Biaya serata Cara Memperbaiki Oli Mesin yang Rembes pada Motor BeAT LED, Genio & Scoopy

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali diblog otomotif roda dua yang fokus membahas masalah kelistrikan motor, mesin sepeda motor, review motor – motor terbaru dan masalah – masalah pada sepeda motor. Kebetulan artikel kali ini kita akan membahas masalah oli mesin yang rembes ke bagian CVT, dan kebetulannya lagi motor yang akan kita bahas yaitu Honda Genio, BeAT LED dan Scoopy tahun 2021. Ketiga motor tersebut mempunyai basic mesin yang sama, jadi bisa dibilang beti (beda tipis) ya bro. Oli mesin yang rembes ke bagian CVT akan mengakibatkan banyak masalah, seperti slip kopling, geter / gredeg dan kehabisan oli mesin. Nah, kalau sudah kehabisan oli mesin, ini yang paling bahaya bro. Sebab langsung berpengaruh ke bagian mesin, piston / seher bakalan ceket atau ngancing.



Penyebab oli mesin rembes pada motor Honda BeAT LED, Genio dan Scoopy 2021, biasanya paling sering terjadi karena rusaknya seal CVT depan dan O – ring CVT depan. O – ring yang mekar dan seal cvt yang rusak akan menyebabkan oli mesin masuk ke dalam CVT. Untuk O – ring bisalah kita akanlin dengan menggunakan seal tape atau memakai lem mesin (three bond, silicone red dan sejeninsnya. Semantara untuk bagian seal CVT depan, mau ngga mau harus menggantinya dengan menggunakan seal CVT baru. Kode seal CVT depan Honda Genio, BeAT LED dan Scoopy 2021 yaitu 91202K0JN01 dengan ukuran 19.5 X 31.5 X 6 yang dibandrol sekitar Rp 11.500. sedangkan O-ringnya dibandrol sekitar Rp 3000, dengan kode 91307K0JN00.              

Biaya Memperbaiki Oli Rembes Pada Honda BeAT LED, Genio dan Scoopy 2021

Sebelum kita ngomongin duit he… he… desclaimer dulu ya bro, harga dibawah adalah estimasi bisa dikatan gebug ratanya ya bro.. Semisal ada perbedaan harga bisa disebabkan karena letak bengkel, penggunaan spare part dan masih banyak lagi. Ok untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro..

Nama Barang / Jasa Kode Part Harga

Seal CVT depan 91202K0JN01 11.500,

O – ring 91307K0JN00 3.500,  

Ongkos Bongkar Pasang 50.000,


Cara Memperbaiki Oli Mesin Rembes Pada Honda Genio, BeAT LED & Scoopy

Sebelum kita memperbaiki oli mesin yang rembes ke bagian CVT, kita persiapkan terlebih dahulu peralatannya bro. Seperti kunci tang, T8, T10, kunci L5, Universal Holder, kunci shock 22, Flywheel Holder dan kunci shock / ring 19 mm, jika semuanya sudah komplit langsung saja kita sikat ya bro.

Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu membuka blok CVT dengan menggunakan kunci T8 dan L5.

Kemudian lepas pulley depan dengan menggunakan kunci universal holder dan shock 22 mm, untuk  mempermudah pekerjaan bisa juga melepas pulley belakang dengan menggunakan kunci ring / shock 19 mm dan fly wheel holder.

Setelah itu gunakan kunci T10 untuk melepas baud 10 yang berada didepan blok CVT depan, selanjutnya jepitkan tang pada sisi blok cover tersebut dan tarik keluar blok cover CVT depan.

Maka blok cover CVT depan akan terlepas dengan mudahnya.

Langkah selanjutnya lepas o – ring blok cover CVT dan seal CVT depan, caranya cukup mencongkelnya dengan menggunakan obeng min kecil atau stelan angin.

Jika seal CVT depan dan o – ring telah terlepas, maka pasang seal CVT depan dan oring yang baru. Untuk o-ring sebenarnya masih bisa kita akalin dengan menggunakan three bond atau silicone red, jika kebetulan tidak mempunyai oring tersebut.

Pasang kembali cover blok CVT depan ke crank case, pastikan juga pin dowel dan pegas / peer yang berada berada pada crank case, tidak hilang ataupun jatuh.

Pasang kembali baud 10 yang terdapat ring tembaga pada cover blok CVT depan.

Setelah itu rakit kembali part – part pulley depan dan pulley belakang.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like, share.





Akhir kata dari gua, tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar