Cara Menyetel Ketinggian Lampu Depan Honda BeAT Karbu, BeAT FI, Revo 110, Supra X 125 FI dan Supra X 125 Karbu

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, ok bro untuk kali ini kita akan ngomongin masalah  sistem penerangan. Tapi kita akan membahas yang ringan – ringan saja ya bro, yaitu cara menyetel lampu depan Honda BeAT karburator, BeAT injeksi, Spacy karbu, Spacy injeksi, Supra X 125 karburator, Revo 110 karbu Supra X 125 injeksi dan masih banyak lagi. Kebanyakan motor – motor  yang menggunakan lampu utama / lampu depan model konvensional, mempunyai cara yang sama untuk menyetel ketinggian lampu tersebut. Hanya bermodalkan kunci ring / pas 8 mm, kita bisa melakukan penyetelan lampu utama / lampu depan dengan mudahnya. 




Sebelum kita melakukan penyetelan lampu depan / lampu utama pada sepeda motor, sebaiknya kita bahas dulu prinsip kerja dari stelan lampu tersebut. Kebanyakan motor – motor bebek dan matic yang menggunakan bohlam pijar biasa, mempunyai cara yang sama untuk meninggikan dan merendahkan sorot lampu utama. Terdiri dari reflektor utama yang terdapat mur dan baud 8 mm dengan ulir 6, reflektor tadi akan menempel pada cover depan atau cover kepala (tergantung motornya).   

Lampu Motor Terlalu Keatas

Pada setiap sepeda motor terdapat baut untuk menyetel lampu depan, baud tersebut bisa digeser – geser jika sinar lampu terlalu keatas ataupun terlalu kebawah. Jika baut setaln lampu terlalu keatas akan membuat cahaya lampu terlalu naik, sehingga bukan jalan raya yang disinari tapi wajah orang lain. Hal ini cukup membuat bikers tidak nyaman dan kurang aman untuk mengendarai motor tersebut. 

Posisi Baut Setelan Lampu BeAT, Revo dan Supra X

Posisi baut setelan lampu depan pada sepeda motor, biasanya berada dibagian bawah dari reflektor lampu tersebut. Baut bawaan motor biasanya berukuran 8 mm dan ulirnya beukuran 6 mm, tapi jika lo menemukan baut tersebut menggunakan baut kembang (+). Berarti sudah dilakukan penggantian pada baut stelan lampu tersebut tersebut, jadi cara menyetelnya menyesukan dengan pemakaian baud tadi   

Cara Mengatur Ketinggian Lampu Motor

Untuk mengatur ketinggian lampu depan pada motor – motor yang menggunakan lampu depan biasa (bohlam), bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan menggunakan kunci ring / pas 8, langkah pertama yang haruus dilakuakn untuk meminggikan dan merendahkan sorot lampu depan. Yaitu dengan mengendorkan baud 8 pada bagian bawah lampu dengan memakai kunci ring 8mm, kemudian dorong reflektor lampu kearah belakang jika ingin menurunkan cahaya lampu tersebut. Sebaliknya jika ingin menaikan sorot lampu bisa dilakukan dengan mendorong kearah depan reflektor lampu. Cari posisi yang paling pas dari  reflektor lampu tadi, jika dirasa sudah pas kencangkan kembali baut 8 mm.

Nah, biar lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalakan, komen, like, shaare dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar