Penyebab Air Radiator Menetes dan Habis Pada Motor Honda Vario 125 Serta Vario 150

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang para bro semua di blog otomotif yang membahas sepeda motorkali ini kita akan ngomongin masalah air radiator pada Honda Vario 125 yang cepat habis dan menetes dibagian bawah mesin. Sebenarnya masalah seperti ini sudah sering banget kita bahas ya bro, tapi masalah pada sistem pendingin radiator ada – ada bae. Ya walaupun pada intinya yang rusak itu – itu aja bro… he… he… sebelum kita ngomong panjang lebar kesana kemari, gua mau minta bantuan lo agar mendukung channel dan blog otomotif ini. Cara gampang banget bro, yaitu dengan susbcribe pada video dibawah ini dan jangan lupa tinggalakan jejak dengan komen, like atau sharenya. 

Air Radiator Menetes Dibawah Mesin

Ada banyak sekali penyebab air aradiataor menetes dibagian bawah mesin, seperti radiator utama yang pecah, selang radiator pecah, termostat pecah dan seal mechanikal rusak. Untuk radiator, selang dan termostat bisa kita amati / lihat secara visualnya, jika part – part tersebut mengalami kerusakan. Sementara seal mechanikal lumayan susah untuk kita amati bro, sebab posisi seal mechanikal berada didalam water pump assy (pompa radiator). Tapi ada cara yang paling gampang untuk menebak kemungkinan penyebab dari air radiator yang menetes dari bawah mesin. Yaitu dengan mengetahui kronologi sebelum air radiator menetes dibagian bawah mesin, apakah pernah terjadi tambrakan atau jatuh beberapa hari sebelum air radiator menetes. Kalau iya, maka kemungkinan air radiator menetes disebabkan karena benturan tersebut. Jika tidak biasanya disebabkan karena water pump / pompa radiator rusak.



Untuk mengatasi pompa radiator yang rusak bisa dilakukan penggantian water pump assy, atau mengganti seal mechanikal dan as pompa radiatornya. Cara yang paling aman yaitu dengan mengganti water pump assy, tapi harga water pump yang lumayan mahal bro.. sekitar Rp 350 ribu. Sedangkan jika dilakukan penggantian seal mechanikal dan as water pump, harganya bisa setengah dari harga water pump assy. 

Penyebab Air Radiator Masuk Keruang Bakar dan Keluar dari Knalpot

Jadi pada video dibawah ini kebetulan Honda Vario 125 yang air radiatornya cepat banget habis, selain itu air radiator juga menetes dibagian bawah mesin. Padahal kondisi mesin tidak dihidupkan sama sekali, air radiator masih saja mengalir sudah kayak air kran he…. He… apakah aiar radiator akan menetes terus kebagian bawah mesin ? Jelas tidak bro. Lho kok tidak ? Kalau air radiator didalam mesin, radiator utama dan reservoir habis kering. Maka tidaka akan ada lagi air radiator / coolant yang menetes. Tapi hal ini harus sangat diwaspadai bro, sebab akibatnya kan merembet kemana – mana. Seperti head cilinder, paking top cylinder, cylinder comp dan bisa sampai ke piston.

Kalau sudah sampai merembet kayak gini, maka bisa disimpulkan akan menguras banyak duit dikantong bro, sebab akan langsung berurusan dengan mesin. Dampak yang paling besar dari air radiator yang cepat habis, yaitu air radiator yang masuk keruang bkara dan keluar ke knelpot. Selain itu terkadang air radiator akan keluar juga lewat selang pembuangan pada reservoir / tangki cadangan.  

Jadi kalau lakukan pengecekan setiap 4 bulun sekali untuk mengetahui kapasitas dari air radiator yang berada di dalam reservoir. Nah, berikut estimasi perbaikan dari air radiator yang keluar dari knalpot dan keluar dari selang pembuangan reservoir.


Nama Barang Harga

Piston kit 150 ribu

Cylinder Comp 250 ribu

Paking Head 35 ribu

Paking blok cylinder 35 ribu

Bearing kruk as kiri 80 ribu

Kruk as Assy 450 ribu

Oli Mesin 50 ribu

Air Radiator 2 pcs 40 ribu

Seal CVT depan 20 ribu

Seal Klep 20 ribu

Seal Head Cylinder 40 ribu

Ongkos Bongkar Pasang 300 ribu


Supaya lebih jelasnya, silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan. Komen, like dan sharenya ya bro..





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu apshal.

Posting Komentar

0 Komentar