7 Penyebab dan Cara Memperbaiki Idling Stop yang Tidak Berfungsi

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, idling stop merupakan salah satu fitur keunggulan dari motor – motor matic Honda yang telah menggunakan esp dan esp +. Motor matic yang menggunakan esp ada banyak sekali ya bro, seperti Honda BeAT ESP / starter halus, Scoopy esp, Scoopy Donat, Vario 110 esp, Vario 125, Vario 150 LED, Vario 150 Remote, PCX Thailand, PCX 160 dan Honda PCX 150. Dari motor – motor matic yang telah menggunakan esp, ada sebagian yang telah menggunakan idling stop. Berarti ngga semua motor matic esp telah memakai idling stop ? Ya benar sekali bro… ngga semuanya. Motor matic yang memakai idling stop biasanya akan terdapat saklar / swit tambahan pada sisi sebalah kanan, berdekatan dengan saklar / swit elektrik starter.

Idling stop sering kali tidak berfungsi saat tombol idling stop telah ditekan, ada banyak hal yang mempengaruhi idling stop tidak berfungsi dengan seharusnya. Kebetulan pada artikel ini kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi idling stop yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini supaya lebih jelasnya ya bro. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar dari video dibawaj artikel ini ya bro…  Supay ngga melantur kesana kemari, langsung saja check it dot.. bro…

Penyebab dan Solusi Idling Stop yang Tidak Berfungsi dengan Baik 

Menghidupkan Motor Menggunakan Elektrik Starter

Pada umumnya untuk menghidupkan sepeda motor ada 2 cara yaitu, menggunakan elektrik starter dan menggunakan kick starter. Nah, untuk mengaktifkan idling stop cara yang pertama dilakukan yaitu menghidupkan motor dengan elektrik starter.

Swit / Saklar Idling Stop

Pada saklar tersebut terdapat 2 pilahan yaitu idling (untuk mode berkendara biasa) dan idling stop (untuk mode berkendara hemat bahan bakar). Saat tombol saklar berada pada posisi idling stop, lampu yang mempunyai lambang A didalam lingkaran pada indikator spidometer akan menyala dengan warna hijau. Jika lampu tersebut menyala berarti saklar idling stop tidak ada masalah atau bekerja dengan baik. Sementara saat tombol idling stop ditekan dan lampu indikator A didalam lingkaran tidak menyala, besar kemungkinan saklar tersebut mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan mengganti saklar tersebut dengan saklar baru atau membersihkan swit idling stop. 

Suhu Mesin

Kondisi mesin yang telah panas atau bisa dikatakan telah melewati suhu kerja (60 derajat celcius), idliling stop akan mulai aktif. Hal ini disebabkan karena sensor suhu telah memberi sinyal ke ECU / ECM, tapi ECU masih menunggu sinyal dari sensor – sensor lain, seperti throttle position sensor, sensor kecepatan.

Sensor Kecepatan

Vehicle sensor alias sensor kecepatan pada motor matic biasanya terletak dibagian belakang, lebih tepatnya diatas gear box. Jadi yang dibaca dari sensor kecepatan yaitu putaran as gear roda belakang. Pada sensor kecepatan terdapat 3 kabel yang langsung menuju ke ECU / ECM, putusnya salah satu kabel akan membuat spidometer tidak berputar. Sehingga idling stop tidak akan berfungsi seperti biasanya, selain itu putusnya kabel sensor kecepatan akan membuat lampu indikator injeksi (MIL) menjadi berkedip – kedip.

Aki Dalam Kondisi Prima

Kondisi aki / accu yang dalam kodisi prima menjadi penentu berfungsi tidaknya idling stop, sebab arus dan tegangan listrik yang disalurkan oleh aki haruslah stabil. Aki yang kuat elektrik starter tidak menjadi patokan utama dari kondisi aki yang prima untuk sistem idling stop, untuk mengetahui apakah aki dalam kondisi prima bisa dilakukan charger accu dengan menggunakan alat charger dari BRT (profesor aki). Charger aki tersebut bisa mengetahui kondisi aki, apakah masih bagu (excellent), good, poor, microshot, bad atau malah very bag. 

Putaran Stasioner 1600 RpM

Putaran stasioner atau biasa disebut juga sebagai langsam, yaitu kondisi dimana motor bisa hidup tanpa menarik grip gas. Jadi kalau motor lo mati – matian dan harus menarik grip gas, maka kemungkinan putaran RpMnya kurang besar. Sama halnya dengan sistem idling stop, rpm yang terlalu kecil sering kali menjadi penyebab utama sistem idling stop tidak berfungsi. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan penyetelan stasioner / langsam, caranya sangatlah mudah. Cukup memutar baud plastic hitam yang terdapat peer / pegas pada throttle body, putar baud tersebut kearah kiri secara perlahan – lahan. Kurang lebih ¼ putaran dengan jeda waktu 15 detik, jadi jangan memutar baud tersebut tanpa aturan ya bro. Setelah dilakukan pemutaran baud tersebut, tunggu beberapa detik agar langsam bisa stabil terlebih dahulu.

Kondisi Tutup Gas

Tutup gas yang dimaksud yaitu kondisi saat grip gas tidak ditarik atau diturunkan kecepatan dan putaran rpmnya. Lebih gampangnya saat kita berkendara kemudian didepan ada lampu merah, maka kita secara otomatis akan mengurangi kecepatan. Nah pada saat itulah, lampu idikator idling stop akan menyela dan kemudian akan berkedip – kedip sehingga motor akan mati dengan sendirinya. Untuk menghidupkannya saat kondisi seperti itu, bisa dilakukan dengan menarik grip gas secara perlahan. Maka motor dengan sendirinya akan hidup kembali, nah untuk lebih jelasnya silahkan ttonton video dibawah ini ya bro. Dan jangan lupa tinggalakan komen, like, share dan subcribenya ya bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor… wor...   

Posting Komentar

0 Komentar