Penyebab Gigi Transmisi atau Perseneling Keras dan Susah Pindah Gigi

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, perseneling atau biasa disebut sebagai gigi transmisi. Yaitu komponen pada mesin sepeda motor yang berfungsi sebagai pemindah tenaga dari kopling dan poros engkol / kruk as. Gigi – gigi transmisi mempunyai perbedaan jumlah mata satu sama lain, pada motor jenis bebek dan sport. Gigi transmisi dibagi menjadi dua bagian, yaitu gigi primer dan gigi sekunder. Gigi primer biasanya mempunyai jumlah mata gigi lebih sedikit dari gigi skunder, selain itu gigi primer berada satu as gear dengan kopling. Sedangkan gigi sekunder biasanya mempunyai mata gigi lebih banyak dari gigi primer, kemudian posisi gigi sekunder berada satu as gear dengan gear roda depan. 



Ngomongin gear transmisi alias perseneling ngga jauh dengan banyak sekali problem dan modifikasi, mulai dari masalah perseneling yang keras, susah pindah gigi, gigi sering loncat, shift fork / garpu gigi tergerus dan masih banyak lagi. Nah pada artikel kali ini kebetulan kita akan fokus ngomongin masalah perseneling yang susah masuk atau susah pindah gigi. Untuk lebih jelasnya langsung saja chcek it dot ya bro..

Penyebab Motor Susah Pindah Gigi dan Perseneling Tidak Balik

Kebetulan motornya Honda CB150Verza dan kemungkinan bisa terjadi pada semua motor tipe bebek dan sport terutama Honda Verza 150 dan CRF150L ya bro. Jadi kronologinya biker’s motor CB150Verza mengeluhkan motor susah pindah gigi dan perseneling tidak mau mbalik. Jadi kondisi normalnya saat kita melakukan perpindahan perseneling, entah menambah gigi ataupun mengurangi gigi. Posisi pijakan perseneling akan balik / kembali diposisi tengah bukan posisi maju ataupun mundur. Untuk mengetahui penyebab dari masalah ini langkah pertama bisa dilakukan penyetelan kopling, sebagai langkah yang paling mudah.

Tapi untuk lebih jelasnya harus dilakukan bongkar bak kopling agar lebih gampang mengetahui adanya kerusakan pada sistem perpindahan gigi. Biasanya penyebab dari perseneling yang tidak mau balik atau susah pindah gigi disebabkan karena peer perseneling patah. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan penggantian part, kejadian seperti ini sering banget terjadi pada motor – motor sport dan bebek.    

Gigi Masuk Tapi Motor Ngga Bisa Jalan

Berbeda dengan motor yang susah pindah perseneling, pada motor yang masuk gigi tapi motor ngga bisa jalan biasanya disebabkan oleh rantai roda belakang yang terlalu longgar. Untuk mengatasi hal seperti ini bisa dilakukan dengan penyetelan kekencangan rantai roda belakang atau mengganti dengan rantai baru. Selain itu kampas kopling yang rusak parah juga menjadi penyebab utamanya. Tapi penyebab yang paling parah dari motor yang masuk gigi tapi ngga bisa jalan yaitu as gigi sekunder yang rusak. Biasanya bagian yang rusak pada gigi sekunder tersebut berada dibagian yang menempel pada gear paling depan pada roda belakang. Biar ada gambaran, silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar