Jangan Sampai Kehabisan, Kenali Fungsi Minyak Rem DOT 3 atau DOT 4

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, minyak rem et…. Apa itu bro ? Yang jelas ini bukan minyak goreng, oli mesin ataupun oli shock he…. Minyak rem pasti terdapat pada sepeda motor yang menggunakan sistem pengereman cakram alias disk brake. Berbeda dengan rem tromol yang mengunakan tenaga mekanis, rem cakram telah menggunakan tenaga hydrolis yaitu minyak rem sebagai mendianya. Bayangkan saja bro dengan gerakan dua jari tangan saja menekan handel rem, bisa membuat berhenti motor tengah melaju dengan kecepatan tinggi. Ampuh ngga bro, padahal jika motor melaju dengan kecepatan tinggi kemudian tangan kita mencoba memegang ban atau piringan cakram. Kecepatan motor tidak akan bisa menurun atau malah berhenti, yang ada tangan kita ya ambrol karena kecepatan motor tersebut. Itu hanya ilustrasi ya bro, jangan nekat untuk dipraktekan he… he…



Rem cakram yang terdiri dari beberapa bagian bro, bagian atas atau biasa disebut master rem terdapat komponen sil master rem, handel rem, plat tembaga dan master rem itu sendiri.  Bagian tengah terdari dari 4 ring tembaga dan 2 buah baud penghubung selang rem dengan master rem besarta caliper rem / kepala babi. Bagian rem cakram paling bawah terdiri dari seal piston caliper, piston caliper, kampas rem, spring pad dan master caliper. Nah minyak rem posisinya ada dimana bro ? Minyak rem berada di bagian atas, sealng minyak rem dan didalam caliper. Pada intinya minyak rem tidak boleh bocor ataupun rembes keluar dari master rem, selang rem dan caliper rem.

Minyak Rem yang Bagus Merk Apa

Sebelum kita ngomongin minyak rem apa yang paling bagus, kita akan bahas terlebih dahulu bahas persyaratan minyak rem. Jadi minyak rem harus mempunyai sifat tahan temperatur tinggi / mempunyai titik didih yang tinggi, anti karat, tidak menimbulkan buih sehingga jalur minyak rem tidak tersumbat. Jadi minyak rem yang bagus tidak terlalu banyak menimbulkan kerak pada master rem, sebab dibagian master rem biasanya terdapat 2 lubang minyak rem.

Dipasaran ada banyak merk dan jenis minyak rem yang bisa digunakan untuk sepeda motor, seperti merek jumbo, long dan masih banyak lagi. Sebelum kita membeli ataupun mengganti minyak rem, sebaiknya mengerti kualitas minyak rem yang akan kita gunakan. Kualitas minyak rem bisa dilihat dari titik didihnya, semakin tinggi titik didih minyak rem semakin bagus. Biasanya ada 2 jenis minyak rem yang direkomendasikan oleh pabrikan sepeda motor yaitu DOT 3 dan DOT 4. DOT 3 mempunyai titik didih 200 celcius, sedangkan DOT 4 mempunyai titik didih 255 celcius. Selain itu masih ada DOT 5, tapi minyak rem jenis ini mempunyai harga yang lumayan tinggi dan lumayan susah untuk mendapatkannya. Sebab jarang banget toko spare part motor yang menjual minyak rem DOT 5, minyak rem DOT 5 mempunyai titik didih yang paling tinggi yaitu 270 celcius.   

Fungsi Minyak Rem dan Ciri Minyak Rem Habis

Minyak rem adalah cairan khusus yang secara hydrolis memindahkan gaya dari handel rem ke kampas rem untuk mengurangi dan mengontrol kecepatan roda sepeda motor. Jadi tanpa rem kecepatan sepeda motor akan susah dikendalikan, walupun dengan memanfaatkan engine brake atau mengurangi tarikan grip gas. Semakin cepat putaran roda depan dan semakin sering melakukan pengereman, akan membuat kampas rem cepat tipis, kampas rem jadi panas, piringan cakram jadi panas dan minyak rem juga akan mengalami overheating / panas berlebih. Dengan kondisi seperti itu akan membuat sistem pengereman menjadi terganggu dan bekerja tidak maksimal, untuk itu diperlukan perawatan berkala.

Harga Minyak Rem

Kalau sudah ngomongin harga ini yang susah – susah gampang bro, sebab setiap bengkel dan toko spare part akan menjual produk dengan harga yang berbeda – beda bro. Tapi untuk mempermudahnya kita akan gebug rata saja ya bro, check it dot.


Jenis Ukuran Harga

Minyak Rem Long 50 ml 7.000,

Minyak Rem Jumbo 50 ml 7.000,

Minyak Rem AHM 50 ml 10.000,

Minyak Rem Yamaha 50 ml 10.000,  

Ganti Minyak Rem Berapa Lama 

penggantian minyak rem atau kuras minyak rem sebaiknya dilakukan setiap setahun sekali, hal ini berfungis untuk menjaga performa sistem pengereman. Apalagi bagi sepeda motor yang sering memaksa kinerja rem dengan sering dan berat, terutama dimedan jalan yang curam. Pada para biker sering kali melakukan penggantian minyak rem jika ada masalah pada sistem pengereman tersebut. Seperti sil master rem yang rusak,seal piston caliperr yang mekar dan masih banyak lagi. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen like dan sharenya ya bro.


Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar