Posisi Top Kompresi serta Cara Stel Klep Honda Genio, BeAT LED dan Scoopy 2021

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, pengecekan dan penyetelan klep sepeda motor dianjurkan oleh pabrikan setiap 4000 km. Ya setidaknya 1 tahun sekali lah bro, untuk melakukan penyetelan dan pengecekan kerenggangan klep. Untuk menyetel kerenggangn klep, harus mengetahui ukuran celah klep yang dianjurkan pabrikan. Maksudnya kerenggan klep, usahakan sesuai dengan spesifikasi dan batas celah yang diberikan oleh pabrikan. Selaku pembuat dari motor tersebut, sebab setiap sepeda motor yang telah dikeluarkan oleh pabrikan akan melewati reset & development terlebih dahulu. Jika kebetulan menyetel klep tidak menggunakan spesifikasi dari pabrikan, hal ini sah – sah saja jika telah melakukan perubahan / modifikasi pada bagian mesin. Seperti merubah sudut seating klep, merubah derajat noken as, merubah diameter payung kelp dan masih banyak legi. 


Kebetulan kali ini kita akan ngomongin cara menyetel klep, ukuran celah klep dan cara mencari top kompresi Honda BeAT LED, Genio dan Scoopy 2021. Jadi kalau kebetulan motor lo salah satu dari ketiga motor tersebut, maka baca sampai selesai dan tonton video dibawah ini sampai selesai ya bro. Tapi jangan lupa tinggalkan jejak ya bro, bisa berupa like, komen, share dan susbcribenya. Ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini agar bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Ok langsung saja check it dot ya bro...

Celah Klep BeAT Injeksi, Genio dan Scoopy 2021, Supaya Tarikan Enteng

Sebelum kita melakukan penyetelan klep sebaiknya cari tahu terlebih dahulu ukuran celah klep dari Honda Genio, BeAT LED dan Scoopy 2021. Dari ketiga motor tersebut celah klep IN 0,08 mm dan celah klep EX yaitu 0,25 mm, dengan batas toleransi kesalahan +/- 0,02 mm. Dari angka diatas akan dibulatkan menjadi 0,10 mm dan 0,25 mm, tapi usahakan pada klep IN. Diberi celah stelan yang agak seret, sementara untuk klep EX diberi celah klep yang agak longgar. Agar memperoleh tenaga yang maksimal, ya… lebih gampangnya tarikan menjadi lebih plong dan enteng.

Usahakan kondisi mesin dalam kondisi dingin, agar hasilnya maksimal dan mengurangi slek  / baud rusak. Untuk menyetel klep Honda BeAT LED, Genio dan Scoopy 2021 diperlukan beberapa alat. Diantaranya kunci T10 mm, fuller guage, L kapet / L adjuster, obeng plus dan kunci T8. Masalah yang sering kali terjadi setelah melakukan stel klep, yaitu seal head cylinder terjepit, sehingga oli mesin bocor. Jadi hati – hati ya bro, waktu memasang cover head cylinder agar tidak menimbulkan masalah lain. 

Cara Menyetel Klep Honda BeAT LED, Genio dan Scoopy 2021

Langkah pertama untuk menyetel klep Honda BeAT LED, Genio dan Scoopy 2021 yaitu, melepas cover Head Cylinder dengan menggunakan kunci T10 mm.

Selanjutnya mencari titik Top Kompresi, caranya dengan melakukan kick starter secara perlahan sambil memperhatikan posisi platuk klep In. Jika posisi platuk klep / rocker arm masuk ke dalam, kemudian posisi platuk keluar. 

Maka akan terjadi posisi Top Kompresi, untuk benar - benar memastikan Top kompresi agak berbeda dengan motor – motor matic Honda generasi sebelumnya. Caranya dengan melihat tanda coakan pada pinggir kipas magnet.

Setelah itu lakukan penyetelan klep dengan ukuran celah In 0,08 dan celah Ex 0,10.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro, jika ada pertanyaan langsung komen di video tersebut, supaya respon gua lebih cepat,





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor...      

Posting Komentar

0 Komentar