Akibat dan Cara Memperbaiki Balancer Stang Seher pada Mesin Sepeda Motor

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, balancer mesin terdengar agak asing ya bro, sebab tidak banyak motor – motor yang menggunakan balancer pada mesin sepeda motor. Biasanya balancer terdapat pada motor – motor tertentu dan dengan volume cylinder diatas 150 cc, jadi motor – motor dengan kapasitas dibawah 150 cc akan sangat jarang menggunakan balancer. Walaupun ada beberapa motor dengan volume cylinder 150 cc yang menggunakan balancer, seperti Suzuki Shogun SP, Suzuki Tornado, Honda CS1 dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini kita akan ngomongin balancer ya bro, mulai dari cara masang balancer, akibat kerasakan balancer, cara memeperbaiki balancer, harga balancer dan ukuran berat dari balancer tersebut. Jadi baca sampai selesai dan jangan terburu – buru, tonton juga video dibawah artikel ini ya bro, ok langsung saja check it dot ya bro.

Fungsi Balancer Mesin Sepeda Motor

Fungsi balancer mesin atau balancer shaft alias silent shaft yaitu komponen / part yang berfungsi untuk menyeimbangkan gerakan pada crank shaft / poros engkol, sehingga dapat mengurangi getaran mesin yang ditimbulkan oleh gerakan crank shaft. Pemasangan balancer pada crank shaft harus benar – benar sesuai marking / tanda titik pada gear balancer dan gear kruk as. Akibat yang paling ringan jika salah pasang balancer pada kruk as akan membuat mesin tetap bergetar, sedangkan akibat yang paling fatal jika salah pasangan balancer yaitu terjadinya tabrakan antar balancer dan kruk as. Perlu diketahui balancer mempunyai tanda warna marking yang berbeda – beda, hal ini menetukan berat dari balancer tersebut, ambil contoh pada motor Honda CBR150, CB150 dan temen tongkrongannya. Pada motor – motor CB150 and the gank mempunyai tanda cat dengan kode warna Putih (13422 – KPP – 860), Biru (13423 – KPP – 860) dan kuning (1324 – KPP – 860). 




Dari tiga warna gear balancer tersebut, jika hanya melakukan penggantian balancer usahakan sesuai dengan warna balancer sesuai bawaan motor. Kemudian jika melakukan penggantian kruk as assy (gluntungan), maka pilih balancer yang berwarna Biru (13423 – KPP – 860). Bagaimana jika penggantian balancer tanpa memperhatikan warna cat pada gear ? Ya sebenarnya tidak diperbolehkan oleh pabrikan. Tapi pada prakteknya untuk menyesuaikan warna cat pada gear balancer dan kruk as lumayan susah, sebab jarang banget ada yang jual balancer mesin. Sebab harga balancer sangatlah mahal, bisa balancer dibandrol lebih dari Rp 800 ribu, otomatis sedapatnya dan senemunya balancer tersebut.

Akibat Balancer Mesin Rusak

Balancer yang rusak akan membuat getaran mesin sangat terasa sampai ke tangan dan kaki dari pengendara tersebut, sementara akibat yang paling parah yaitu terjadinya tabrakan antara balancer dengan kruk as.  

Cara Memperbaiki Balancer Mesin Sepeda Motor

Untuk memperbaiki balancer mesin ada banyak cara yang biasa dilakukan oleh banyak teknisi, tapi perlu dingat ya bro. Ngga semua cara yang gua sebutkan dibawah ini aman untuk dilakukan ya bro, jadi pertimbangkan secara baik – baik ya bro.

Melepas atau Membuang Balancer Tersebut

Cara ini kadang dilakuakn oleh para teknisi yang menurut gua sangat nekad banget, secara prinsip kerja balancer berfungsi hanya sebagai penyeimbang gerakan antara kruk as dan balancer. Sehingga jika balancer dilepas, motor akan tetap bisa berjalan dengan normal tapi getaran mesin akan sangat banget terasa sampai kaki dan tangan.

Mengelas / Tig Welding pada Gear Balancer

Nah cara ini juga kadang dilakukan agar balancer tidak oblag / rusak, kebetulan cara ini belum pernah gua lakukan. Jadi kalau lo kepikiran untuk melakukannya, jangan lupa komen dibawah ya bro. Apa akibat dan rasa mesin motor yang gear balancer langsung dilas ke balancer.

Mengganti Karet dan Peer / Pegas Balancer

Biasanya balancer yang rusak tidak akan terlihat secara kasat mata, tapi bisa dirasa dengan menggerakan gear balancer kedepan dan belakang. Balancer yang rusak akan terasa oblag / ada clearance yang banyak saat digerakan kedapan dan belakang. Penyebab oblag tersebut biasanya disebabkan dari karet / dumper balancer dan pegas / peer balancer yang rusak. Jika berasal dari kedua part tersebut, kita bisa menggantinya dengan part yang baru. Harga peer dan karet balancer tidak mahal bro, paling dibandrol sekitar Rp 30 ribuan. 

Ganti Balancer Assy 

Nah cara ini yang paling mahal dan top cer he… jika dibandingkan dengan cara – cara diatas, he….  He…. Yang terpenting saat mengganti balancer assy yaitu menyamakan warna cat pada balancer lama dengan balancer baru, jika ternyata ketersedian stock balancer mempunyai warna cat yang berbeda. Apa boleh buat, pasang saja stock balancer yang ada tersebut.





Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video diatas ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like, share dan subscribenya. Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor..

Posting Komentar

0 Komentar