Review Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX 160 Tahun 2021

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali diblog otomotif yang paling kece menurut bini gua he… kali ini kita akan ngomongin kelebihan dan kekurangan Honda PCX 160 tahun 2021. Setelah AHM mengeluarkan Honda CBR150R facelift dengan body yang menyerupai kakaknya yaitu Honda CBR250RR, 3 minggu kemudian AHM mengeluarkan PCX 160 sebagai penjegal Yamaha NMAX. Banyak perubahan yang dilakukan oleh pabrikan yang bermarkas di Sunter ini, seperti mesin yang dirubah total dengan diamter piston yang lebih besar. Secara otomatis cc mesin pun ikut bertambah, selain itu sistem pengerman juga mendapat sentuhan. Dimana untuk PCX 160 tipe ABS telah dibelakali kontrol traksi, wih… sudah mirip – mirip moto GP bae. 

Dominannya matic bongsor pabrikan garputala saat sunmori kayaknya membuat pihak AHM gerah, akhirnya AHM merombak total bagian mesin. PCX 150 yang sebelumnya menggunakan satu noke as / SOHC, diupgrade menjadi DOHC dengan dua noken as. Selain itu, piston yang semula berdiameter 57,3 x 57,8 mm dirubah menjadi 60 x 55,5, hal ini membuat volume cylinder PCX tahun 2021 menjadi lebih tinggi dari pada generasi PCX pertama. Nah, untuk kali ini kita akan fokus membahas kelebihan dan kekurangan Honda PCX 160 tahun 2021. ok langsung saja check it dot… ya bro.

Kelebihan Honda PCX 160 Tahun 2021

Tenaga Lebih Gede

Untuk urusan tenaga yang dihasilkan oleh mesin, Honda PCX 160 pasti mengeluarkan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan Honda PCX 150. Kesan PCX 150 sebagai motor bapak - bapak akan sangat berbeda dengan saudara mudanya PCX 160, sebab Honda PCX 160 tahun 2021 telah menggunakan doubel camshaft atau DOHC dan piston yang diameternya lebih besar sekitar 60 mm.  

Keamanan Canggih

Kebetulan Honda PCX 160 tahun 2021, juga memakai Honda Smart Keys atau biasa dikenal keyless. Sistem kayless biasanya dipakai oleh mobil – mobil keluaran terbaru, pada sepeda motor belum banyak yang menggunakan sistem keyless ini. Keuntungan menggunakan kunci keyless, saat motor dalan kondisi diparkir, tidak akan bisa dibobol oleh maling. Sebab jika kondisi remote sudah dalam kondisi terkunci, knob tidak akan bisa diputar – putar sama sekali. Selain itu jika motor dirampas dalam kondisi motor hidup, kita bisa lari menyelematkan diri sendiri dan buang remote ke semak – semak. Lebih mantepnya lagi jika sebelum lari biker tersebut bisa memutar knob pada posisi off. Maka dengan seperti itu motor PCX 160 tidak akan bisa dibawa oleh perampas motor tersebut. 

Bagasi Luas

Matic bongsor andalan Honda ini mempunyai bagasi yang luas sekitar 30 liter, jadi sangat cocok buat para biker yang kerjaannya mobile dan membutuhkan banyak temapt untuk menaruh barang bawannya.

Posisi Riding Nyaman

Tidak seperti motor – motor matic lainnya yang posisi duduknya ngepres serasa niak angkot, posisi berkendara Honda PCX 160 lebih nyaman serasa kita duduk dikursi dan bisa selonjoran. Jadi kalau biker tersebut melakukan touring, tidak akan terasa pegal pada bagian kaki dan tidak sering meluruskan kaki. 

Charger HP

Sesuai dengan jaman dunia dalam genggaman, HP merupakan barang yang tidak bisa dipisahkan dari seseorang. Seumpama ketinggalan dompet, bukan masalah yang terlalu besar tapi kalau sampai ketinggalan HP. Atau HP kehabisan daya maka hal ini akan menjadi masalah yang besar, kebetulan Honda PCX 160 telah dilengkapi dengan charger HP pada bagian dashboard sebelah kiri. Bagi para biker yang terbiasa bergerak dan tidak sempat mengecas HP , bisa mengecas HP dengan berkendara.

Lampu LED

Seperti genarasi – generasi sebelumnya, lampu Honda PCX 160 telah menggunakan LED untuk sistem penerangannya. Mulai dari lampu utama, lampu sen, lampu belakang dan lampu spidometer, untuk masalah desain antara Honda PCX 160 dan Honda PCX 150 mempunyai perbedaan yang mencolok. Jika PCX 150 lebih kelihatan bulat, maka PCX 160 lebih terlihat lancip jadi ada racing – racingnya gitu bro...   


Kekurangan Honda PCX 160 Tahun 2021

Mahal 

Matic bongsor dari Honda ini terbilang lumayan mahal jika dibandingkan dengan motor matic lainnya, harganya dibandrol sekitar Rp 33 jutaan. Sedangkan untuk versi paling mahal yaitu PCX 160 Hybrid atau eHEV, dibandrol dengan harga Rp 40 jutaan. 

Tidak Ada Kick Starter

Kick starter atau engkolan hal ini yang membuat puyeng para biker’s PCX, saat kondisi aki / accu yang tiba – tiba ngedrop. Maka untuk menghidupkan motor tersebut, sangatlah susah atau bahkan tidak mungkin tanpa harus menjumper / sambung dan menggantinya dengan aki baru. Tapi yang jadi masalah, saat berada dilokasi yang sepi tidak ada yang jual aki / accu dan nyeseknya lagi kalau dompet lagi kosong. Ini yang sering kali dikhawatirkan oleh para biker’s PCX dan motor – motor matic yang tidak dilengkapi kick starter / engkolan. Untuk mengantisipasi hal ini biasanya pabrikan akan memberikan signal pada bagian spidometer motor tersebut, seperti hal Honda PCX 160. Jika kondisi aki / accu mulai lemah atau mau soak dan ngedrop, lampu indikator aki akan menyala merah. Jadi jika ada lampu yang bergambar aki pada spidometer, menyala merah maka segera lakukan penggantian aki / accu. 

ID Tags Harus Dijaga

Sudah sering kali kita ngomongin ID Tag (barcode yang terdapat pada gantungan remote), barcode ini berisi angka – angka yang setiap motor mempunyai serial nomor yang berbeda. Fungsi dari barrcode tersebut untuk registrasi remote, entah beli baru atau mau menambah remote. Untuk masalah Id Tag sudah sering kita bahas, jadi silahkan baca dan tonton videonya yang membahas tentang ID Tag.

Masih Gredeg

Ternyata eh… ternyata Honda PCX 160 masih gredeg juga bro, sebenarnya masalah gredeg pasti akan terjadi pada setiap motor matic. Penyebabnya bisa beraneka ragam, seperti roller yang aus, vbelt mulai retak dan terikis, debu yang nemepel pada kampas kopling, grease serta oli yang menempel pada vbelt dan masih banyak lagi. Cuman yang jadi masalah besar yaitu seberapa parahnya gredeg pada motor tersebut, kalau motor masih baru kemudian gredeg banget. Ini baru sesuatu, untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara seperti memodifikasi mangkok kopling dan kampas kopling. Atau bisa juga menggunakan mangkok kopling dan kampas kopling variasi / after market, ada banyak pilahan part – part variasi untuk merubah bagian CVT.


Spesifikasi Honda PCX 160 Tahun 2021

Dimensi Honda PCX 160 Tahun 2021

Panjang x Lebar x Tinggi : 1.936 x 742 x 1.108 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm

Jarak Terendah Ketanah : 135 mm

Ketinggian Tempat Duduk : 764 mm

Berat Kosong : 131 kg

Kapasitas Tangki : 8,1 liter


Mesin Honda PCX 160 Tahun 2021

Tipe Mesin : 4 Langkah, DOHC 4 Katup

Tipe Pendingin : Liquid Cooled with Auto Fan

Sistem Suplay Bahan Bakar : PGM-FI

Volume Langkah : 156,9 cc

Diameter x Langkah : 60 x 55,5 mm

Perbandingan Kompresi : 12 : 1

Daya Maksimum : 12,8 kW (17,1 PS) / 8.500 rpm

Torsi Maksimum : 14,7 Nm (1,47 kgf.m) / 6.500 rpm

Tipe Transmisi : Otomatis, V-matic 

Tipe Starter : Electric Starter

Tipe Kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering

Tipe Minyak Pelumas : Wet

Kapasitas Minyak Pelumas : 0,8 liter (penggantian periodik)


Rangka Honda PCX 160 Tahun 2021

Tipe Rangka : Double Cradle

Ukuran Ban Depan : 110/70 – 14 M/C 

Ukuran Ban Belakang : 130/70 – 14M/C 

Rem Depan : Cakram Hydrolik

Rem Belakang : Cakram Hydrolik

Tipe Suspensi Depan : Teleskopik

Tipe Suspensi Belakang : Suspensi Ganda


Kelistrikan Honda PCX 160 Tahun 2021

Sistem Pengapian : Full Transistor

Tipe Baterai / Aki : MF – Wet 12 V-5 Ah

Tipe Busi : NGK MR9C 9N atau Denso U27EPR-N9


Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan, komen, like, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar