Cara Menyetel Komstir Yamaha New Vixion Lightening dan Vixion Old

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kayaknya kita sudah sering banget ngomongin cara menyetel komstir atau race steering kit. Tapi yang beda kali ini kita akan fokus ke Yamaha Vixion, mulai dari Vixion Old dan New Vixion Lightening. Komstir yang telah mengalami masalah bisa diketahui menjadi 2 hal, mulai dari stang goyang atau berat dan stang terasa oblak mau copot. Dari 2 hal tersebut setiap motor mempunyai gejala yang berbeda – beda ya bro, hal ini ditentukan dari penyetelan komstir tersebut. Jadi sebelum kita menyetel komstir motor Yamaha Vixion, kita harus tahu kondisi dari stang kemudi tersebut. Apakah stang kemudi ngebanting atau goyang saat dipakai, jika iya maka untuk mengatasi hal ini. Kita bisa menyetel komstir dengan stelan kendor.



Sementara stang kemudi yang terasa mau copot atau lepas saat melakukan rem depan dan ketika melewati polisi tidur, solusinya bisa dilakukan pengencangan pada stelan komstir tersebut. Tapi bro, komstir yang rusak akan susah untuk distel, jadi lo bakalan mencari posisi yang pas. Dimana posisi stang kemudi terasa goyang dan sekaligus bunyi cetuk – cetuk, nah kalau sudah kayak gini mau ngga mau kita harus mengganti komstir motor tersebut. Tapi untuk kali ini kita hanya akan fokus ngomongin cara menyetel komstir Yamaha Vixion Old dan New Vixion Lightening.


Cara Menyetel Komstir Yamaha Vixion & New Vixion Lightening

Sebelum kita memulai menyetel komstir kita akan mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu, seperti kunci L6, ring 17 mm, palu dan obeng min untuk melonggarkan atau mengencangkan mur stelan komstir.

Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu mengendorkan baut segitiga atas dengan menggunakan kunci L6, ingat yang dikendorkan baud segitiga atas bagian kanan dan kiri.



Setelah itu kendorkan baud 17 mm dengan menggunakan kunci ring 17 atau T 17, posisi baud tersebut tepat berada dibagian atas dari segitiga.

Selanjutnya pisahkan atau kasih jarak dari 2 mur stelan komstir, yang posisinya ada dibagian bawah segitiga atas. Untuk memisahkan jarak antar ke 2 mur tersebut lumayan susah ya bro, jadi getok mur bagian atas kearah kiri dengan menggunakan obeng min.

Jika kedua mur telah terpisah, langkah selanjutnya menggetok mur bagian bawah. Untuk stang Vixion yang terasa ngebanting, getok mur kearah kiri. Sementara buat Vixion yang stng kemudinya terasa mau copot, bisa dengan menggetok mur bagian bawah kearah kanan.

Langkah selanjutnya mengecek stelan komstir tersebut, caranya dengan menggoyangkan stang kemudi kearah kanan dan kiri, Kemudian pegang kedua shock depan dan gerakan shock tersebut kedepan dan belakang, jika terasa masih oblag bisa kencangkan lagi stelan komstirnya.  

Setelah setelan komtir dirasa pas kencangkan atau dekatkan mur stelan komstir atas dengan mur stelan komstir bagian bawah.

Kemudian kencangkan baud segitiga atas dengan menggunakan kunci ring 17 mm dan janggan lupa kencangkan baud samping pada segitiga atas dengan menggunakan kunci L6. 

Supaya lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya. Jika masih belum ada videonya, sabar sebentar ya bro, masih tahap proses.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor…  

Posting Komentar

0 Komentar