Motor Ngebul, Ini Biaya Ganti Seher Honda Verza, Megapro Monoshock dan CRF150L

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali para bro semua. Kali ini kita akan ngomongin motor ngebul alias knalpot yang berasap putih. Kebetulan motor yang akan kita bahas Honda New Megapro monoshock dari karburator, injeksi, Verza 150, CB150Verza dan CRF150L. Kenapa borongan bro, sebab motor – motor tersebut mempunyai kesamaan. Ya bisa dikatakan beda tipis, sehingga antara komponen mesin bisa dilakukan substitusi atau saling tukar – menukar. Piston motor – motor Honda Verza dan ganknya mempunyai diameter 57,3 mm dan mempunyai kode part KRM. Piston original dari Verza, Megapro Monoshock ini biasanya dibandrol sekitar Rp 150.000, sedangkan piston  merk NPP untuk Verza ini biasanya dijual sekitar Rp 120.000, dipasaran.

Selain menggunakan piston dengan kode part KRM, kita juga bisa menggunakan piston dengan kode K84 kepunyaan Honda CRF150L. Tapi piston ini dijual terpisah alias pretelan, untuk pistonnya sendiri dibandrol dengan harga Rp 102.000, ring piston mempunyai harga Rp 60.000, pen piston Rp  20.000 dan clip pen dijual sekitar 6.000, selain itu banyak juga bereda piston – piston aftermarket dari berbagi merk seperti merk NPP, FIM dan masih banyak lagi.

Nah kali ini kita akan ngomongin apa sih penyebab penggantian seher / piston ? Pada sepeda motor terutama Honda Megapro monoshock, Verza, CRF150L dan CB150Verza. Penyebab yang pertama berasal dari usia pakai dari motor tersebut, hal ini tidak bisa diganggu gugat ya bro. Penyebab yang kedua karena penggunaan oli mesin palsu, nah dipasaran banyak sekali beredar oli mesin hasil daur ulang atau oli palsu. Sekilas oli tersebut akan sama dengan oli mesin asli, tapi secara kualitas oli palsu akan lebih cepat membuat gesekan mesin menjadi lebih besar.

Biaya Ganti Piston Honda Megapro Monoshok, Verza 150 dan CB150 Verza


Ingat ya bro, ini estimasi pekerjaan atau bisa dikatan perkiraan. Jadi masalah harga dan penggantian part bisa berubah – ubah, tergantung dengan lokasi bengkel, biaya jasa dan spare part yang diganti. Pada umumnya penggantian piston / seher akan dibarengi dengan penggantian ring piston, korter, paking – paking, seal klep dan oli mesin. Kadang ada beberapa tambahan penggantian part yang terkait dengan komponen tersebut, seperti keteng, lifter tensioner, lidah tensioner, klep dan bosh klep. Tapi kita akan gebug rata saja ya bro, maksudnya komponen yang rusak hanya piston kit.


Piston Kit 150.000,

Paking Top 60.000,

Korter 50.000,

Skir klep         50.000,

Seal klep         20.000,

Bongkar pasang mesin atas 350.000,


Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro...




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal wor... wor...

Posting Komentar

0 Komentar