Cara Cek Laher atau Bearing Roda Depan Motor yang Rusak

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, bearing roda atau biasa kita sebut sebagai laher roda. Yaitu bantalan peluru baja yang terdapat pada velg yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dan dan memperlancar putaran roda. Sebenarnya pada sepeda motor terdapat bangay bearing / laher, yang membedakannya yaitu posisi laher tersebut. Ada bearing roda, bearing mesin, bearing CVT, bearing gardan, bearing noken as dan bearing kopling. Jadi setiap motor mempunyai jumlah bearing yang berbeda – beda, selain itu antara bearing mesin dan bearing roda juga mempunyai perbedaan kerenggangannya. Ya walaupun jika ada bearing roda mempunyai ukuran yang sama dengan bearing mesin, dan bisa dipasang. Tapi bearing roda sangat beresiko jika dipasang pada bagian mesin, resikonya apa ? Bongkar mesin berkali – kali. Ya walaupun kadang kalau lagi mentok, tidak ada bearing mesin tetap memakai bearing roda. 

Apa yang Terjadi Jika Laher Motor Rusak

Sesuai dengan judul kita akan lebih fokus ngomongin laher roda depan ya bro, bukan laher atau bearing lainnya. Laher roda depan yang rusak akan membuat motor terasa geal – geol dan susah dikendalikan. Untuk laher roda depan yang mulai rusak, kondisi geal – geol tidak akan terlalu berasa. Nah kalau laher roda sudah rusak parah, maka bisa dipastikan roda depan tidak bisa berputar dengan normalnya.   

Penyabab Laher Roda Motor Rusak

Ada banyak penyebab laher roda depan rusak, berikut beberapa penyebab bearing roda depan cepat rusak.

Mulai dari usia pemakaian laher atau bahasa gampangnya laher roda terakhir ganti 2 tahun yang lalu. Jadi stelah 2 tahun ganti baru, kemudian sekarang rusak maka itu hal yang wajar. 



Material part yang kurang baik, akan membuat bearing atau laher cepat rusak.

Medan jalan yang terjal dan bergelombang akan lebih cepat merusak bearing roda, jika dibandingkan dengan jalan yang rata dan bagus.

Tekanan ban yang sering kempes akan membuat efek benturan lebih terasa ke bagian velg dan bearing roda.

Seal debu pada velg yang rusak dan tidak terpasang pada velg akan membuat air, secara langsung masuk ke dalam bearing roda.

Kapan Harus ganti laher Motor

Kapn sih sebaiknya ganti bearing / laher roda depan, nah pertanyaan kayak begini yang lumayan ribet dan ngejelimet. Jawabannya tergantu bro, lho kok tergantung ? Iya bro tergantung ada duit apa kagak di dompet he…. He…., kalau lagi sepet alias ngga ada dana sama sekali. Ujung – ujungnya ditunda kan bro, atau bisa saja ngutang dulu ha… ha… Tapi bukan sama gua ya bro, ganti laher roda depan sebaiknya dilakukan saat lo tahu bahwa kondisi bearing roda sudah rusak. Dan motor susah dikendalikan saat dikendarai, kalau masih belum parah bisalah dipending dahulu sambil menunggu dana.  

Gejala Laher Roda Rusak

Ada beberapa gejala yang akan terjadi jika leher roda depan mengalami kerusakan, diantaranya timbul bunyi atau suara desing pada bagian roda depan. Kemudian laher roda yang rusak akan menimbulkan teyeng / karat pada bagian velg, karet tersebut akan menempel disekitar seal debu dan velg. Selain itu motor yang susah dikendalikan juga menjadi gejala utamanya bro.

Laher Motor Berapa

Kalau ngomongin harga barang sebenarnya susah – susah gampang bro, sebab ada banyak faktor yang mempengaruhi. Yang pertama merk, untuk merk bearing original dan after market kelas atas seperti faito, SKF, NTN, koyo, TDR, Daytona, Nachi. Biasanya bearing roda tersebut dijual dengan harga Rp 30.000, untuk persatuannya. Selain itu juga bearing roda mempunyai banyak model, mulai dari pelindung besi, pelindung plastik dan tanpa pelindung. Mana yang paling murah bro, ya jelas tanpa pelindung dan paling mahal yang mengunakan pelindung besi. 

Sedangkan bearing roda yang menggunakan merk kurang dikenal ( sorry ngga gua sebutkan), biasanya dibandrol sekitar  Rp 10.000 – 15.000, Nah untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro. Dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya ya bro.. ya itung – itung lo bantuin blog dan channel ini bisa terus eksis di dunia roda dua.






Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal selalu ya bro...

Posting Komentar

0 Komentar