Cara Mengecek Lampu Depan Motor yang Mati

Salam oprex dan salam satu asphal, ok setelah sekian lama kita vakum akhirnya bisa nongol kembali disini he… he… Kali ini kita akan ngomongin lampu motor yang mati ataupun lampu motor yang kadang nyala dan kadang mati. Lampu depan sangat penting untuk pengendara, entah kondisi pagi, siang ataupun malam dan pastinya lo tahu sendiri lah bro. Betapa pentingnya lampu depan untuk sepeda motor, harga lampu depan sangatlah bervariasi ya bro. Mulai dari 10 ribuan sampai ratusan ribu, dari lampu halogen biasa sampai lampu depan LED. 

Pada Umumnya lampu depan mempunyai 2 posisi jarak jauh dan jarak dekat, hal ini bisa dilihat dari filament atau bahasa gampangnya lilitan kawat didalam kaca lampu. Kedua lilitan ini (filamen) akan menyala secara bergantian, saat saklar dimer ditekan atau dipilih jarak jauh dan jarak dekat. Bagaimana jika kedua lilitan ini menyala bebarengan ? Nah, jika hal ini terjadi. Besar kemungkinan terjadi konsleting / korslet, pada jalur kabel lampu depan. 

Cara Mengecek Lampu Depan Motor Putus

Ada banyak cara untuk mengetahui lampu depan putus atau tidak ya bro… tapi kita akan menggunakan cara yang tepat, cepat dan salah. He…. he…. maksudnya paling benar ya bro, cara ini memerlukan modal yang lumayan bro. Sebab kita membutuhkan avometer, langkah yang harus kita lakukan yaitu dengan seting avometer pada posisi ohm / hambatan. Kemudian lakukan kalibrasi pada avometer, dengan cara menempelkan probe positif (+) dan probe (-) negatif. Setelah itu tempelkan probe positif (+) pada pantat lampu (terserah mau sebelah kanan atau kiri). Sementara probe negatif (-) tempelkan pada flange (besi dudukan lampu).



Setelah itu perhatikan gerakan dari avometer tersebut, jika angka pada avometer bergerak maka bisa dipastikan lampu dalam kondisi hidup. Sebaliknya jika jarum pada avometer (avometer analog) tidak bergerak, maka bisa dipastikan lampu depan tersebut dalam kondisi putus / mati. Hal in terbaca dari kondisi filamen yang tidak tersambung satu sama lainnya. Nah untuk lebih jelasnya, tonton video dibawah ini sampai selesai. Dan jangan lupa subscribe, ya itung – itung lo bantuin channel ini agar bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi. 




Akhir kata dari gua, tetep keep riding no arogan, horrmati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar