – tiba mogok mendadak dan diengkol keras / ngejim adalah sesuatu banget. Bagaimana tidak kaget bro, padahal ngga ada angin ngga ada hujan, motor yang lagi kendarai tiba – tiba bergerak lambat dan mogok tidak bisa dihidupkan. Kemudian kita starter berkali – kali motor tidak mau hidup, kemudian kita mencoba dengan mengengkol / slah. Tapi ternyata kick starter terasa keras banget dan tidak bisa bergerak sama sekali. Jika kebetulan motor lo mengalami hal seperti ini maka besar kemungkinan berasal dari piston yang tidak bisa bergerak / ngancing dengan blok cylinder.  

Pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin penyebab motor matic ngejim dan cara mengatasi atau memperbaiki motor yang ngejim. Nah, untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini sampai selesai ya bro. Jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya, ya … itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Supaya ngga bertele – tel langsung saja check it dot ya bro..  

Penyebab Motor Matic Ngejim atau Diengkol Keras Banget

Ada banyak sekali penyebab motor matic yang ngejim bro, mulai dari hal yang paling ringan dan paling berat cara memeperbaikinya. Kebetulan kita akan mulai dari hal – hal yang ringan dulu ya bro, penyebab motor matic ngejim. Berikut penyebab motor matic ngejim, langsung saja di cek satu persatu ya bro.

Kawat Kick Starter Lepas

Hal yang paling ringan yaitu kawat kick starter yang menempel pada pinion starter terlepas, sehingga menempel pada kipas dan pinion starter akan mengganjal mur pulley depan. Akibatnya pulley depan tidak bisa diputar sama sekali, sehingga motor tersebut tidak bisa dihidupkan dengan distarter elektrik dan kick starter. Untuk mengetahui penyebab motor matic ngejim harus dilakukan pembongkaran pada bagian CVT, kemudian memutar puley depan. Jika pulley depan bisa diputar berarti tidak ada masalah sama sekali, tapi kalau pulley depan macet saat diputar maka besar kemunginkan piston ngancing / ngejim.

Kawat kick starter yang terlepas dari gear pinion biasanya disebabkan karena posisi kawat terlalu renggang, posisi kawat yang renggang terjadi bisa karena disengaja atau karena sering kali dilakukan kick starter. Kawat kick starter yang terlepas dari gear pinion, kadang membuat dudukan gear pinion menjadi patah dan mur pulley depan menjadi kendor. 

Klep Tambrakan

Benturan pada klep dan piston akan membuat motor menjadi ngejim dan kick starter menjadi macet, kondisi klep dan piston yang bertabrakan sebenarnya jarang banget terjadi.  Terutama pada motor – motor standar pabrikan yang tidak melakukan modifikasi mesin, tau masih original semua. Penyebab dari klep dan piston yang bertabrakan sering kali disebabkan karena tensioner yang telah rusak parah dan salah posisi saat memasang keteng / rantai mesin. Pemasangan keteng harus memperhatikan posisi top kompresi. Untuk masalah top kompresi sudah pernah gua kupas tuntas setajam silet baru beli ya bro, jadi silahkan baca artikel gua sebelumnya.

 Overheating

Penyebab overheating pada sepeda motor matic bisa bermacam – macam, seperti kehabisan oli mesin dan kehabisan air radiator. Gejala overheating biasanya akan ditandai dengan suhu mesin yang panas banget, motor sering mati saat mesin panas, suara mesin kasar. Pada motor berpendingin radiator, lampu indikator suhu akan menyala merah. Akibat overheating yang pali parah pada sepeda motor, akan membuat motor tersebut ngejim dan piston tidak akan bisa digerakan ke posisi TMA dan TMB. 

Oli Mesin Habis

Kasus yang sering kali terjadi pada motor – motor matic, selalu diakibatkan karena kehabisan oli mesin. Bisa karena telat penggantian oli mesin atau karena motor ngebul putih, untuk menggurangi kemungkinan oli mesin habis. Bisa dilakukan penggantian oli mesin secara berkala, setaip 2 bulan atau 2000 km sekali. Tapi jika kebetulan motor lo ngebul putih maka segera perbaiknya, tapi bisa juga dilakukan penggantian oli mesin setiap 1 minggu sekali.  

Cara Memperbaiki Motor Matic Ngejim dan Tidak Bisa Diselah

Untuk memperbaiki motor yang ngejim dan tidak bisa diselah harus dilakukan bongkar mesin total, serta dilakukan penggantian part – part seperti piston kit, blok cylinder (bisa dilakukan korter / oversize), paking top set jika motor motor matic dan connecting rod / stang seher. Harga stang seher assy  yang lumayan mahal, sekitar Rp 500 ribuan untuk motor Vario 150, Vario 125 dan BeAT esp. Jadi kadang kita akali dengan melepas piston secara paksa dari connecting rod, cara seperti ini lumayan beresiko merusak part – part terkait. Jika tanpa dilakukan bongkar mesin total, nah untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro. Jangan lupa tinggalakan komen, like, share dan subscribenya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada video ini.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormatio para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor...  

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mantap gan, tp alangkah lbh baiknya kalo disertai video awalan pas bongkar mesinnya, terus dikasih liat part2 yg rusak karena kehabisan oli ini, baru dilanjut pemasangan komponen2 semuanya, gitu gan, itu aja saran dari ane ya gan.

    Keep up the good work, salam 1 aspal. πŸ€œπŸΎπŸ€›πŸΎ

    BalasHapus