Cara Ganti Seal Shock Honda Supra X 125 Injeksi dan Revo 110 Injeksi

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, balik maning diblog dan channel youtube yang membahas masalah sepeda motor mulai dari review, trobel shooting, kelistrikan, mesin serta tips dan trik terbaru. Kali ini kita akan membahas masalah suspensi depan pada Honda Supra X 125 injeksi dan Revo 110 injeksi. Kebetulan kedua motor ini yang masih tersisa di barisan motor bebek Honda. Pasti sudah pada tahulah, setelah motor matic menjadi primadona baru bagi para biker’s. Mulai dari ibu – ibu PKK, bapak – bapak, om – om, tante – tante dan bocah – bocah ember lainnnya he… he… 

Honda Supra yang biasa dikenal sebagai motor bapak dan Revo koprasi, kebetulan mempunyai suspensi yang hampir sama. Mulai dari model clip dan ulir pada tutup as shock, ya…  benar untuk kedua motor ini mempunyai 2 model shock depan ya bro. Untuk model tutup as shock model klip, adalah hal yang paling umum dipakai oleh Honda pada tiap jenis motor babak dan matic. Sementara untuk model ulir pada tutup shock depan paling jarang ditemui, hanya tipe – tipe motor tertentu saja seperti Honda Spacy karbu, BeAT esp, Revo FI dan Supra X helm in.

Nah untuk kali ini kita akan membahas shock depan model ulir ya bro, jadi jika kebetulan shock depan motor lo model ulir. Bisa langsung eksekusi sendiri, yang terpenting punya kunci – kunci yang bagus bukan kaleng – kaleng he… he… Kuras oli shock bisa dilakukan setiap setahun sekali ya bro atau 12.000 kilometer, jika mengukurnya dari jumlah odometer.   

Cara Kuras Oli Shock Honda Supra X 125 dan Revo 110 Injeksi

Untuk menguras oli shock kedua motor ini kita membutuhkan beberapa peralatan seperti kunci L bintang T40, kunci L 10, Kunci L 6, ring 14 – 17 mm, ring 17-19 mm, T8 mm, T10 mm dan gelas ukur.

Ok langsung saja kita eksekusi bro, yang harus kita lakukan yaitu melepas roda depan dengan menggunakan kunci ring 14 mm dan 19 mm. 

Setelah itu lepaskan caliper rem dengan menggunakan kunci L bintang T40 dan baud 10 pada klem minyak rem.

Langkah berikutnya melepas sparkboard, caranya cukup melepas baud 8 pada sisi kanan - kiri dan bawah.

Jika sparkboard depan telah terlepas, maka akan terlihat tutup as shock secara utuh.

Kemudian masukan kunci L10 pada tutup as shock dan putar kearah kiri, maka tutup as shock akan kendor. Tapi untuk mengendorkan tutup as shock lumayan susah ya bro, saat kita memasukan kunci L 10 tersebut.

Lepaskan baud 14 pada segitiga, jika masih bawaan pabrik baud tersebut ada 2 buah pada satu sisi as shock. Jika ke 2 baud telah terlepas, tarik ke bawah as shock tersebut sampai benar – benar terlepas.

Langkah berikutnya melepas tutup as shock depan yang tadi telah kita kendorkan ya bro, dan tuangkan oli shock ke wadah mangkok. Jangan heran ya bro, jika oli shock telah berubah warna hutam ke abu – abuan dan mempunyai aroma yang harum banget he… he…

Setelah itu bersihkan pegas / peer shock dengan menggunakan bensin, dan siapkan oli shock sesuai dengan takaran yang telah ditentukan oleh pabrikan ya bro. Mengenai berapa banyak jumlah takaran oli shocknya, silahkan baca pada artikel gua lainnya ya bro.

Jika oli shock telah dimasukan, maka rakit kembali komponen yang telah kita lepas tadi ya bro.

Cara Mengganti Seal Shock Honda Revo 110 Injeksi dan Supra 125 Injeksi

Langkah – langkah mengganti seal shock Honda Revo 110 injeksi dan Supra 125 helm in, hampir sama dengan mengganti oli shock kedua motor tersebut. Tapi ada beberapa pekerjaan tambahan saat kita mengganti seal shock depan pada Honda Supra 125 injeksi dan Revo 110 injeksi. Pekerjaan tambahan lainnya yaitu melepas baud L6, melepas seal debu, melepas klip pengunci dan melepas seal oli. Untuk mempersingkat artikel ini kita lanjut saja dari cara menguras oli shocknya ya bro.

Setelah kita melepas baud – baud pada segitiga, kita harus mengendorkan dan melepas baud L6 yang ada di bagian bawah dari buttom shock. 

Kemudian kita bisa memisahkan as dan buttom shock dengan cara menarik kedua part tersebut.

Berikutnya kita lepas seal debu dan seal oli, dengan menggunakan stelan angin dan ujung kunci T.

Nah biar lebih jelanya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subcribenya ya bro.




 Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar