Knalpot Keluar Asap, Ganti Piston, Korter Boring Cylinder Vario 150 & Vario 125

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, balik maning nang (kembali lagi di) blog dan channel yusup yang paling keren versi gua sendiri he… he… Kali ini kita akan ngomongin ganti piston dan korter boring cylinder, kebetulan yang akan kita bahas Honda Vario 125 dan Vario 150. Lho kok dua motor sekaligus ? Iya bro, sebab dari kedua motor tersebut mempunyai banyak kesamaan. Tapi juga banyak perbedaan, ya …. bisa dikatakan kembar tapi beda he… he…. Perbedaan tersebut akan sangat terlihat dibagian mesin yang meliputi volume ruang bakar. Mulai dari diameter piston, paking / gasket head, panjang langkah connecting rod, durasi noken as dan masih banyak lagi.




Karena kali ini kita akan membahas ganti piston pada Honda Vario 125 dan Vario 150, jadi kita akan ngomongin part – part terkait saja ya bro. Pada umumnya penggantian piston kit / seher akan dibarengi dengan penggantian komponen – komponen lainnya. Seperti paking / gasket head cylinder, paking cylinder comp, seal klep, boring cylinder  dan piston kit itu sendiri. Yang dimaksud piston kit yaitu seher / piston komplit beserta ring seher, pen seher dan kancingan pen seher. Diameter piston Vario 125 sekitar 52,4 mm sedangkan Vario 150 mempunyai ukuran 55,8 mm, hal ini membuat perbedaan paking head cylinder dan diameter cylinder comp. 

Harga Seher Vario 150 dan Vario 125

Nama Part Kode Part Harga

Piston Vario 125 131A1- KWN – 902 120.000

Paking Cylinder Comp 12191 – KZR – 600 35.000

Paking Head Cylinder 12251 – KZR – 601 35.000


Piston Vario 150 13101K36T00 150.000

Paking Head Cylinder 12251 – KZY – 701 35.000

Paking Cylinder Comp 12191 – KZR – 600 35.000


Apakah Boring Vario 150 dan Vario 125 Bisa Dikorter

Kebetulan boring cylinder Honda Vario 125 dan Vario 150 bisa dikorter, pabrikan menyediakan beberapa ukuran pistonnya. Mulai dari over size 25, os 50, os 75 dan os 100, oversize yang dimaksuda adalah diamater piston yang telah diperbesar bawaan originalnya. Jika bawaan originalnya piston / seher Vario 150 mempunyai ukuran 57,8 mm, maka piston Vario 150 dengan tulisan 0s 25 berarti mempunyai ukuran 57,8 mm + 0,25 mm = 58,05 mm. Bagiamana dengan piston Vario 150 dengan os 50, maka ukuran yang diperoleh menjadi 57,8 mm + 0,50 mm = 58,30 mm begitu seterusnya. Sayangnya piston Vario 150 original lumayan susah didapatkan bro, jadi alternatif yang biasa dilakukan yaitu dengan menggunakan piston Honda Megapro mono ataupun Verza yang menggunakan kode piston KRM. 

Untuk piston Vario 125 juga bisa dikorter dan pabrikan juga menyediakan piston oversizenya, mulai dari os 25, os 50, os 75 dan os 100. Piston Vario 125 mempunyai diameter sekitar 52,40 mm dimana ukuran piston tersebut sama dengan piston Honda Supra X 125 karburator ataupun Supra X 125 injeksi dan Helm in. Tapi piston Vario 125 ada banyak dipasaran bro, ngga terlalu pusing mencarinya seperti punya saudara tuanya Vario 150.   


Cara Ganti Seher Vario 150 dan Vario 125

Untuk mengganti piston Vario 125 dan Vario 150, caranya hampir mirip ya bro. Hal ini disebabkan karena kontruksi mesin, rangka dan cover bodynya hampir sama plek keteplek. Ada banyak cara yang biasa dilakukan untuk mengganti seher / piston Honda Vario 125 dan Vario 150, cara yang pertama turun mesin yaitu memisahkan mesin dengan rangka, kemudian mesin bisa dipretelin / dibongkar dibawah, sedangkan cara kedua membongkar mesin dengan posisi mesin masih menempel dibagian sasis / rangka. Cara kedua ini lumayan susah bro, sebab saat melepas head cylinder dan blok cylinder akan menabrak ke bagian rangka / sasis. Cuman cara kedua tidak perlu banyak orang untuk membantu pekerjaan, jadi bisa dilakukan oleh satu orang.

Pada video dibawah ini kita akan melakukan penggantian piston tanpa melepas mesin dengan ranggka / sasis. Untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selesai dan jangan lupa tinggalakan komen, like, share dan subscribenya bro..






Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor… wor...  

Posting Komentar

1 Komentar