Jalur dan Warna Kabel Kiprok Honda BeAT FI Starter Kasar, Scoopy FI serta Spacy FI

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin kiprok Honda BeAT FI atau biasa disebut sebagai BeAT starter kasar. Kiprok atau rectivaer adalah perakat elektrik pada sepeda motor yang tidak bisa diremehkan sama sekali. Kiprok selain berfungsi untuk sistem pengisian arus listrik ke aki / battrey, juga mempunyai fungsi pada sistem penerangan. Terutama pada sepeda motor yang menggunakan sistem penerangan AC atau arus bolak – balik. Pada sistem pengisian, kebanyakan sepeda motor menggunakan sistem pengisian AC untuk memastikan suplay arus listrik ke aki / batrey tetap terjaga. Sehingga aki tidak cepat ngedrop dan rusak, fungsi kiprok pada sistem pengisian yaitu menjaga arus listrik yang masuk ke aki tetap stabil dan sesuai dengan kebutuhan aki. Arus listrik yang dihasilkan oleh spul pengisian cukuplah besar bisa sampai 40 – 50 volt. Nah tugas kiprok disini menurunkan arus 40 volt tersebut menjadi 14,5 volt, tujuannya untuk apa bro ? Agar aki tidak mengembung dan akhirnya menjadi rusak. Arus yang berlebih tersebut akan dibuang oleh kiprok ke massa atau ground. Rusaknya kiprok pada sistem pengisian akan menyebabkan aki cepat rusak dalam hitungan 1 bulan pemakaian dari kondisi baru.

Selain sistem pengisian aki / batrey, sistem penerangan pada Honda BeAT FI starter kasar juga dikendalikan oleh kiprok. Fungsi kiprok pada sistem penerangan hampir sama pada sistem pengisian, yaitu menjaga arus listrik agar tetap stabil sampai ke lampu utama. Sebab lampu utama pada Honda BeAT starter kasar mempunyai tegangan 12 volt dengan daya 35W/35W. Sementara rusaknya kiprok pada sistem penerangan akan membuat lampu utama menjadi gampang putus, bisa dibilang ngga sampai seminggu lampu bakalan putus. Bahkan ada yang baru ganti lampu utama kemudian gas digeber / blayer, lampu lampu langsung putus atau malah bisa pecah.



Nah kebetulan kali ini kita akan ngomongin jalur soket dan warna kabel dari Honda BeAT FI starter kasar, kebetulan juga kiprok ini juga bisa digunakan untuk motor Scoopy FI starter kasar dan Honda Spacy FI. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat foto diatas ini bro, sementara keterangan jalur kabel ada dibawah ini ya bro.

Jalur Kabel Kiprok Honda BeAT fi Starter Kasar

Kabel warna hijau berasal dari massa (-) atau ground.

Kabel warna putih berasal dari spul pengisian.

Kabel warna kuning berasal dari swit atau saklar dimer lampu utama.

Kabel warna merah / hitam berasal dari kunci kontak.

Kabel warna merah / putih berasal dari sekring utama 15 ampere.

Ingat ya bro kiprok Honda BeAT FI memang terlihat hampir sama dengan kiprok Honda Supra Helm in dan Supra x 125 tahun 2019, dimulai dari bentuk dan soketannya. Kiprok Honda BeAT FI mempunyai kode 31600 K25 931 atau 31600 KZLE 01, untuk masalah harga, kiprok ini dibandrol sekitar Rp 350.000, Nah untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya ya bro.


Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.       

Posting Komentar

0 Komentar