Biaya Korter, Ganti Seher dan Bongkar Mesin Honda BeAT Karburator

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, ganti seher atau piston itu sesuatu banget bro bagi para biker’s. Bagimana tidak nyesek melihat motor kesayangannya dipretelin mesinnya satu persatu, selain itu ongkosnya lumayan lagi tapi kalau ngga dipretelin ya ngga bakal sembuh itu motor he he… kebetulan pada artikel kali ini kita akan ngomongin biaya perbaikan mesin pada Honda BeAT karburator, entah masalahnya dari motor ngebul, suara kasar, ngglitik atau malah sengaja pingin bore up motor BeAT karbu. Baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like dan sharenya. Ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi.  

Apakah BeAT Karbu Bisa Dikorter

Hampir semua motor Honda kelas matic, cup / bebek dan batangan dibawah 250 cc bisa dilakukan korter, termasuk juga Honda BeAT karburator. Jadi BeAT karbu bisa dilakukan oversize penggantian piston dengan diamater yang lebih besar, dan kebetulan AHM menyediakan piston oversize sampai 4 tahap. Mulai oversize 25, 50, 75 dan 100, jadi diamter piston yang semula 50 mm akan bertambah menjadi 0,25 mm, 0,50 mm, 0,75 mm dan 1 mm. Jadi diamter total piston yang disediakan menjadi 51 mm, nah kalau lebih dari 51 mm berarti masuk dalam kategori bore up. Memperbesar boring cylinder dengan diameter melebihi piston oversize 100 yang telah disediakan oleh pabrikan.




Piston bore up biasanya produk – produk after market dan kadang menggunakan piston original tapi beda motor. Ambil contoh BeAT karbu (KVY) jika ingin melakukan bore up lumayan ekstream bisa menggunakan piston Supra 125 (KPH) atau piston Vario 125 (KWN)  yang mempunyai diamter piston sekitar 52,40 mm. Maka BeAT karbu tersebut melakukan bore up 240 mm dari  diameter piston standar, apakah ini berbahaya ? Ya lumayan bro. Terkadang kalau lagi apes blok cylinder bisa pecah, karena liner yang terlalu tipis dan boryng cylinder tidak kuat menghadapi tekanan kompresi diruang bakar.  

Biaya Ganti Seher BeAT Karburator

Estimasi penggantian spare part dan jasa / ongkos perbaikan ini, kita gunakan spare part original ya bro. Sebab ada berbagai macam merk yang ada dipasaran, untuk mempermudah gebug ratanya part originla sebagai acuannya ya bro. Sementara ongkos pekerjaan berbeda – beda bro, tapi kita akan memakai ongkos pekerjaan wilayah jabodetabek. Ok untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro..

Nama Barang / Jasa Harga

Piston Kit KVY         140.000,

Paking Top          60.000, 

Seal klep                 20.000,

Seal tutup klep kotak         150.000 (original) atau 40.000 (kw)

Jasa

Skir klep     50.000,

Korter 50.000,

Bongkar Pasang Mesin Atas 250.000,

Biaya Ganti Stang Seher BeAT Karburator

Jika dibandingkan dengan ganti seher atau piston, ganti stang seher merupakan hal yang krusial. Maksudnya jika ada motor yang perlu ganti stang seher berarti harus belah mesin total, kemudian mengganti stang seher / connecting rod. Kemudian bearing kruk as dan kadang dibarengi dengan mengganti piston kit. Kenapa piston kit perlu diganti ? Sebab rusaknya connecting rod biasanya akan berdampak pada gerakan connecting rod yang oblak  tidak beraturan. Sehingga akan berdampak pada gerakan piston yang ngekor, piston yang ngekor akan cepat merusak dinding liner bagian atas dan bagian bawah. Nah, untuk estimasi penggantian stang seher dibawah ini kita akan melakukan pengantian piston juga bro. Ok langsung saja kita pretelin satu – persatu ya bro.

Nama Barang Harga

Stang seher assy KVY 450.000,

Bearing Kruk as kanan 80.000,


atau juga bisa menggunakan spare part seperti ini :


Nama Barang             Harga

Stang seher pretelan KVY 180.000,

Bearing kruk as kanan     80.000,

Bearing kruk as kiri 80.000,

Selanjutnya untuk spare part yang lain hampir sama dengan penggatian piston / seher.

Nama Barang     Harga

Piston Kit KVY 140.000,

Paking Top 60.000, 

Seal klep     20.000,

Seal tutup klep kotak 150.000 (original) atau 40.000 (kw)

Jasa

Skir klep             50.000,

Korter          50.000,

Bongkar mesin total 350.000,

Cantum stang & Balance 50.000,

Nah, biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya. Ya itung – itung lo bantuin cahnnel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar