Penyebab serta Solusinya, Kode MIL 11 dan 12 Honda BeAT Injeksi, Scoopy, Vario 125

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali diblog dan channel otomotif yang fokus ke sepeda motor roda dua. Untuk kali ini kita akan ngomongin masalah kedipan lampu pada motor injeksi, atau biasa disebut sebagai kedipan MIL. Pada motor – motor injeksi jika terdapat error / kerusakan pada sistem injeksi, sepeda motor akan memberitahu biker’s lewat sinyal lampu yang berkedip – kedip dispidometer. 

Kebetulan kali ini kita akan ngomongin kedipan MIL 11 dan 12 pada motor Honda BeAT injeksi, entah itu starter kasar dan esp. Masalah seperti ini bisa terjadi pada Honda Scoopy injeksi, Vario 125, Vario 150, Vario 110 injeksi dan PCX 150. Nah, untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada video tersebut. Agar gua cepet meresponnya, ok langsung saja check it dot ya bro…

Penyebab Kode Mil 11 Pada Motor Honda BeAT Injeksi, Scoopy dan Vario 125

Kode MIL 11 yang berkedip pada Honda BeAT esp, Scoopy esp, Vario 125, Vario 150 dan PCX 150, biasanya disebabkan dari sensor kecepatan yang posisinya berada digearbox transmisi / gardan. Sensor ini bekerja mengukur kecepatan as roda belakang, yang motor – motor tersebut kebanyakan menggunakan sistem esp untuk elektrik starternya. Berbeda dengan motor – motor yang menggunakan gear box (gigi nanas), yang menggunakan gaya mekanis untuk memutar spidometer. Motor yang menggunakan sensor kecepatan, lebih mengandalkan tenaga listrik sebagai sumber tenaga dan penyalur signal dari sensor.

Pada motor – motor yang menggunakan sensor kecepatan sering kali akan mengalami masalah jika kabel yang menuju sensor, kabel tersebut akan memutus sinyal kecepatan dari sensor yang kemudian dikirimkan langsung ke spidometer dan ECU. Putusnya kabel dan rusaknya sensor kecepatan akan membuat kedipan 11 pada motor Honda BeAT injeksi, Vario 125, Vario 150 dan PCX 150.

Penyebab Kode MIL 12 Pada Motor Honda BeAT Injeksi, Scoopy dan Vario 125 

Kode MIL 12 pada Honda BeAT injeksi adalah kode kedipan yang berasal dari sensor injektor, sensor ini berfungsi untuk mengkabutkan bahan bakar yang kemudian akan bercampur dengan udara segar dimanifold. Hingga akhirnya bensin yang dikabutkan tersebut akan terbakar oleh percikan api dari busi. Biasanya kode mil 12 disebabkan karena kabel sensor injektor putus, sehingga ECU tidak bisa memberi perintah ke injektor untuk menyemprotkan dan mengkabutkan bensin. 

Kode MIL 12 akan mengakibatkan pompa bensin tidak bekerja, busi tidak memercikan api dan injektor tidak menyemprotkan bahan bakar. Selain itu sensor injektor yang rusak, juga akan membuat kedipan mil 12. Tapi hal ini sangat jarang terjadi, kerusakan pada sensor injektor akan diawali dengan lubang injektor menjadi mampet. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalakan komen, like, share dan subscribenya ya bro..




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.   


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Om mau tanya kode mil 12 pas cek kabel injektor gak putus..
    Itu apa ada yg konslet di bagian soket atau injektornya??

    BalasHapus