Mesin Klotok – Klotok serta Ngebul Putih, Honda Sonic, Supra GTR, CB150 LED dan CBR150LED

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, Honda Sonic dan kerabat dekatnya seperti Supra GTR, CB150 LED dan masih banyak lagi. Para biker’s dari kuda besi yang kita sebutkan tadi, sering kali mengeluhkan masalah suara mesin yang kasar atau klotok – klotok. Bunyi klotok – klotok tersebut tentu saja kaan membuat para biker’s menjadi risih, selain itu jika dibiarkan saja. Tanpa adanya perbaikan maka akan membuat piston dan klep saling bertabrakan. Kalau piston dan klep sudah tabrakan, maka sepeda motor tersebut tidak akan bisa dihidupkan karena tidak ada kompresi pada mesin. Sebelum semuanya terjadi segera lakukan pengecekan pada kedua komponen ini, yaitu lifter tensioner dan rantai mesin / keteng. Secara bentuk keteng Honda sonic dan teman – temannya ini tergolong intimiwir, sebab dia memakai jenis keteng kupu – kupu dengan 4 lapisan. Jika dibandingkan dengan motor bebek atau motor ayam jago sejenis, yang masih menggunakan keteng 2 lapis dan kadang sampai putus saat memakai keteng kw. 

Ukuran Piston & Pen Piston Honda Sonic

Honda Sonic dan kerabat dekatnya seperti CBR150LED, Supra GTR 150, CB150R, mempunyai banyak kesamaan. Mesin DOHC berpendingin cair atau radiatior ini, dengan volume ruang bakar 149,16 cc.  Dan ditanami langkah 57,8 mm dengan diamater piston 57,3 mm. Sedangkan ukuran pen pistonnya yaitu 14 mm dan kebetulan bisa dilakukan korter (membesarkan lubang cylinder comp). Nah, jika motor Honda Sonic atau temen – temennya menjadi mesin foging atau keluar asap putih melekat. Bisa dilakukan korter dan ganti piston kit, ya bro. Agak murah lah jika dibandingkan motor – motor sebelah dan sebelahnya lagi. Yang harus mengganti piston kit dan cylinder comp secara bebarengan untuk mengatasi foging tersebut.

Piston Honda Sonic dan temen ganknya dijual terpisah ya bro, jadi untuk melakukan penggantian piston kita harus mencari piston, ring piston, pen piston dan clip pengunci.  Berikut rincian harganya piston dengan kode 1310k56 dibandrol dengan harga 87 ribu, ring piston dengan kode part 13031k56 dibandrol 55 ribu, cli pen piston dihargai  Rp 500, dan pen pistonnya dihargai sekitar 12 ribu. Untuk mengatasi part yang saling terpisah dan tentunya bikin pusing ini. Kita bisa menggunakan part dari FIM yang dibandrol sekitar 150 ribuan.

Yang paling penting saat penggantian dan pembongkaran piston kit adalah paking head cylinder. Untuk motor yang tidak menggunakan pendingin cair / radiator, paking head bisa disepelekan tanpa melakukan penggantian. bahasa gampangnya cukup diolesi lem mesin dari three bond red silicone dll. Ada banyak masalah yang akan diakibatkan dari menyepelekan penggantian paking / gasket head cylinder. Seperti air radiator yang masuk keruang bakar, air radiator cepat habis dan cylinder head melengking.

Ganti Tensioner Honda Sonic

Suara mesin klotok – klotok menjadi ciri dari tensioner dan rantai mesin / keteng yang telah mengalami kerusakan. Gajala awal dari keteng dan tensioner rusak biasanya akan dimulai saat motor pertama dihidupkan, dengan kata lain saat kondisi mesin masih dingin. Nah saat mesin sudah mulai panas, suara mesin akan kembali halus tidak ada bunyi klotok – klotok lagi. Tapi hal ini jika dibiarkan saja tanpa adanya upaya perbaikan, maka hal ini akan bertambah parah. Sebaiknya segera lakukan penggantian rantai mesin dan lifter assy tensioner secara bebarengan, agar memperoleh hasil yang maksimal. Memang modalnya lumayan besar he… mulai dari rantai mesinnya saja dijual sekitar 150 ribuan, lifter assy tensioner     


Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, subscribe dan sharenya.





Sekian dulu dari gua, jangan lupa keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar