Biaya dan Cara Mengganti Lampu Senja Serta Lampu Depan Honda BeAT

 Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, lampu depan dengan sistem penerangan AHO (automatic headlight on) sering kali membuat usia pakai yang pendek dari bohlam lampu depan. Sehingga penggantian lampu depan akan lebih sering dilakukan jika dibandingkan dengan motor – motor yang menggunakan penerangan On / Off (memakai saklar). Sebenarnya untuk membuat saklar manual mudah – mudah saja terutama untuk Honda BeAT esp, BeAT POP, BeAT Street dan motor lainnya yang mengguanakan bohlam biasa dan Bohlam H4.Tapi pada kesempatan kali ini kita akan lebih fokus ngomongin keluarga Honda BeAT ya bro, mualai dari BeAT injeksi generasi awal, BeAT esp, BeAT POP, BeAT eco dan BeAT Street. Yang akan kita bahas mulai dari harga lampu depan, ukuran volt / watt, cara mengganti lampu depan dari dibongkar dan tanpa bongkar. Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like, share dan subscribenya. Ya itung – itung lo bantuin channel ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi, ok langsung saja check it dot ya bro.  

Harga Lampu Depan Honda BeAT

Ngomongin harga sebenarnya hal ini susah – susah gampang bro, sebab banyak faktor yang mempengaruhinya. Seperti spare part yang dipakai original atau after market, ditambah lagi biaya ongkos pasang berbeda – beda tiap bengkel.tapi kita akan coba pretelin sampai detail – sedetailnya ya bro. Jika yang digunakan spare part original Honda alias bungkus lampunya Honda, ternyata terdapat 2 jenis lampu yang biasa dipakai bro. Lampu depan yang termurah mempunyai kode KFV yang mempunyai daya 25 watt/12 volt dan biasanya dibandrol sekitar 25 ribu untuk spare partnya saja. Sebenarnya bohlam depan dengan kode KFV digunakan untuk motor Honda yang mengunakan 2 bohlam, tapi masih bisa dipasang sebagai alternatif atau substitusi untuk penggantian lampu depan pada Honda BeAT. 



Lampu original depan Honda BeAT mempunyai kode KPH yang mempunyai daya 32 watt/ 12 volt, dan biasanya dibandrol sekitar 40 ribuan. Apakah ada perbedaan antara lampu depan Honda BeAT yang berkode KPH dengan lampu KVF, Jelas ada banyak perbedaan bro. Mulai dari segi harga, ukuran daya listrik dan terang tidaknya nyala lampu tersebut. Tapi dipasaran kebanyakan lampu depan dengan kode KFV banyak dijual ketimbang lampu depan KPH, hal ini dipengaruhi oleh harga dari lampu itu sendiri.

Lampu aftermarket Honda BeAT ada banyak sekali merknya bro, mulai dari aspira, osram, philips, komachi, stanley atau bahkan menggunakan lampu milik Suzuki dan Yamaha. Lho kok bisa banyak banget pilihannya bro, kebetulan  bohlam lampu BeAT merupakan bohlam lampu yang paling biasa dan paling sering digunakan pada sepeda motor. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan bohlam lampu tersebut, seperti ukuran daya lampu usahakan jangan melebihi bohlam original. Sebab sering kali bohlam lampu yang mempunyai daya yang besar akan membuat reflektor dan piting lampu menjadi meleleh.  

Biaya Ganti Lampu Depan Honda BeAT

Untuk biaya bongkar pasang penggantian lampu depan setiap bengkel beda – beda ya bro, hal ini tergantung dari lokasi bengkel tersebut. Tapi untuk bahan estimasi kita asumsikan saja Rp 15 ribu – 25 ribu untuk ongkos biaya ganti lampu depan Honda BeAT. 

Cara Ganti Lampu Depan BeAT Tanpa Bongkar

Untuk Honda BeAT karburator, BeAT starter kasar (K25) dan BeAT esp (K44) bisa dilakukan penggantian lampu tanpa membongkar cover lampu depan dan plat nomor. Cara cukup susah – susah gampang bro, nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro..

Langkah pertama posisikan badan ada disebelah kiri motor atau dekat dengan piringan cakram. 

Masukan tangan disela – sela segitiga bawah, posisikan tangan bisa menjangkau dan melepas karet fiting lampu. 

Jika karet fiting lampu sudah terlepas maka langkah selanjutnya yaitu melepas fiting lampu. Caranya dengan memutar fiting lampu kearah kiri, maka secara otomatis fiting lampu akan terlepas sendiri. 

Setelah itu ambil lampu depan dengan menggunakan isolasi yang telah ditempel dijari telunjuk. Jika bohlam lampu telah diambil, maka pasang bohlam baru pada reflektor. Ingat posisi cenilan bohlam harus diatas dan jangan dipasang miring karena akan membuat lampu menjadi tidak bisa menyala. 

Langkah selanjutnya memasang fiting lampu, cara ini yang paling susah bro. Sebab kita harus mencari posisi lubang pada reflektor dan cenilan pada fiting lampu, sampai benar – benar tegak lurus.

Cara Ganti Lampu Senja Honda BeAT

lampu senja pada motor Honda BeAT berada pada 3 tempat, 2 lampu berada dispidometer yang berfungsi sebagai beckground dari spidometer dan 1 lampu berada dibagian atas lampu utama atau lampu depan. Untuk mengganti lampu senja,kita harus melepas semua cover lampu, caranya cukuplah mudah bro. Kita hanya membutuhkan kunci ring 10 mm, obeng plus dan kunci – kunci yang pas buat melepas plat nomor. Karena baud plat nomor kendaraan berbeda – beda, kita hanya menyesuaikannya kunci – kunci dengan baud plat nomor tersebut. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro, cara mengganti lampu senja Honda BeAT.

Langkah yang harus kita lakukan yaitu melepas 8 baud ulir kasar / ulir cacing, posisi baud ini ada 4 buah dibagian bawah kanan – kiri cover lampu. Dan ada di bagian belakang dari cover lampu.

Kemudian lepas plat nomor dan dudukan plat nomor dengan menggunakan kunci ring 10 mm.

Setelah itu tarik keluar cover lampu dan lepaskan soketan lampu dengan kabel body. 

Langkah berikutnya putar ke kiri fitting lampu depan, maka fitting lampu akan terlepas dengan sendirinya.

Cabut atau tarik keluar lampu depan, ganti dengan lampu senja yang baru. Ingat waktu memasang lampu senja, posisi lampu harus benar – benar masuk kedalam piting lampu.

Lakukan pengetesan lampu menyala atau tidak terlebih dahulu ya bro, sebelum memasang cover lampu depan.



Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video diatas ini ya bro dan jangan lupa tinggalakan jejak dengan komen, like, share dan subscribenya ya bro. Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar