Sensor CKP Honda Vario 110 ESP, Scoopy Donat dan PCX 150

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, CKP sensor atau crankshaft position sensor alias pulser untuk bahasa ngga kerennya he… Tapi pada motor – motor injeksi terutama yang telah menggunakan sistem ACG (alternating current generator) atau bahasa gampangnya starter halus dan tidak menggunakan dinamo starter sebagai tenaga untuk elektrik starter. Waduh maksudnya ngga ini bro, gampangnya begini bro, motor – motor yang ngga kekinian biasnya saat biker menyalakan elektrik starter, dinamo starter akan berputar dan putaran tersebut akan mengenai pinion starter yang posisinya ada dibelakang magnet. Sehingga kruk as akan berputar untuk menyalakan mesin, tapi pada motor yang menggunakan ACG starter. Komponen dinamo starter dan pinion starter telah dihilangkan dan digantikan oleh lilitan spul dan sensor pulser yang lebih canggih dan komplek.

Letak Sensor CKP Vario 110 ESP dan Scoopy 110 Donat 2018

Pada umumnya sensor CKP terletak dibalik magnet, begitu pula letak sensor CKP Honda Vario 110 ESP dan Scoopy Donat. Untuk melihat kondisi sensor CKP pada Honda Vario 110 dan Scoopy Donat, yaitu dengan membuka cover magnet, kemudian kipas dan magnet itu sendiri.  Dibalik magnet itulah terdapat spul CKP, untuk melapas spul assy kita harus melepas 3 baud L5 pada spul, 1 baud L5 di CKP sensor dan 2 buah baud 10 sebagai penahan plat kabel spul.    

Persamaan Sensor CKP Scoopy Donat, BeAT ESP, Vario 125 dan PCX 150

Berhubung sensor CKP termasuk part ghoib alias lumayan susah untuk mendapatkannya, entah yang original maupun yang kw. Tapi itu semua tetep masih ada solusinya bro, caranya dengan substitusi part ya bro. Untuk substitusi spare part kita hanya menggunakan sensor CKP nya saja, bukan spul assy atau spul satu set. Kebetulan sensor CKP Scoopy donat, Vario 110 esp dan PCX 150 mempunyai 4 kaki. Sementara BeAT esp, BeAT Pop dan BeAT Street mempunyai 3 kaki pada sensor CKP nya. Untuk Vario 125 dan Vario 150 menggunakan 3 kaki pada sensor CKP nya, tapi bentuknya berbeda dengan sensor CKP punya BeAT esp.  

Berapa Harga dan Kode Sensor CKP Vario 110 ESP dan Scoopy Donat 2018

Sebelum kita ngomongin harga, kita bikin patokan terlebih dahulu ya bro. Sebab kalau ngomongin tentang harga pasti sangat bervariatif banget bro, nah patokan yang kita gunakan yaitu HET (harga eceran tertinggi) yang dikeluarkan oleh AHM selaku yang punya barang. Untuk memantau harga sesuai HET, kita bisa menanyakan ke bengkel resmi atau kalau mau mengeceknya secara online. Bisa dengan kepoin harga spare part di Honda Cengkareng, kalau di market place gimana ? Bisa saja tapi pada kenyataannya akan pusing sendiri. Sebab ada banyak sekali harga yang ditawarkan, ada yang menjual spull assy (spul dan sensor ckp satu set) atau ada yang menjual sensor CKP nya saja.



Sensor CKP Honda Scoopy Donat dan Vario 110 mempunyai kode part 31220-K46-630 yang biasanya dijual sekitar Rp 240.000, Selain itu Honda Scoopy donat dan Vario 110 ESP bisa menggunakan sensor CKP Honda PCX 150 lokal. Nah, untuk spul assy atau spul satu set Honda Scoopy donat 2018 dan Vario 110 esp mempunyai kode 31220K46N21 yang dibandrol sekitar Rp 620.000,

Apa yang Terjadi Jika Sensor CKP Rusak

Ada beberapa akibat yang akan terjadi jika sensor CKP rusak, untuk lebih jelasnya langsung saja kita chcek it dot ya bro.

Lampu Mil Berkedip – Kedip

Biasanya lampu MIL atau lampu injeksi yang berkedip – kedip menjadi ciri yang paling umum terjadi saat sensor CKP rusak. Lampu injeksi akan berkedip sebanyak 52 kali bro. Tapi kalau ada biker yang menjawab lampu berkedip 7 kali ya sah – sah saja, sebab biker tersebut belum paham betul karena pola pada kedipan tersebut. Ada 5 kedipan panjang dan 2 kedipan pendek, jika dicermati dengan seksama.

Elektrik Starter Sering Tidak Bisa

elektriik starter atau dobel starter yang sering kali tidak bisa digunakan juga bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada sensor CKP. Tapi sebelum kita menjudge sensor CKP lah biang kerok dari semuanya, kita bisa mengukur tegangan aki saat kita melakukan dobel starter / starter elektrik.

Motor Susah Dihidupakan

Sensor CKP berfungsi untuk memberi tahu posisi crank shaft dengan mengirim sinyal arus listrik ke ECU / ECM, nah ECM inilah yang akan membaca dan mengolah sinyal tersebut. Sebelum memerintahkan ke sensor – sensor lainnya pada sepeda motor, jika sinyal yang dikirimkan dari sensor CKP mengalami masalah atau tidak stabil. Akan membuat motor menjadi susah dihidupkan, malah terkadang membuat motor menjadi mati – matian atau sering mogok.   

Cara Cek Sensor CKP Vario 110 dan Scoopy Donat

Untuk menegecek sensor CKP sebenarnya hampir sama dengan kita mengecek pulser, cuman pada sensor CKP motor – motor yang telah menggunakan ACG starter lebih rumit. Karena ada 2 soketan dan spul assy, 1 soket kabel besar yang berisi 3 kabel besar untuk spul pengisian dan penggerak saat elektrik starter. Sedangkan 1 soket lagi berisi 6 kabel kecil, untuk sensor CKP, kabel – kabel tersebut akan langsung mengarah ke ECU / ECM, selaku komputer kecil dari sepeda motor. Untuk mengecek sensor CKP pada motor – motor yang kita bahas ini lumayan susah bro. Sebab yang kita ukur adalah tegangan bukan hambatannya, kalau mengukur tegangan kunci kontak harus On, dan soket – soket kabel harus terpasang. Jadi kita membutuhkan alat bantu untuk melakukan pengecekannya, yaitu ECM tester. Nah, berikut standar pengecekan dan jalur kabel yang akan kita cek pada sensor CKP.

Hubungkan W/R – Massa, W/Bu – Massa, W/Bl – Massa, Bu/Y – Massa satndar pengukuran 5- 10 volt.

Hubungkan Br/Bl – Massa dengan standar pengukuran sesuai tegangan batrey.


Nah untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like dan subscribe pada video dibawah ini.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar