Ukuran Serta Ganti Seal Shock Depan Kawasaki KLX 150 dan Ninja 150

Salam oprex dan salam satu asphal, shockbreaker depan sangatlah rawan terjadi kerusakan. Apalagi jika sering melawati jalan yang hacur, bergelombang atau bisa disebut kali sat he…. he…  Oli shock depan yang bocor akan membuat banyak masalah dilain waktu, jika kita tidak cepat – cepat memperbaikinya. Masalahnya meliputi, suspensi depan yang tidak nyaman, ban depan terkikis sebelah / kemakan sebelah, peer shock patah, as shock mbaret dan masih banyak lagi. Untuk postingan kali ini kita akan ngomongin seal shock KawasakiKLX 150 dan Ninja 150, ok langsung saja check it dot ya bro.

Perlu diketahui sebelumnya Kawasaki KLX 150 mempunyai 2 model shock depan, ada yang memakai shock depan teleskopic dan shock depan up side down. Nah yang lagi kita bahas ini shock depan KLX 150 dengan shock depan teleskopic. Dan kebetulannya mempunyai ukuran seal shock sama dengan Kawasaki Ninja 150. Kebanyakan dipasaran seal shock depan original pabrikan Kawasaki, lumayan susah mencarinya. Sebab kita akan sering menemukan part – part asli tapi abal – abal, alias part CKD bahasa bengkelnya. Supaya ngga mis komunikasi kita jelaskan apa itu CKD, arti yang benar dari CKD yaitu completely knock down (barang – barang pretelan). Jadi motor atau mobil yang masuk ke Indonesia yang berbentuk CKD, berupa part – part yang masih pretelan dan belum dirakit menjadi motor yang utuh. Tujuan dari CKD untuk meminimalisir pajak, itu arti yang benar ya bro… nah arti CKD dalam bahasa bengkel yaitu spare part bungkusnya original pabrikan Kawasaki, Honda, Yamaha  dll. Tapi isi spare partnya kaleng – kaleng, ya walaupun kadang kulaitasnya mendekati part original. 

Ukuran Seal Shock Depan Kawasaki KLX 150 dan Ninja 150

Untuk Kawasaki KLX 150 teleskopic dan Ninja 150 mempunyai diameter pipa shock 33 mm, jika dibandingkan dengan Honda Tiger dan keluarga dekatnya yang mempunyai diameter 31 mm. Maka pipa shock, seal shock dan peer shock kawasaki KLX 150, lebih besar dari Honda Tiger and the gank. Kode part seal shock depan Kawasaki KLX 150 yaitu 92049 – 1524 dengan ukuran 33 mm x 46 mm x 11 mm. Untuk mendapatkan seal shock ini, kita bisa membelinya dengan mudah di online shop, ya … walaupun banyak part yang orasinil alias kw kaleng – kaleng.



Perlu diketahui juga ya bro, ganti seal shock Kawasaki KLX dan Ninja 150, lumayan susah jika dibandingkan dengan mengganti seal shock Honda and the gank. Walapun sama – sama menggunakan showa sebagai suspensinya, tapi secara kontruksi atau bentuk, shock Kawasaki KLX 150 dan Ninja lebiih rumit. Ya… kerumitannya hampir mendekati shock -shock dengan model upside down. Letak susahnya dimana bro ? Jadi saat lo melepas seal shock, as shock akan susah ditarik keluar. Padahal baud L 6 mm dibagian bawah shock sudah dilepas dan baud tutup shock juga telah dilepas juga. Tapi nyatanya as shock harus ditarik dengan kencang atau memukul buttom ke bawah. Kanapa seperti itu ? Sebab pada bagian bawah dari pipa shock terdapat ring tembaga yang cukup besar, dan mengganjal seal shock. 

Saat seal shock terlepas maka pipa shock akan terlepas juga, tapi perlu diingat ya bro. Lepaskan terlebih dahulu seal debu dan clip pengunci seal shock, sebelum menaruk keluar as shock. Selain itu kita akan juga akan mengalami beberapa kesulitan saat memasang seal shock, untuk lebih jelasnya akan gua sisipkan video dibawah ini ya bro. 


Sekian dulu dari gua, tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar