Cara Pasang Voltmeter Motor yang Mempunyai Kabel Tiga & Kabel Dua

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi diblog dan channel otomotif yang membahas seluk beluk sepeda motor. Mulai dari tutorial bongkar pasang, review motor terbaru dan masih banyak lagi. Nah kebetulan kali ini kita akan ngomongin cara memasang volt meter yang mempunyai 3 jalur kabel pada sepeda motor. Sebenarnya ada banyak sekali volt meter sepeda motor yang dijual, mulai dari harga Rp 40.000 – 100.000, Sehingga ada banyak variasi merk, jalur kabel dan masih banyak lagi. Sebenarnya apasih kelebihan memasang volt meter pada sepeda motor ? Nah, ini para biker harus tahu fungsi dan kelebihannya memasang volt meter pada tunggangan kesayangannya. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro..

Fungsi Voltmeter Pada Sepeda Motor

Seperti namanya volt meter, tentu fungsinya untuk mengukur tegangan listrik dan kebetulannya dipasang pada sepeda motor. Maka voltmeter akan mengukur tegangan listrik pada motor yang berasal dari aki, kenapa dari aki bukan spul ?. Jika dari spul maka tegangan yang dihasilkan sangatlah besar bisa lebih dari 30 volt, sementara jika mengambil jalur dari sistem beban / output aki / accu. Tegangan yang diukur tidak lebih dari 20 volt (dengan catatan kondisi kiprok tidak rusak), jika kiprok rusak maka tegangan yang diukur bisa lebih dari 20 volt. 



Fungsi volt mater secara nyata jika dipasang pada sepeda motor, untuk mempermudah memantau kondisi aki / battrey dan memantau bagus tidaknya sistem pengisian motor. Kodisi aki yang ngedrop atau soak akan terlihat jelas saat kita memutar kunci kontak On, saat itu juga volt mater akan menyala dan menampilkan berapa tegangan dari aki tersebut. Jika tegangan aki dibawah 11,50 volt maka bisa dipastikan aki mulai soak, kalau tegangan aki terbaca 5 volt maka bisa dipastikan aki benar – benar soak dan rusak. Selain itu volt meter juga berfungsi untuk memantau tegangan pengisian yang masuk kedalam aki, tegangan pengisian ini berasal dari spul pengisian kemudian diolah oleh kiprok / rectivier. Kemudian disalurkan ke dalam aki, jadi tegangan pengisian ini menjadi penentu apakah aki akan bertahan lama (awet) atau malah cepat ngedrop. Tegangan pengisian yang bagus bisa diukur dengan voltmeter saat kondisi motor digeber alias digas dengan putaran mesin sekitar 5000 rpm, atau saat dipakai jalan dengan kecepatan 60 kilometer / jam. Pada kecepatan dan putaran mesin diatas, voltmeter harus menunjukan 14 volt. Tegangan pengisian tersebut tidak boleh lebih dari 16 volt dan tidak boleh kurang dari 13 volt. Bagaimana jika kurang atau lebih dari kriteria tersebut ? Maka kemungkinan besar ada masalah pada sistem pengisian. Masalah tersebut bisa berupa, kiprok rusak, spul rusak serta kabel body yang putus dan terbakar.

Cara Memasang Volt Meter pada Sepeda Motor

Sebelum kita memasang voltmeter kita perhatikan terlebih dahulu jumlah kabel pada voltmeter tersebut, sebab dipasaran ada yang memakai 2 kabel dan ada yang memakai 3 kabel. Sebenarnya cara pasangnya hampir sama bro, yaitu sambungin ke kabel positif dan ke kabel negatif atau tempel ke rangka alias sasis. Voltmeter yang mempunyai 3 kabel, ada 2 kabel yang disambung ke kabel positif (+) dan ada 1 kabel yang disambung ke kabel negatif  (-) atau masa rangka.

Setelah itu kita akan menentukan kabel positif (+) dari motor tersebut, kabel yang kita sambung adalah kabel output kunci kontak atau kabel sistem beban. Sistem beban yang kita maksud adalah klakson, lampu rem, lampu senja dan masih banyak lagi. Tapi jangan salah sambung kabel sistem bebannya ya bro, maksudnya kita menyambung pada kabel keluaran (output) kunci kontak dan kabel sebelum masuk (input) relay ayau saklar. Semisal kita akan menyambungnya pada input saklar / swit rem belakang yang berwarna hitam, maka voltmater akan menyala dengan benar. Tapi jika kita menyambungnya ke output swit rem belakang yang berwarna hijau / kuning pada motor honda, yang terjadi lampu belakang akan menyala dan volmeter akan menyala. Nah, saat swit rem belakang dimatikan atau dilepaskan, lampu rem dan voltmeter akan mati. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro, jika masih ada pertanyaan atau ada sesuatu yang belam jelas. Silahkan komen pada video ini dan bantu gua dengan susbcribe, like, komen dan sharenya ya bro.. agar channel dan blog ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi. 





Akhir kata dari gua, tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor… wor.. 

Komentar