Ukuran Biaya dan Cara Ganti Laher Roda Yamaha Jupiter Z, Vega ZR dan Mio

Salam oprex dan salam satu asphal, sebenarnya kita sering kali ngomongin bearing roda depan. Tapi perlu diketahui ya bro, setiap motor mempunyai ukuran bearing roda sendiri – sendiri. Ya walaupun ada beberapa persaman untuk motor – motor tertentu, seperti Honda Vario, BeAt dan Scoopy. Tapi untuk kali ini kita akan ngomongin keluarga Yamaha ya bro… Untuk motor – motor Yamaha mulai dari Force 1, Jupiter, Vega dan Mio mempunyai kode bearing yang sama. Yaitu bearing roda depan dengan kode 6300, yang biasanya dibandrol dengan harga Rp15.000 – 20.000, Sebelum kita melakukan penggantian bearing roda depan sebaiknya kita lakukan pengecekan terlebih dahulu. Untuk video cara pengecekan bearing roda depan ada dibawah ini ya bro.



Ganti bearing roda depan apa harus kanan – kiri atau cukup satu sisi saja ya bro ? Jawaban benarnya tergantug dana atau duitnya bro. Jawaban tepatnya lebih baik mengganti bearing roda bagian kanan dan kiri, agar salah satu bearing tidak rusak secara bergantian. Ok untuk lebih jelasya langsung saja check it dot ya bro..   

Cara Ganti Bearing Roda Depan Yamaha Jupiter Z dan Mio

Sebelum kita melakukan penggantian bearing roda depan, langkah yang harus kita lakukan yaitu menyiapkan beberapa peralatan pendukung. Seperti kunci ring 12 - 14 mm, ring 14 – 17 mm, palu besi, dongkrak atau ember untuk penyangga motor dan besi ring 8 mm.

Setelah semuanya siap, lepaskan as roda depan dengan menggunakan kunci ring 12 – 14 mm dan ring 14 – 17 mm.

Jangan lupa gunakan dongkrak atau ember untuk menyangga motor supaya tidak terguling ke depan.

Selanjutya getok bagian tengah bearing, agar ada celah antara bearing dengan collar bagian dalam. Jika terlihat ada jarak, maka getok bagian sisi dalam bearing dengan menggunakan besi 8 mm. Kenapa besi 8 mm, jad besi yang biasa digunakan untuk bangun rumah ini mempunyai diameter yang lumayan kecil jika dibandingkan dengan gagang kunci T dipasaran.

Setelah salah satu sisi bearing roda terlepas, gunakan kunci T 12 mm untuk melepas bearing  yang masih menempel pada velg.

Kemudian pasang bearing roda depan dengan menggunakan bearing bekasnya ya bro, 

Perlu diingat ya bro, sisi sebelah kanan terdapat seal debu. Jangan lupa dipasang ya bro…

Nah untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, share dan subscribenya ya bro…


Akhr kata dari gua, tetap keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor…. 

Posting Komentar

0 Komentar