Kapan Waktu, Biaya Serta Cara Ganti Kampas Rem Belakang Honda BeAT

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kampas rem merupakan komponen vital yang mempengaruhi keselamatan berkendara. Kampas rem yang aus, rem yang mengunci, serta teromol yang terkikis merupakan kendala yang sering kali dihadapi para penggunan motor – motor matic dengan rem teromol biasa. Pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin cara ganti kampas rem belakang, berapa lama penggantian kampas rem belakang, berapa ongkos atau biaya penggantian kampas rem belakang dibengkel AHASS dan bengkel biasa. Serta berapa harga kampas rem belakang original Honda BeAT, Scoopy, Vario 110 dan Spacy 110. Nah untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa bantu channel dan blog ini agar bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi.  

Berapa Lama Harus Ganti Kampas Rem

Untuk masalah usia pemakaina sebenarnya susah – susah gampang ya bro, sebab hal ini ditentukan oleh banyak faktor. Seperti penggunaan kampas rem ori atau kw, motor sering dipakai, medan jalan yang naik turun, cara berkendara yang suka rem belakang atau jalan yang dilalui sering macet dan masih banyak lagi. Tapi secara gampangnya kita akan gebug rata saja ya bro, agar ada patokan waktu penggantian kampas rem belakang. Pemakaian motor yang wajar biasanya akan melakukan penggantian kampas rem belakang setiap 15.000 kilometer atau 1 ½ tahun alias 18 bulan. Jadi kalau kampas rem belakang motor lo habis saat 1 tahun pamakain hal ini bisa dibilang wajar, yang ngga wajar jika kampas rem belakang habis setelah 4 bulan pemakain.

Berapa Harga Ganti Kampas Rem Motor BeAT, Scoopy di AHASS dan Bengkel Umum

Untuk masalah biaya lumayan ribet bro, he…. Sebab setiap bengkel pasti mempunyai harga bongkar pasang yang berbeda – beda, tapi kita akan gebug rata ya bro agar punya range harga. Biasanya untuk biasay bongkar pasang kampas belakang dibengkel AHASS sekitar Rp 20 – 35 ribu, sedangkan dibengkel umum juga ngga terlalu jauh dengan harga tersebut. Tapi untuk harga part kampas rem belakang akan mempunyai perbedaan yang mencolok, jika part tersebut original Honda. Akan dibandrol dengan harga Rp 55.000 untuk harga eceran tertinggi, sementara jika dibengkel umum bisa menggunakan banyak pilihan kampas rem belakang. Bisa menggunakan kampas rem after market (indopart, aspira, choho dan masih bnayak lagi, sehingga akan membuat harga kampas rem belakang menjadi bervariasi.  

Cara Ganti Kampas Rem Belakang Honda BeAT

Mengganti kampas rem belakang Honda BeAT karburator, injeksi, esp dan kampas rem motor matic Honda lainnya seperti Honda Scoopy, Spacy dan Vario 110. Menggunakan kunci – kunci yang hampir sama, salah satunya T10, T14, Ring 24 mm, tang dan obeng plus. Jika kampas rem belakang sudah dibeli bukan dicuri ya bro…. Dan semua kunci - kunci sudah siap langsung saja kita beraksi ya bro.



Gunakan kunci T10 mm untuk melepas mur 10 mm yang posisinya ada dikolong bawah. Nah langkah ini harus hati – hati ya bro, intinya lo harus tahu kerah mana ngencengin mur dan kearah mana ngendorin / melepas mur tersebut. Sebab sering kali mur 10 mm ini patah, sehingga akan membuat knalpot menjadi bocor suara.

Langkah berikutnya melepas baud 14 mm dengan menggunakan kunci T 14 mm, pada langkah ini yang sering kali menjadi kendala adalah baud mentok ditengah – tengah. Jika dipaksakan melepas baud 14 tersebut, biasanya akan membuat baud menjadi patah. Nah kalau sudah begini harus dibor dan dibuat ulir baru pada bekas patahan baud.

Jika semua baud 14 mm dan mur 10 mm sudah terlepas dan kebetulan tidak ada kendala, maka knalpot akan terjatuh dan bisa lepaskan dari crank case. Jangan lupa pada ujung leher knalpot terdapat paking knalpot, maka pastikan paking tersebut tetap menempel pada knalpot tersebut.

Kemudian kendorkan dan lepaskan roda belakang, caranya bisa menarik rem belakang dan menendang kunci ring 24 yang ditempelkan pada mur roda belakang. Atau gunakan cara lain dengan memukul kunci ring / shock 24 yang ditempelkan pada mur 24 mm.

Setelah mur 24 mm bisa terlepas dan ring menempel dibelakang yang tersebut, langkah selanjutnya mengendorkan mur stelan rem belakang dengan menggunakan kunci T14 mm dan tang.

Kemudian dorong atau keluarkan roda belakang dengan cara menggedor dan menarik velg roda belakang. Jika velg telah terlepas maka akan terlihat kampas rem belakang, congkel kampas tersebut dengan menggunakan obeng.

Langkah selanjutnya bersihakan paha rem dan as paha rem, tapi sebelumnya lepaskan dahulu baud 10 mm yang mengikat paha rem dan as paha rem tersebut. Tapi cara ini lumayan sulit dan kadang menimbulkan masalah baru saat memasang paha rem tersebut, jadi jika dirasa tidak bisa mengembalikan ke kondisi semula. Lakukan pelumasan pada paha rem dengan cara mengalirkan oli cam / oli pada sela – sela paha rem.

Langkah selanjutnya pasang kampas rem belakang pada dudukan rem, jangan lupa kaitkan dengan 2 pegas / peer rem belakang pada ke dua sisi kampas rem belakang.

Setelah itu pasang roda belakang dan pasang ring serta mur 24 pada sisi as roda belakang. 


Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video diatas ini ya bro, jangan lupa tinggalakan komen, like dan sharenya. Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu asphal.      

Posting Komentar

0 Komentar