Cara Mengatasi Lampu Rem yang Manjer atau Menyala Secara Terus Menerus

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, ok kembali lagi di blog otomotif yang lebih fokus ke sepeda motor roda dua. Mulai dari review motor – motor terbaru, tutorial bongkar pasang, tips dan triks tentang sepeda motor. Nah untuk kali ini kita akan ngomongin hal – hal yang simpel saja ya bro. Yaitu lampu rem yang manjer atau menyala secara terus menerus, masalah seperti ini terlihat sangatlah sepele ya bro… Tapi bisa berdampak kemana – mana, mulai dari aki yang cepat ngedrop, lampu rem yang sering putus dan signal komunikasi yang salah dengan pengendara dibelakangnya. Lampu rem yang menayal secara terus menerus akan membuat bingung pengendara dibelakang kita bro, sebab dia tidak tahu jika lo melakukan pengereman secara mendadak. Kalau sudah begini ngeri – ngeri sedap bro, takutnya biker dibelakang kita menyenggol patat motor kita he… he…

Apasih Penyebab Lampu Rem Manjer atau Menyala Terus – Menerus

Ada banyak hal yang bisa membuat lampu rem manjer, hal ini disebabkan karena pada sepeda motor mempunyai sistem pengereman yang berbeda dengan ttuas rem yang berbeda – beda pula. Untuk 1 sepeda motor pada umumnya terdapat 2 buah rem, yaitu rem depan dan rem belakang, mulai dari rem cakram, rem tromol, tuas rem tangan atau model pijakan. Secara garis besar ada beberapa faktor yang membuat lampu rem menyala secara terus menerus, diantaranya sebagai berikut bro..

Swit Rem Depan Rusak

Kondisi swit rem / saklar rem depan yang rusak akan membuat lampu rem menyala terus, jadi swit rem depan yang tidak tertekan / terdorong oleh handel rem. Akan membuat lampu rem menyala, untuk mengatasi hal ini kita bisa mengganti swit rem depan yang baru atau mengganjal swit rem depan dengan menggunakan selang atau tutup pentil. Cara seperti ini akan berhasil pada sepeda motor Honda, Suzuki dan Kawasaki, untuk mengatasi masalah pada cenilan swit rem depan yang mulai ngelembreh / lamas. Tapi untuk swit rem depan Yamaha beda cara ya bro..

Swit Rem Belakang Rusak

Untuk motor bebek dan batangan (sport), kondisi swit rem belakang yang terlalu kencang atau bisa dikatakan tidak pas dengan stelan rem belakang. Akan membuat lampu rem menjadi menyala, untuk mengatasi hal ini kita bisa menyetel swit rem belakang sesuai dengan pijakan kaki. Sementara untuk swit rem belakang motor matic yang rusak, sering kali disebabkan oleh dudukan swit yang telah patah. Sehingga swit rem akan terdorong kebelakang dan tidak bisa menahan handel rem.

Sil Master Rem Rusak

Pada sepeda motor yang menggunakan rem cakram, sebenarnya kita bisa mengetahui apakah sil master rem mulai rusak dan akan rusak. Saat lampu rem mulai menyala secara terus – menerus tanpa kita menekan handel rem. 

Handel Rem Rusak 

Sekilas handel rem jika dilihat secara visual tidak ada masalah, tapi jika diperhatikan bagian handel rem yang bersentuhan langsung dengan sil master. Akan terlihat bagian yang tergores  atau malah terkikis pada bagian handel rem. Jadi bagian yang terkikis membuat beberapa sisi yang menyentuh sil master menjadi tidak rata, sehingga lampu rem akan manjer. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan beberapa cara seperti, mengamplas sisi handel rem yang terkikis atau malah mengganjal bagian handel rem yang menyentuh tombol saklar dengan menggunakan selang.

Pada video dibawah ini kita akan langsung melakukan perbaikan pada lampu rem yang manjer secara terus menerus. Untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bo dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, komen, share dan subscribenya ya bro.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal selalu, wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar