Biaya Perbaikan Honda BeAT Injeksi yang Kehabisan Oli Mesin

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, motor BeAT kehabisan oli mesin ??? piston ngancing atau ceket alias gancet. Kalau sudah begini gaswat banget bro, sebab butuh banyak dana untuk memperbaiki motor BeAT injeksi yang kehabiasan oli mesin tersebut. Tapi sebelum kita ngomong kesana kemari, gua mau minta bantuan lo semua bro. Yaitu bantu dan dukung gua dengan like, komen, share dan subscribenya ya bro. Honda BeAT yang kehabisan oli mesin akan mempunyai beberapa akibat pada mesin motor tersebut. Akibat yang paling ringan jika oli mesin habis yaitu suara motor menjadi sangat kasar. Kronologi pertama biasanya begini bro, biker mendengar suara mesin kasar sehingga motor dilakukan servis dan ganti oli. Nah pada saat penggantian oli mesin baru diketahui, tidak ada oli mesin yang tersisa sedikitpun. Kemudian oli mesin baru dituangkan ke dalam mesin, setelah motor dihidupkan suara mesin tidak akan kasar seperti sebelum penggantian oli. Kondisi seperti ini biasanya akan membuat 2 kemungkinan yaitu motor ngebul putih dengan suara mesin menjadi kasar. Atau suara mesin kasar tanpa disertai dengan knalpot yang menjadi ngebul.

Sedangkan kronologi kedua saat motor kehabisan oli mesin yaitu motor secara tiba – tiba mogok mendak. Saat kita mencoba untuk menghidupkan kembali dengan menggunakan elektrik starter ataupun kick starter motor tidak hidup sama sekali. Tapi ada yang beda bro, saat motor secara mendadak karena kahabisan oli mesin. Perbedaan itu akan sangat terasa jika kita melakukan kick starter / menyelah, jadi motor yang kehabisan oli mesin akan sangat berat saat melakukan kick starter. Bisa dikatakan motor tidak bisa diselah sama sekali, hal ini diakibatkan piston / seher yang terkunci / tidak bisa bergerak naik turun didalam blok cylinder. 




Dari kedua kronologi diatas, secara garis besar menyelesaikan masalahnya yaitu dengan melakukan penggantian piston dan stang seher. Tapi ada solusi termurahnya bro, yaitu dengan mengganti piston kit dan korter saja. Apakah ganti piston doang hasilnya maksimal ? Sebenarnya kurang makasimal bro.. Sebab bearing bambu dan bearing kruk as tidak ada pelumasan, sehingga dudukan peluru baja pada bearing akan tergores dan luka. Akibatnya putaran kruk as menjadi tidak maksimal alias agak seret. 

Solusi terbaik untuk mengatasi motor Honda matic terutama beAT injeksi yaitu dengan mengganti stang seher, bearing kruk as, piston kit dan korter. Kebetulan ada 2 pilihan penggunaan stang seher, mau menggunakan stang seher assy atau stang seher pretelan. Stang seher assy mempunyai harga yang lebih mahal, tapi stang seher ini langsung rakitan pabrik. Tapi bearing kruk as sebelah kiri harus kita pasang sendiri, sedangkan kruk as pretelan mempunyai keunggulan harga yang lebih murah. Untuk memasang dan membalancingnya kita harus ke bengkel bubut, ya …. Walaupun terlihat seperti getak – getok doang pada pada kruk as, tapi bisa diandalkan bro.

Nah, berikut estimasi pekerjaan perbaikan Honda beAT injeksi yang kehabisan oli mesin. O… iya, etimasi ini bukan hanya untuk Honda beAT injeksi saja ya bro, juga bisa dipakai untuk Honda beAT karburator dan beAT esp.

Part Wajib Diganti Saat Kehabisan Oli Mesin

Part yang gua maksud disini jika perbaikan yang lo lakukan secara SOP, jika tidak sesuai anjuran pabrikan. Ya itu kembali lagi ke owner motor tersebut dan mekanik yang menanganni motor yang kehabisan oli mesin ini. Contoh simpelnya jika sesuai SOP bongkar mesin sebaiknya dilakukan juga penggantian paking / gasket, nah kalau tidak sesuai SOP ngga perlu ganti paking. Cuman melakukan pengeleman pada paking / gasket tersebut, untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro.

Nama Part Harga

Gasket 60.000,

Seal klep 20.000,

Piston Kit 130.000,

Korter 50.000,

Oli mesin 50.000,

Skir klep 50.000,

Bongkar mesin total 300.000,

Part Pilihan

Pilihan yang gua maksud disini jika motor beAT yang kehabisan oli mesin melakukan penggantian stang seher / connecting rod. Kalau hanya part – part yang diatas saja bagaimana ? Ngga masalah asalkan mekaniknya bisa melepas piston dari connecting rod. Ada tapinya ya bro, kadang putaran kruk as akan sangat berat. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak akan maksimal seperti sebelum motor kehabisan oli mesin. Untuk part pilihan disini kita akan membaginya menjadi 2 ya bro, sesuai dengan stok dipasaran.


Pilihan Pertama

Nama Part Harga

Kruk as assy 550.000,

Bearing Kruk as kiri 90.000,


Pilhan Kedua

Nama Part Harga

Kruk as pretelan 200.000,

Bearing kruk as kiri 90.000,

bearing kruk as kanan 90.000,

ongkos pasang bearing 30.000,


Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, komen, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal. 

Posting Komentar

1 Komentar