Congkel Tutup Aki Serta Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Ngedrop dan Soak

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, ok bro untuk kali ini kita akan ngomongin ngiritisasi alias ikhtiar ngirit memeperbaiki aki / accu kering yang telah rusak dan ngedrop. Jadi kalau kebetulan aki kering motor lo sudah ngedrop, maka bisa mengakalinya / ngiritisasi dengan cara ini. Modalnya pun ngga gede banget bro, hanya air aki zuur / air aki merah, yang biasanya dijual dengan harga Rp 3.000 – 5.000, ditoko sparepart dan toko bangunan. Cara ini ngga selamnya berhasil ya bro, jadi untung – untungan tergantung aki / accunya. Kalau kondisi accu / aki masih lumayan berarti masih bisa diselamatkan, kalau tidak bisa diperbaiki berarti di LEM BIRU (lempar beli beli baru) he… he…

Sebelum kita melakukan perbaikan pada aki kering, perhatikan terlebih dahulu aki kering tersebut. Apakah aki kering yang akan kita perbaiki bagian atasnya bisa dicongkel atau tidak, sebab ada 2 jenis aki kering dipasaran. Yang pertama aki kering yang cairan yang gelnya diisi oleh pabrikan, biasanya aki jenis ini dijual dibengkel – bengkel resmi. Sedangkan aki kedua adalah aki kering yang cairan akinya dicampur sendiri, aki kering ini biasanya disebut aki semi. Sebab saat pertama digunakan, aki harus dimasukan cairan khusus yang biasanya satu paket dengan aki kering tersebut.

Untuk aki kering yang akan kita perbaiki adalah jenis aki kering yang kedua atau aki semi, sebab kita ngga perlu susah – susah untuk membuka tutup cairan aki. Sebab tutup tersebut memang sudah didesain sebagai lubang cairan aki saat pertama pengisian. Setelah kita mengetahui jenis aki dan posisi lubang pengisian air aki kering, selanjutnya kita siapkan air aki zuur / air aki merah. Ngga perlu ukuran yang besar ya bro jika berniat membelinya, cukup gunakan air aki zuur ukuran kecil.

Setelah semuanya siap, langkah awal yang harus kita lakukan yaitu mencongkel tutup air aki. Tapi usahakan kita menggunakan alat pelidung diri yang memadai seperti sarung tangan dan kacamata. Tujuannya untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja, ya lebih simpelnya tidak terciprat air accu zuur. Air aki zuur / air aki merah berbeda dengan air aki biasa ya bro, air aki zuur biasanya lebih gatal dan menyengat jika terkena kulit. Untuk mencongkol tutup aki kering bisa menggunakan stelan angin atau obeng min (-). Kemudian masukan air accu zuur secukupnya ngga perlu banyak – banyak ya bro, apalagi sampai berceceran keluar. Akibat dari air aki zuur yang rembes akan membuat rangka / sasis menjadi korosi, keropos dan berkarat.

Jika air aki zuur telah rata dimasukan kedalam aki kering, maka tutup aki kering tersbut sampai benar – benar rapat. Lebih mantap lagi jika dilapisi dengan lem korea atau sejenisnya, agar tutup aki tidak bisa dibuka kembali. Langkah terakhir lakukan pengecesan / charger pada aki kering tersebut, disini akan sangat menentukan. Apakah aki bisa diperbaiki atau memang harus di LEM BIRU he… he… Nah biar lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalakan jejak. Dengan like, komen, dan sharenya ya bro, ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata darii gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal wor… wor.

Posting Komentar

1 Komentar