Ini Bro, Biaya Servis Shock Depan Bocor Pada Honda Vario 125 dan 150

Sejeworks- Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali diblog otomotif yang fokus ngomongin sepeda motor. Kebetulan kali ini kita akan ngomongin servis shock depan pada motor Honda Vario 125 dan Vario 150. Jadi buat lo yang punya Honda Vario 125 dan Vario 150, baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro. Karena kita akan membahas apakah shock depan yang bocor bisa diperbaiki, shock depan kurang empuk dan masih banyak lagi. Servis shock depan bisa dikategorikan menjadi dua macam, servis shock depan kategori berat dan kategori ringan. Nah perbedaannya ada dimana ya bro, perbedaannya ada pada penggantian spare part dan lama pengerjaannya. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro..

Servis Shockbreaker Depan Honda Vario 125 & Vario 150

Shock breaker depan motor Vario 125 dan Vario 150 rusak ? Apa masih bisa diperbaiki ? Tentu saja bisa diperbaiki bro. Kalau kasusunya buttom shock pecah, oli shock keluar habis dan pipa shock bengkok parah parah. Kayaknya harus dipikirkan terlebih dahulu ya bro, seumpama bisa diperbaiki kayaknya ngga akan bertahan lama. Karena oli shock akan bocor – bocor terus, jadi solusinya ganti satu set shock depan, entah original bawaan motor atau ganti dengan buttom variasi dan as shock after market. Kejadian buttom shock yang pecah jarang bangt terjadi, biasanya kalau terjadi disebabkan karena benturan atau tabrakan parah pada bagian shock depan. 

Sesuai dengan kerusakannya servis shock depan bisa diketegorikan menjadi 2 macam ya bro, servis shock depan ringan dan servis shock kategori berat. Servis shock depan ringan biasanya hanya dilakukan penggantian oli shock / kuras oli shock. Servis shock ini bisa dilakukan saat motor menginjak 2 tahun atau kilometer 20 ribu, yang dilakukan yaitu penggantian oli shock atau kuras oli shock depan. Apakah hal ini wajib dilakukan ? Sebenarnya tidak kalau belum ada dana dan belum ada kesempatan, tapi untuk faktor kenyamanan berkendara penggantian oli shock akan sangat berpengaruh pada sistem suspensi depan. Jadi shock depan yang telah berusia lebih dari tahun atau telah melewati 24 ribu kilometer, akan membuat kualitas oli shock depan menjadi menurun. Hal ini akan terlihat dari warna oli shock yang berubah menjadi kerus keabu – abuan dan bau busuk pada oli shock tersebut. Akibat yang terjadi dari menurunnya kualitas oli shock akan membuat, rebound dari shock depan yang kurang responsif, bunyi jedug – jedug dan membuat ban luar terkikis sebelah.

Servis besar shock depan sepeda motor dilakukan jika oli shock rembes atau bocor, oli shock yang bocor dalam waktu lama akan membuat as / pipa shock menjadi luka dan mbaret. Dalam waktu yang lebih lama tanpa adanya perbaikan, maka akan membuat peer / pegas shock menjadi patah. Selain itu sulingan shock biasanya akan ikut rusak dan parahnya lagi kalau sampai buttom shock ikut rusak. Jadi cepat – cepat lakukan perbaikan saat shock depan bocor, perbaikan itu berupa penggantian sil shock depan.

Penggantian sil shock juga akan dibarengi dengan penggantian oli shock baru, jika ternyata as shock atau pipa shock lecet sebaiknya as shock tersebut diganti dengan yang baru. Bagaimana jika tidak dilakukan penggantian pada as shock ? Dampaknya akan membuat sil shock cepat kemali rusak dan oli shock akan rembes kembali. Pipa shock original Honda Vario mempunyai harga yang lumayan bro, sekitar 150 ribu untuk satu sisi. Sedangkan untuk shock after market biasnaya dibandrol lebih murah, 150 ribu bisa dapat 2 sisi kanan dan kiri.

Biaya Ganti Oli Shock Depan Vario 125 dan Vario 150

Untuk memudahkan para bro semua, berikut estimasi atau perkiraan biaya penggantian oli shock depan Honda Vario 125 dan Vario 150. Untuk masalah part original dan lokasi bengkel sangatlah menentukan ongkos ya bro, jadi ngga semuanya sama sesaui dengan estimasi dibawah ini. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro :

Nama Barang              Harga

Oli shock original     25.000,

Oli shock jumbo, long dll 15.000,

Ongkos bongkar pasang kanan kiri 30.000, – 70.000,


Biaya Ganti Seal Shock Depan Vario 125 dan Vario 150  

Ganti seal shock yang bocor / rembes pada Honda Vario 125 dan Vario 150, biasanya akan dibarengi dengan penggantian as shock / pipa shock. Jika kondisi as shock tersebut lecet / luka, tapi kalau pipa shock / as shock tidak mengalami luka. Maka tidak perlu dilakukan penggantian as shock / pipa shock. Berikut estimasi penggantian sil shock pada Honda Vario 125 dan Vario 150 , part yang kita omongkan part original ya bro, bukan part kw dan aftermarket.

Nama Barang Harga

As shock 150.000, @ satu sisi

Sil shock 48.000, @ satu sisi

Oli shock 25.000,

Ongkos bongkar pasang 100.000,


Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawha ini ya bro, jangan lupa tingglkan komen, like, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor...

Posting Komentar

1 Komentar