Honda Grand dan Supra 100 Oli Mesin Tidak Naik karena Jalur Oli Mempet

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali para bro semua diblog yang khusus membahas seluk beluk sepeda motor. Pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin, motor – motor C series yaitu Honda Supra 100, Grand, Supra Fit dan kerabat dekatnya. Sesuai dengan umur ya bro, motor bapak mempunyai banyak keluhan. Mulai dari cover geter, ban geol, shock jedug dan mesin kasar. Harap maklum sebelumnya ya bro, motor perjungan bapak – bapak ini sudah menempuh banyak asam – manis kehidupan he… 

Kebetulan yang akan kita bahas kali ini masalah mesin ya bro, kita kesampingkan masalah lainnya he… he… Selayaknya motor tua pasti ada bae masalahnya, seperti suara mesin yang sangat kasar tapi kondisi knalpot tidak mengeluarkan asap putih sama sekali sama. Suara mesin yang terdengar ngletek terjadi saat kondisi rpm bawah dan rpm atas. Hal seperti ini ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebabnya, seperti kehabisan oli mesin, stelan klep renggang, stang seher kena / rusak dan masih banyak lagi. Untuk mencari tahu penyebab suara mesin kasar pada Honda Supra 100, Grand dan kawan – kawan. Kita bisa mengeceknya terlebih dahulu volume oli mesin dan kemudian cek bagian stelan klepnya bro. 


Jika takaran oli mesin masih ada dan stelan klep tidak longgar, kita bisa melihat komponen – komponen dibagian head cylinder. Apakah komponen – komponen dibagian head cylinder basah / terlumasi oleh oli mesin. Jika kondisinya kering tidak ada bekas oli mesin, besar kemungkinan oli mesin tidak naik ke head cylinder. Untuk membuktikan hal ini kita bisa menghidupkan motor tersebut dan membuka tutup klep. Agar oli mesin dibagian head cylinder terlihat muncrat ke luar mesin.

Penyebab Oli Mesin Tidak Naik ke Head Cylinder

Ada banyak penyebab yang bisa membuat oli mesin tidak naik ke head cylinder, seperti pompa oli yang rusak, jalur oli mesin mampet karena residu / ampas kotor, paking / gasket tidak ada lubang jalur oli dan roll pompa oli yang terkikis habis. 





Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan share. Salam oprex dan salam satu asphal.         

Posting Komentar

1 Komentar