Cara Menyetel Ketinggian Lampu Depan Honda CB150R Old

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali diblog dan channel otomotif roda dua yang membahas seluk beluk sepeda motor. Kali ini kita akan ngomongin cara menyetel ketinggian lampu pada motor Honda CB150R generasi awal atau keluaran pertama ya bro. Honda CB150R keluaran pertama menggunakan jenis lampu H4 yang mempunyai ukuran 12 Volt 55 / 55 Watt, jenis lampu ini hampir sama dengan lampu Vixion Old, NVL, Verza, Scoopy ESP sampai Toyota Avanza. Tapi yang membedakan dari lampu tersebut adalah daya / watt dari lampu itu sendiri, kebetulan untuk tipe motor lampu Honda CB150R merupakan lampu paling besar untuk kebutuhan daya listriknya. Sehingga jika kondisi aki tidak maksimal, maka untuk menyalakan elektrik starter akan mengalami banyak kesulitan. Untuk mengatasi hal inii bisa diakalin dengan menggunakan bohlam yang dayanya lebih rendah, bisa memakai Vixion old, Verza ataupun Scoopy. Selain itu bisa menggunakan cara lain bro, yaitu dengan menambahkan saklar lampu On / Off pada Honda CB150R.



Untuk menambahkan saklar lampu bisa melalui banyak jalan bro, bisa memutus kabel negatif lampu atau memutus kabel positif lampu utama. Tapi untuk memutus kabel lampu positif lampu utama lumayan beresiko bro, sebab yang kita putus kabel arus. Jadi kalau kualitas saklar lampunya kaleng – kaleng maka, usia saklar tidak akan bertahan lama. Selain itu jika kondisi sambungan kabel yang tadi kita putus ternyata terkelupas dan menempel pada sasis /rangka motor. Maka akan terjadi korsleting / konsleting, akibat konsleting ini paling ringan akan membuat sekring putus. Tapi ada resiko terbesarnya yaitu ECU / ECM yang rusak, nah ngeri – ngeri sedapkan bro.

Kembali ke topik utamanya ya bro, masalah cara menyetel lampu Honda CB150R old / lama alias K15. Untuk menyetel sorot lampu atau ketinggian lampu Honda CB150R generasi pertama kita hanya menggunakan obeng plus. Usahakan obeng yang digunakan mempunyai ukuran yang agak panjang, sehingga akan lebih mudah dalam menyetel ketinggian lampu Honda CB150R. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro.

Cara Menyetel Lampu Honda CB150r Street Fire Generasi Pertama

Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu dengan melepas cover kecil sebelah kiri, caranya dengan melepas baud plus dan clip pengunci plastik pada bagian atas dekat spidometer.

Jika baud dan clip pengunci telah terlepas, langkah selanjutnya menarik keluar cover kecil tersebut.

Setelah itu gunakan obeng plus untuk memutar posisi stelan lampu depan Honda CB150R lama,putar ke arah kiri pada obeng maka stelan lampu akan naik. Sementara memutar obeng ke arah kanan akan membuat stelan lampu menjadi turun. 

Jika posisi sinar lampu telah sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka langkah selanjutnya menutup kembali cover samping sebelah kiri. Dan jangan lupa pasang baud – baud yang tadi kita lepas.


Nah untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalakan, komen, like dan sharenya.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar