Cara Ganti Seal As Pulley Belakang Motor, BeAT Karbu, BeAT Injeksi, Spacy, Scoopy & Vario

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin seal CVT belakang pada motor – motor matic Honda. Seperti BeAT karbu, Scoopy Karbu, BeAT injeksi, Spacy, PCX 150, Vario 110 , Vario 125 dan Vario 150, yang kebetulan menggunakan seal cvt / seal pulley belakang yang mempunyai kode yang sama. Seal CVT belakang yang rusak akan membuat oli gardan pada motor matic menjadi bocor, kalau oli gardan bocor lewat seal CVT belakang maka akan membuat motor menjadi  selip kopling. Penyebabnya dari mangkok kopling dan kampas kopling yang basah oleh oli gardan, sehingga mengurangi gesekan antara kampas kopling dan mangkok kopling. Selain itu oli gardan yang bocor tanpa ada upaya perbaikan akan membuat pelumasan pada bagian transmisi menjadi tidak masksimal, alhasil suara kasar dan gesekan antara gear transmisi menjadi sangat terasa. Jangka panjangnya akan cepat merusakan gear transmisi dan bearing transmisi, nah untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton videonya dibagian bawah dari artikel ini.

Seal CVT belakang atau biasa disebut sebagai seal as CVT belakang dan kadang dipanggil sebagai seal pulley belakang, adalah seal yang berfungsi sebagai pembatas antara CVT adan bagian tranmisi / gardan. Dimana bagian CVT tidak boleh basah oleh grease, oli mesin dan oli gardan, seal CVT belakang berada tepat melingkari as pulley belakang.  Jadi As pulley belakang berada dalam dua ruangan yaitu sisi CVT dan sisi transmisi, pada bagian sisi dalam gardan terdapat gear yang menyambung ke gear – gear transmisi / gardan. Jadi seal CVT belakang ini berfungsi sebagai pembatas oli gardan agar tidak masuk ke dalam CVT.

Untuk mengetahui seal cvt belakang rusak atau tidak caranya dengan melihat blok CVT, biasanya dibagian belakang dan sisi paling bawah dari blok CVT terdapat oli yang menetes. Oli yang menetas dibagian blok CVT bisanya dari dua kemungkinan ya bro, bisa dari oli mesin bocor dari seal CVT depan. Bisa juga dari oli gardan yang bocor karena seal CVT belakang rusak, atau malah kedua seal CVT depan dan seal CVT belakang rusak.    

Ukuran Seal CVT Belakang

Kebetulan untuk seal CVT belakang pada motor Honda matic mempunyai ukuran yang sama yaitu 20 x 32 x 6 dengan kode 91202-KJ9-003. Untuk masalah harga seal CVT belakang dibandrol sekitar Rp 10.000, yang mahal ongkos pasangnya bro, bisa sampai 50 ribuan. Selain itu jika dilakukan penggantian seal CVT belakang, usahakan dibarengi dengan penggantian oli gardan. Sebab seal CVT belakang yang rusak akan membuat takaran / volume oli gardan berkurang, sehingga sistem pelumasan didalam transmisi menjadi tidak maksimal. 

Cara Mengganti Seal As Pulley Belakang

Sebelum kita melakukan penggantian seal as CVT belakang, kita persiapkan terlebih dahulau peralatannya ya bro. Seperti kunci T8, flywheel holder, kunci ring 19 mm, stelan angin dan palu.

Langkah pertama yang kita lakukan yaitu melepas blok CVT dengan menggunakan kunci T8, untuk melepas semua baud 8 mm yang menempel pada blok CVT tersebut.

Setelah itu gunakan flywheel holder untuk mengganjal mangkok kopling supaya tidak ikut memutar, saat kita akan mengendorkan dan melepas mur 19mm.

Kalau mur 19 mm sudah terlepas, maka langkah selanjutnya kita bisa melepas mangkok kopling dan pulley belakang.

Jika seal CVT belakang rusak kita bisa melihat pada sisi bagian bawah seal tersebut, seal CVT belakang yang rusak akan terlihat remesan oli gardan.

Untuk melepas seal CVT belakang yang rusak kita bisa menggunakan stelan angin / obeng min kecil, caranya cukup mencongkel seal CVT belakang pada bagian sisi luar (dekat dengan crankcase).

Kanapa ngga sisi dalam ?, sebab jika yang dicongkel pada sisi dalam sering kali membuat lecet as pulley belakang.

Setelah seal CVT belakang terlepas, kita bisa membersihkan CVT dari debu dan bekas oli gardan, usahakan sampai benar – benar bersih. 

Jangan sampai ada debu atau butiran pasir yang menempel pada as pulley belakang tersebut.

Pasang seal pulley belakang yang baru dengan melumasi terlebih dahulu sisi luar seal dengan menggunakan grease / gemuk. Untuk memasang seal CVT belakang, kita bisa menggunakan seal CVT yang rusak sebagai media pukul.

Usahakan seal CVT belakang terpasang rata dengan crankcase, tidak usah terlalu dalam.

Selanjutnya pasang semua komponen – komponen CVT yang tadi kita lepas ya bro.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, komen, share dan subscribenya ya bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding noa rogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal, selalu wor… wor...

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Terima ksh mas bro yg tlh memberikan tutorial yg sngt bermanfaat bagi sy sbg pomula

    BalasHapus