Perbedaan Kode dan Kunci Busi Honda PCX 160 dan PCX 150 Lokal

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi diblog otomotif yang membahas informasi terbaru dari sepeda motor roda dua. Kali ini kita akan ngomongin spark plug atau busi  pada sepeda motor Honda PCX 160 dan PCX 150, motor yang diandalkan oleh pabrikan sayap mengepak untuk menjegal penjualan Yamaha N-Max 155. Persaingan matic gambot antara 2 motor matic dengan cc 150 an, memang terbilang alot dan sengit. Belum lama ini Honda mengeluarkan Honda PCX 160, dan ternyata banyak banget perbedaan yang terjadi pada motor ini, jika dibandingkan dengan Honda PCX 150. Perbedaan itu diantaranya, mesin PCX 160 sudah menggunakan DOHC (2 klep), volume ruang bakar yang lebih besar, ECM, spidometer, cover body sampai hal – hal kecil seperti busi.



Busi Honda PCX 150 kode bawaan MR9C-9N untuk merk NGK, sedangkan merk Denso menggunakan kode U27EPR-N9, bagaimana dengan kode busi CPR9EA. Untuk busi CPR9EA busi alternatif dari NGK, sebab kode busi MR9C – 9N masih lumayan susah ditemukan dipasaran. Busi – busi tersebut menggunakan ukuran kunci busi 16 mm, dengan panjang ulir busi 19 mm. Usia penggantian busi ini sekitar 8 bulan atau 8.000 kilometer, tapi hal ini kembali lagi ke biker’s tersebut. Kalau kebetulan lagi ngga punya dana masa mau ngutang ke orang bengkelnya he…. He… penggantian per 8 bulan tersebut merupakan saran yang diberikan oleh pabrikan sepeda motor, lebih khususnya Honda karena lagi lagi ngomongin produk mereka. Busi Honda PCX 150 ini dijual dengan harga sekitar RP 25.000, dipasaran bengkel.

Sementara busi Honda PCX 160 menggunakan busi LMAR8L-9 yang mempunyai ukuran kunci ring 14 mm. Sedangkan panjang ulir dari busi ini sekitar 26,5 mm, jadi busi Honda PCX 160 lebih panjang dan lebih kecil jika dibandingkan dengan busi Honda PCX 150. Busi Honda PCX 160 ini dijual dengan harga sekitar Rp 70.000, dengan bahan nickel alloy busi Honda PCX 160 termasuk busi standart. Yang mempunyai umur penggantian setiap 12.000 kilometer atau setiap 1 tahun sekali. Secara bentuk busi Honda PCX 160 hampir sama dengan Honda CBR250RR, tapi perbedaan mencolok saat kita melihat harga dan kode busi ini. Harga busi CBR250RR sekitar Rp 200.000, dengan kode busi SILMAR8C-9, busi Honda CBR250RR ini termasuk busi iridium. Jadi harganya lumayan berkali lipat jika dibandingkan dengan busi – busi motor standart lainnya.


Jika kebetulan lo mau mengupgrade busi Honda PCX 160, bisa dengan menggunakan busi dengan kode LMAR8BI-9 Laser Iridium atau LMAR8ADX-9S moto DX Spark Plug. Untuk masalh busi – busi ini silahkan cari sendiri di marketplace ya bro.. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video dibawah ini ya bro, dan jangan lupa bantu gua dengan like, komen, share dan subscribenya. Agar channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu apshal selalu.. wor… wor...        

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Terima kasih admin,saya suka artikelnya.semoga semakin jaya.aamiin

    BalasHapus