Penyebab Oli Mesin Netes dan Bocor Pada Honda BeAT Injeksi, Esp dan Karburator

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi blog otomotif roda du yang membahas seluk beluk sepeda motor. Untuk kali ini kita akan ngomongin masalah yang seringkali terjadi pada motor Honda BeAT karburator, BeAT injeksi dan BeAT esp. Masalah tersebut yaitu oli mesin yang rembes atau oli mesin yang menetes tepat dibawah mesin sebelah depan. Netesnya oli mesin dari mesin sebelah depan baiasanya kan disadari para biker saat motor telah diparkirkan dirumah. Banyak sedikitnya oli mesin yang menetes pada motor tersebut tidak bisa digebug rata ya bro, karena ada motor BeAT yang kebetulan menetes oli mesin dengan jumlah yang sedikit ada pula yang menetes dengan jumlah banyak.

Apakah oli mesin yang menetes dari mesin ini berbahaya ? Ya tentu saja berbahaya jika durasi waktu yang lama. Apalagi jika jumlah oli mesin yang lumayan banyak sampai membuat lantai menjadi licin. Dalam jangka panjang oli mesin yang menetes tanpa dilakukan perbaikan akan membuat mesin menjadi kehabisan oli mesin. Sehingga akan mengakibatkan pelumasan mesin menjadi tidak maksimal, hal ini akan membuat suara mesin menjadi kasar dan mesin cepat panas. Jika sampai kehabisan oli mesin karena oli mesin yang menetas, maka akan mengakibatkan piston ngancing atau ceket alias ngejim. Nah kalau sudah kayak gini lo bakalan keluarr duit banyak, sebab ada banyak part yang harus dilakukan penggantian agar motor bisa kembali dikendarai.

   

Penyebab Oli Netes atau Rembes dari Bawah Blok Mesin

Khusus buat BeAT family seperti Scoopy dan Spacy, entah dari karburator sampai injeksi, jika mengalami masalah oli mesin yang menetes dari blok mesin bagian depan. Maka biasanya disebabkan oleh seal cover head atau gasket cover head, sil berada dibagian depan mesin dengan bentuk hampir kotak. Ada banyak jenis seal cover head ya bro, hal ini terganttung dengan jenis motor beat itu sendiri. Ambil contoh BeAT dan Scoopy karburator menggunakan kode seal KVY yang dijual sekitar Rp127.000, sedangkan untuk BeAT starter kasar menggunakan kode GGC yang dibandrol sekitar Rp 35.500,

Harga dan kode part diatas sesuai dengan harga eceran tertinggi dari AHM untuk part original ya bro. Sedangkan untuk part kw atau imitasi biasanya dibandrol sekitar Rp 8.000 – 40.000, dipasaran. Rusaknya seal cover head biasanya disebabkan karena usia pakai, pemasangan part dan part kw alias imitasi. Pada dasarnya seal terbuat dari karet, jadi dalam jangka waktu lama dan terkena panas mesin akan membuat seal tersebut menjadi kaku dan pecah. Sedangkan untuk pemasangan seal yang tidak pas pada dudukannya akan membuat seal tersebut terjepit, sehingga seal akan sobek dan membuat oli mesin menjadi bocor. 

Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin

Jika penyebab oli rembes pada Honda BeAT, Scoopy dan Spacy kalian disebabkan oleh seal tutup head atau gasket cover head. Maka tidak perlu dilakukan bongkar mesin ya bro, dengan catatan tidakk ada baud cover head yang patah. Tapi kalau ada baud yang patah, kadang dilakukan bongkar mesin atas untuk memperbaiki baut tersebut.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Rembes

Memperbaiki oli mesin yang rembes pada kasus seperti ini yaitu dengan mengganti seal cover head, tapi jika lo belum punya dana maka bisa diakali dengan melakukan pengeleman pada seal tersebut. Lem yang digunakan bisa dengan menggunakan lem three bond dan silicone red. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya ya bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar