Noken As Sering Rusak, Cari Tahu Ciri – Ciri Pompa Oli Rusak Pada Yamaha Mio

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kesempatan kali ini kita akn ngomongin masalah pompa oli Yamaha Mio yang rusak. Mulai dari akibat pompa oli rusak, ciri – ciri pompa oli rusak, letak pompa oli mesin Yamaha mio dan masih banyak lagi. Hampir semua sepeda motor mengalami kerusakan pada sepeda motorya, apalagi dibagian mesin. Sesuai dengan judul, kita akan lebih fokus ngomongin Yamaha Mio Smile dan Mio lama. Untuk Mio – Mio lainnya, kita kesampingkan dulu ya bro …. 

Kalau kebetulan lo menemukan tulisan ini, kemungkinan besar motor Mio punya lo sudah bolak – balik rusak, terutama dibagian noken as dan rocker arm. Atau malah sampai piston dan lidah ketengnya (rantai mesin) yang ikut rusak. Nah jika sampai seperti ini bisa dipastikan lo mengeluarkan banyak dana untuk memperbaiki masalah ini. Ada beberapa penyebab mengapa motor mio sering banget mengalami kerusakan noken as dan roker arm. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..

Penyebab Noken As dan Rocker Arm Yamaha Mio Cepat Rusak


Filter Oli Mio Mampet

Posisi letak pompa oli mio smile atau mio lama berda persisi dibagian b awah dari stick oli mesin (tempat memasukan oli mesin). Jika lo sering kali mengganti oli mesin Yamaha Mio lewat lubang dibawah, maka secara otomatis lo sudah mengecek dan membersihkan filter oli mesin. Tapi jika lo sering mengganti oli mesin Yamaha Mio lewat samping mesin, dengan menggunakan kunci 12 mm. Bisa dipastikan lo tidak pernah membersihkan filter oli mesin pada Yamaha Mio. 


Jalur Oli Mesin Mampet

Yang kita maksud dengan jalur oli mesin yaitu, tempat mengalirnya oli mesin dari pomp oli sampai melumasi noken as. Namanya mengalir pada umumnya dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, tapi pada oli mesin tidak seperti itu ya bro. Butuh pompa oli mesin agar oli bisa naik ke bagian atas untuk melumasi noken as, klep, peer klep dan rocker arm. Jalur oli mesin ini biasanya tersumbat oleh banyak faktor, mulai dari gasket / paking kw, lem pada gasket, residu dan gram – gram pada oli mesin. Kesalahan yang paling sering terjadi karena penggunaan lem saat dilakukan bongkar mesin. 


Pompa Oli Mio Macet

Kerusakan pada pompa oli sering kali menjadi penyebab utama dari noken as dan rocker arm yang terkikis. Pompa oli mesin yang rusak bisa dilihat dari kondisi gear pompa oli terkikis, pompa oli mesin oblag, serta jarak antara rotor dan rumah rotor yang sudah tidak sesuai dengan standar ketentuan pabrikan. Nah untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selesai, dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, komen, sharenya.





Akhir kata dari gu tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphl selalu ya bro...  

 

Posting Komentar

0 Komentar